Deretan Budaya Indonesia yang Pernah Diklaim dari Malaysia, Urusan Batik sampai Bikin IShowSpeed Bingung
YouTuber IShowSpeed atau Speed mendapat batik yang diklaim dari Malaysia. (YouTube)
17:40
18 September 2024

Deretan Budaya Indonesia yang Pernah Diklaim dari Malaysia, Urusan Batik sampai Bikin IShowSpeed Bingung

YouTuber viral asal Amerika Serikat IShowSpeed saat ini sedang berada di Malaysia sebagai bagian dari konten in real live stream (IRL Stream)-nya berkeliling dunia.

Dalam kesempatan itulah terjadi peristiwa yang disorot masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Pasalnya oknum warga Malaysia berusaha mengklaim kebudayaan Indonesia, yakni batik, sebagai milik bangsa mereka.

Mirisnya, sudah beberapa kali budaya Indonesia diklaim sebagai milik Malaysia hingga menjadi buah bibir warganet. Selain batik, produk budaya Indonesia apa lagi yang pernah diakui sebagai milik Malaysia?

1. Batik

Baca Juga: Mirip Kasus PPDS Anastesi Undip, Dokter Muda di Malaysia Diduga Bunuh Diri Akibat Bullying Senior

Tentu saja yang terbaru adalah batik, di mana pemandu wisata IShowSpeed bersikeras menyebut produk budaya satu itu berasal dari Malaysia alih-alih Indonesia.

Dilihat di unggahan akun X @/AffanIbnani, IShowSpeed bahkan sampai mencari sendiri informasi tentang batik di internet. "Dari mana asal batik?" tutur Speed sambil mencari di peramban ponselnya, dikutip pada Rabu (18/9/2024).

Speed sudah beberapa kali membacakan hasil pencariannya, yakni batik berasal dari Indonesia, tetapi pemandu wisatanya tetap bersikeras. "Batik punya Malaysia. Batik aslinya dari Malaysia," ujar pria di video Speed.

Sebelum ini, Malaysia juga sempat membuat geger karena mendaftarkan batik sebagai warisan budaya ke UNESCO. Pemerintah Indonesia pun mengambil langkah tegas, yaitu dengan memperingatkan Malaysia sekaligus menegaskan bahwa batik telah terdaftar sebagai warisan budaya Indonesia di UNESCO.

2. Lagu 'Halo-Halo Bandung' sampai 'Rasa Sayange'

Baca Juga: Media Malaysia Balas Justin Hubner: El Sosmed

chanel youtube lagu Malaysia yang jiplak lagu halo-halo Bandung [tangkapanlayar]Lagu 'Helo Kuala Lumpur' yang diduga menjiplak lagu 'Halo-Halo Bandung'. [tangkapanlayar]

Sejumlah lagu juga sempat dijiplak dan diakui oleh Malaysia. Misalnya saja lagu "Helo Kuala Lumpur" yang diunggah di kanal YouTube Lagu Kanak TV pada tahun 2018 dan dianggap sangat mirip dengan "Halo-Halo Bandung".

Selain itu, "Rasa Sayange" yang merupakan lagu daerah asal Maluku juga pernah dipakai Malaysia untuk mempromosikan pariwisata mereka yang kala itu mengambil tema Malaysia Truly Asia 2017.

Lagu "Rasa Sayange" juga pernah dipakai Malaysia dalam acara pembukaan SEA Games 2017. Saat itu Malaysia berperan sebagai tuan rumah.

3. Rendang

Cara Memasak Rendang Daging Sapi Agar Cepat Empuk Metode 5-30-7 (freepik)Ilustrasi rendang. (freepik)

Malaysia juga pernah mengklaim makanan khas Sumatera Barat, Rendang, sebagai milik mereka pada tahun 2012. Namun Kemenparekraf telah mengonfirmasi bahwa rendang sudah masuk daftar makanan asli Indonesia dalam catatan UNESCO sejak tahun 2010.

4. Reog Ponorogo

Reog Ponorogo (facebook.com/@alannobita)Reog Ponorogo (facebook.com/@alannobita)

Produk budaya lain yang sempat diklaim Malaysia adalah Reog Ponorogo. Kementerian Pariwisata Malaysia menyebut Reog Ponorogo mirip dengan Tari Barongan asal negara mereka sehingga akan dimaskukkan dalam daftar warisan budaya Malaysia.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #deretan #budaya #indonesia #yang #pernah #diklaim #dari #malaysia #urusan #batik #sampai #bikin #ishowspeed #bingung

KOMENTAR