7 Manfaat Memelihara Kucing di Rumah, Dapat Membantu Memberikan Dukungan Emosional dan Menurunkan Stres
Manfaat memelihara kucing bagi manusia. (Pexels.com/Pixabay)
07:44
19 September 2024

7 Manfaat Memelihara Kucing di Rumah, Dapat Membantu Memberikan Dukungan Emosional dan Menurunkan Stres

 

 – Memelihara kucing di rumah terdengar sangat menyenangkan, namun tidak semua orang bisa melakukannya. Alergi bulu atau tidak mendapat izin dari anggota keluarga dapat menjadi alasan seseorang tidak bisa memelihara kucing meskipun sangat menginginkannya.

Meskipun anak bulu lucu itu mungkin sedikit nakal, menggaruk sofa ruang tamu, atau tidak sengaja menjatuhkan barang, ternyata mereka juga dapat memberikan kontribusi terhadap kesehatan fisik dan mental kita loh.

Dilansir dari HelpGuide dan WFLA, berikut 7 manfaat memelihara kucing di rumah:

  1. Membantu menurunkan stres

Memelihara kucing bisa membantu menurunkan stres dan kecemasan, anak bulu yang cantik itu akan menyambut pemiliknya dengan manis, bermain dan membelai bulu lembutnya dapat membantu kita melepas penat setelah seharian bekerja. Menghabiskan waktu bersama anabul kesayangan juga dapat meredakan gejala depresi dan meningkatkan perasaan bahagia.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika seorang anak terpapar kucing dalam beberapa tahun pertama kehidupannya, kemungkinan besar dia akan mengembangkan sistem kekebalan yang tidak hanya melawan alergi kucing yang pada umumnya dialami orang, tetapi juga jenis alergen lainnya.

  1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Tidak hanya baik untuk kesehatan mental dan melawan alergi, mereka juga baik untuk kesehatan fisik pemiliknya. Menurut penelitian, pemilik kucing memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit jantung, stroke dan penyebab lainnya dibandingkan mereka yang tidak memelihara kucing.

  1. Mengurangi rasa kesepian

Kesepian sering menjadi masalah bagi banyak orang, terutama yang hidup sendiri atau jauh dari keluarga. Kucing adalah hewan pendamping yang terasa seperti teman, mereka dapat memberikan dukungan emosional yang setara atau lebih daripada sahabat manusia, dengan tingkahnya yang lucu dan menggemaskan, dia akan memastikan anda tidak merasa kesepian.

  1. Peningkatan sosialisasi

Menjadi pecinta kucing terkadang dapat membantu kita menemukan teman baru. Bergabung dalam komunitas, mengobrol ringan di taman, atau sambil menunggu bus di halte, membicarakan topik seputar kiat memelihara kucing sering dilakukan orang-orang.

  1. Meningkatkan tanggung jawab

Memutuskan untuk memelihara kucing, berarti harus memiliki tanggung jawab. Memastikannya hidup dengan layak dapat memberikan rasa tanggung jawab yang lebih besar baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Motivasi untuk bekerja lebih keras juga akan dirasakan pemilik kucing, karena mereka harus memberi makan dan perawatan.

  1. Kualitas tidur yang lebih baik

Menurut bukti ilmiah, suara dengkuran kucing bisa menenangkan sistem saraf dan membantu kita tertidur dengan damai. Kucing akan membantu Anda merasa lebih rileks dan nyaman.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #memelihara #kucing #rumah #dapat #membantu #memberikan #dukungan #emosional #menurunkan #stres

KOMENTAR