Beasiswa Ini Hanya Mensyaratkan Mahasiswa untuk Hidup Hemat
Ilustrasi beasiswa. (Shutterstock)
11:57
19 September 2024

Beasiswa Ini Hanya Mensyaratkan Mahasiswa untuk Hidup Hemat

Mendapatkan beasiswa adalah impian banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin melanjutkan studi namun terkendala biaya. Beasiswa tidak hanya meringankan beban finansial dan menambah uang saku, tetapi juga membuka peluang untuk belajar di institusi yang berkualitas.

Saat ini, informasi mengenai beasiswa bisa didapat dengan mudah lewat platform media sosial. Hanya saja, kebanyakan beasiswa mensyaratkan penerimanya untuk memiliki prestasi akademik, atau mahasiswa yang berasal dari kondisi ekonomi kurang mampu. Lalu, bagaimana jika tak memiliki dua kategori di atas? Masih bisakah mendapatkan beasiswa?

Beberapa waktu lalu, viral cuitan netizen di platform X yang bertanya mengenai kemungkinan adanya beasiswa untuk mahasiswa kategori biasa-biasa saja. Artinya, tidak berprestasi dan juga bukan berasal dari kondisi ekonomi kurang mampu.

“Seru ya dari kemaren ngeliatin FYP maba-maba pinter pada depetin beasiswa, menurutku itu keren bangettt. Aku juga pengen ngerasain begitu, plis dong yang tau beasiswa buat orang yang biasa-biasa aja kayak aku tuh ada gak sih? Haha,” cuit akun @chsstea di platform X.

Baca Juga: Menghidupkan Mimpi Anak Indonesia Lewat Beasiswa Pemerintah

Cuitan yang mendapatkan views hingga 1,3 juta tersebut memunculkan beberapa reaksi. Tak sedikit yang menanggapi tweet tersebut dengan memberikan sejumlah rekomendasi beasiswa yang tak mensyaratkan prestasi ataupun kondisi ekonomi kurang mampu. Berikut 3 beasiswa rekomendasi netizen:

1. Karya Salemba Empat

Salah satu netizen dengan akun @kujuangg merekomendasikan beasiswa Karya Salemba Empat (KSE). Baginya, beasiswa ini bukan hanya dapat uang selama setahun, tetapi juga dapat soft skill yang bagus bahkan bisa bertemu dengan penerima se-Indonesia lainnya. Beasiswa tersebut diberikan dalam bentuk tunjangan biaya hidup sebesar Rp750.000 per bulannya. Beasiswa ini terbatas karena diberikan kepada 35 PTN/PTS yang bekerja sama.

2. Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Rekomendasi lain berasal dari akun @GreenR___ yang merekomendasikan Beasiswa Unggulan Kemendikbud. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang akan menjalani pendidikan jenjang S1, S2 atau S3 di PTN maupun PTS. Program ini menyediakan bantuan biaya pendidikan komprehensif yang mencakup biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya buku. Beberapa syaratnya adalah memiliki prestasi akademik atau non-akademik tingkat nasional atau internasional, dapat rekomendasi dari pihak berwenang, hingga berkomitmen mempertahankan IPK minimal 3,00.

Baca Juga: Siapkan Ahli Industri Agribisnis, Wilmar Berikan Beasiswa kepada 12 Siswa di Instiper Yogyakarta

3. Beasiswa Flip

Salah satu beasiswa unik yang ada di kolom komentar adalah beasiswa untuk mahasiswa hemat dari Flip, rekomendasi netizen dengan akun @angga_fzn. Berdasarkan informasi dari akun X @flip_id, beasiswa ini merupakan pertama di Indonesia yang bisa didapat hanya dengan cara menunjukan siasat hemat sebagai mahasiswa. Tak tanggung-tanggung, sepuluh pemenang terpilih masing-masing akan menerima beasiswa senilai Rp24 juta per tahun. Dengan begitu, mahasiswa biasa-biasa saja sekalipun bisa menangkan beasiswanya.

Dikutip dari flip.id/scholarflip, Beberapa syarat yang dibutuhkan antara lain mahasiswa aktif yang terdaftar pada suatu instansi pendidikan D3/D4/S1, berusia maksimal 25 tahun, dan akan diwisuda paling cepat bulan Agustus 2025.

Dengan semakin banyaknya jenis beasiswa yang ditawarkan, para mahasiswa kini tak perlu berkecil hati jika tidak termasuk dalam kategori berprestasi akademik atau ekonomi lemah. Karena salah satu kunci mendapatkan beasiswa adalah rajin mencari info dan tentu saja bergaya hidup hemat agar bisa mendapat beasiswa yang berkualitas.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #beasiswa #hanya #mensyaratkan #mahasiswa #untuk #hidup #hemat

KOMENTAR