7 Tumbuhan Alami yang Ampuh Mengusir Tikus, Berikut Cara Penggunaannya
Ilustrasi tikus. (Gardening)
23:02
18 September 2024

7 Tumbuhan Alami yang Ampuh Mengusir Tikus, Berikut Cara Penggunaannya

- Keberadaan tikus dalam rumah memang menimbulkan kekhawatiran. Sebab, tak hanya bisa membawa penyakit, keberadaan tikus menjadikan rumah bau tidak sedap.

Mengusir tikus pun bukan pekerjaan yang mudah. Kelihaiannya bersembunyi membuat tikus sulit ditangkap. Namun, Ada beberapa tanaman yang diyakini ampuh mengusir tikus.

Anda bisa meletakkan tumbuh-tumbuhan ini di sudut rumah Anda yang sering dilewati tikus. Dilansir dari laman purcorpest oleh JawaPos.com, Rabu (18/9), setidaknya ada 7 tanaman alami ini dapat mengusir tikus di rumah Anda.



1.   Bawang putih dan bawang bombay

Kita semua punya bawang putih dan bawang bombai di rumah, dan bau seperti ini tidak disukai oleh tikus. Secara khusus, bawang putih memiliki sejumlah senyawa sulfur yang mengeluarkan bau menyengat yang dibenci tikus. Demikian pula, bawang mentah yang dipotong mengeluarkan bau kuat yang dapat mengiritasi mata tikus dan mengusir mereka.

Dan jika tertelan, ini dapat menyebabkan gejala anemia instan pada tikus, yang membuat sel-sel mereka kekurangan oksigen. Apa pun kasusnya, taruh beberapa irisan bawang bombai di sekitar rumah untuk mengusir mereka.

2.   Bunga lavender

Tanaman ungu yang cantik ini dikenal karena aromanya yang segar. Namun, meskipun aromanya yang bertahan lama dan menyenangkan bagi rumah kita, ia juga tidak disukai tikus.

Oleh karena itu, cobalah menanam lavender di halaman belakang rumah Anda, atau Anda dapat menaburkan beberapa tangkai di sekitar pangkal tanaman yang sudah ada.

Alternatifnya, Anda bisa mengisi kantong kecil dengan lavender kering, dan menaruhnya di tempat/celah yang mungkin dimasuki tikus. Atau Anda bisa menyemprotkan minyak esensial lavender di sekitar rumah. Aromanya yang kuat dan harum akan mengusir tikus. 

3.   Bunga bakung

Meskipun bunga musim semi yang populer ini memiliki aroma bunga yang menyenangkan, bunga ini tidak disukai tikus. Ubi bunga ini dapat ditanam di sekitar tanaman luar ruangan yang menarik perhatian tikus, atau letakkan bunga harum ini di sekitar rumah. 

Terlebih lagi, tanamannya beracun sebab mengandung Lycorine dan alkaloid lainnya, terutama umbinya. Hal ini dapat menyebabkan diare, muntah, dan keselamatan bagi hewan kecil. Jadi, jika Anda memiliki hewan peliharaan di dalam rumah, jauhkan tanaman ini.

4.   Bunga krisan

Demikian pula, krisan adalah tanaman berwarna-warni lain yang mengeluarkan bau yang kuat bagi tikus. Bunganya mengandung kombinasi khusus senyawa insektisida yang juga dapat beracun, dan pengusir yang efektif. Karena ini adalah bunga yang populer, Anda dapat dengan mudah menemukannya di toko tanaman lokal, dan meletakkannya di luar ruangan atau di dalam rumah Anda. 

Sekali lagi, bunga krisan diketahui beracun bagi kucing dan anjing. Mengunyah bunga ini dapat menyebabkan beberapa gejala serius seperti diare, muntah, air liur berlebihan, dan banyak lagi, jadi jauhkan dari hewan peliharaan.

5.   Tumbuhan rempah

Ramuan harum ini biasa digunakan dalam hidangan pasta, juga merupakan pengusir hama yang ampuh. Tikus khususnya membenci bau dari varietas sage hijau dan putih.

Taburkan saja ramuan tersebut ke tanah, di sekitar tanaman luar, celah pintu masuk, atau celah di sekitar rumah. Baunya yang menyengat seharusnya cukup untuk mengusir tikus.

Anda dapat menanam sage segar di halaman belakang rumah, dalam pot, atau bahkan membelinya dari supermarket lokal untuk ditaruh di luar rumah. Rempah-rempah lain yang efektif dengan aroma yang kuat termasuk oregano, basil, timi, lada hitam, dan cabai rawit, yang semuanya dapat ditemukan di lemari dapur Anda.

6.   Daun mint

Tikus sangat membenci aroma segar dari jenis mint. Terutama pepermin dan spearmint, karena keduanya cenderung paling kuat.

Pertimbangkan untuk menanam herba aromatik ini di halaman belakang rumah Anda, atau menaruhnya di dalam pot untuk mengusir tikus.  Alternatifnya, Anda dapat merendam bola kapas dalam minyak esensial pepermin sebelum meletakkannya di sekitar tempat-tempat yang bermasalah atau area di sekitar rumah.

Ingatlah untuk membuangnya dan memasangnya kembali setelah aromanya memudar. Atau cukup campurkan larutan dua sendok teh minyak pepermin dengan secangkir air ke dalam botol semprot. Kemudian, gunakan larutan buatan sendiri untuk menargetkan area di sekitar rumah dan di luar ruangan tempat Anda biasanya melihat tikus.

7.   Serai

Serai adalah tanaman tropis yang mirip rumput dan dikenal karena aromanya yang segar dan seperti jeruk, yang tidak cocok untuk tikus.

Idealnya, tanam atau tempatkan tanaman serai di luar ruangan untuk mengusir hama. Demikian pula, tikus tidak menyukai aroma serai yang seperti lemon, yang dapat Anda gunakan dengan mudah di sekitar rumah Anda. 

Jika Anda tidak dapat menanam serai di halaman belakang rumah, Anda dapat membeli lilin serai atau menyemprotkan minyak esensialnya.

Selain itu, jika Anda mencampur minyak ekstrak serai dengan minyak esensial lainnya, minyak ini akan lebih ampuh untuk mengusir tikus.

Faktanya, serai adalah ramuan pengisir tikus yang paling efektif, yang juga dikenal untuk mengusir nyamuk dan hama lainnya.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #tumbuhan #alami #yang #ampuh #mengusir #tikus #berikut #cara #penggunaannya

KOMENTAR