Tidak Kamu Sadari, Ini 7 Tanda Bahwa Kamu Sebenarnya Punya Anger Issue!
Ilustrasi anger issue./ Pexels
08:58
18 September 2024

Tidak Kamu Sadari, Ini 7 Tanda Bahwa Kamu Sebenarnya Punya Anger Issue!

- Kamu mungkin pernah mendengar istilah anger issue dalam pembicaraan.

Secara sekilas, anger issue adalah kondisi dimana seseorang memiliki banyak kemarahan dalam dirinya.

Sudah seharusnya bagi orang yang memiliki anger issue untuk berobat dan berubah menjadi pribadi lebih baik.

Seseorang yang merasa memiliki anger issue perlu untuk menyadari sikap dan perilaku untuk bisa menanggulanginya.

Hal ini dikarenakan ada banyak hal buruk yang akan terjadi ketika seseorang dibiarkan dengan anger issue dalam dirinya. Hubungan dengan diri sendiri, teman maupun keluarga bisa berantakan akibat anger issue.

Seseorang pasti tidak ingin memiliki level emosi yang meluap-luap melebihi orang lain. Meski ada banyak alasan yang mendasari mengapa seseorang jadi punya anger issue, hal ini tidak lantas membuatnya jadi normal

Apabila kamu merasa memiliki anger issue, kamu bisa melihat berbagai tanda yang ada di dirimu.

Dipetik dari Psimplicity dan Real Life Counseling, berikut ini merupakan 7 tanda bahwa kamu punya anger issue:

1. Respon Agresif

Tanda pertama bahwa kamu sebenarnya punya anger issue adalah respon yang agresif. Ketika menerima kritik atau mendapati sesuatu yang tidak disukai, seseorang bisa tidak suka atau marah sebagai respon.

Namun, apabila respon verbal maupun non verbal sangat agresif bisa jadi tanda kamu punya anger issue.

Respon agresif ini bisa jadi pemicu mulainya pertengkaran. Dari penyebab apapun, kamu bisa jadi agresif dan kesulitan menenangkan diri sendiri dari kemarahan.

Hal ini tentu menjadi masalah baik secara hubungan sosial maupun secara hukum apabila kamu melakukan hal melewati batas akibat respon agresifmu.

2. Toleransi Rendah

Ketika orang lain berbuat salah atau ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai keinginanmu, normal untuk seseorang memiliki toleransi tertentu di batas mana mereka akan menerima dan di batas mana mereka akan marah.

Namun bagi orang yang memiliki anger issue, kamu bisa memiliki toleransi yang sangat rendah atas tindakan seseorang atau suatu kesalahan dalam hidup.

Apabila ada seseorang yang melakukan kesalahan baik sengaja maupun tidak, kecil dan besar, kamu bisa kehilangan kendali dan jadi marah.

3. Sering Marah

Sesuai dengan namanya, anger issue berarti memiliki masalah dengan rasa marah dalam diri sendiri.

Ketika kamu punya anger issue, frekuensi marah kamu dengan orang lain bisa berbeda. Kamu bisa jadi sering marah atas hal-hal sepele lebih banyak dibandingkan orang lain.

Dalam hidup, normal apabila seseorang merasa kesal atau marah ketika hal tidak berjalan lancar.

Namun, ketidakmampuan diri untuk mengendalikan diri yang sangat sering marah merupakan masalah anger issue yang perlu ditangani serius.

4. Marah Meledak-ledak

Ketika seseorang memiliki anger issue, kemarahan yang mereka alami tentu berbeda dengan kemarahan orang biasa. Kamu bisa jadi memiliki kemarahan yang sangat besar dan meledak-ledak sampai rasanya ingin menghancurkan barang.

Ketika marah, kamu merasa berada diluar kendali tubuh dan bahkan merasa kesulitan mengingat apa yang terjadi setelah kamu marah. Kemarahan yang meledak bisa menguasai tubuh orang dengan anger issue.

5. Tanda-tanda Fisik

Ketika seseorang yang memiliki anger issue marah, mereka tidak hanya merasakan kemarahan dari segi emosi, namun juga fisik. Kamu bisa merasakan naiknya tekanan darah dan detak jantung.

Bahkan, otot yang ada dalam tubuh bisa menegang seiring berkembangnya amarah.

Apabila kamu merasakan tanda fisik tersebut, kamu mungkin perlu mempertimbangkan apakah kamu memiliki anger issue atau tidak.

Pasalnya, tanda fisik ini bukan hal baik apabila terjadi secara terus menerus di kehidupan sehari-hari.

6. Menjadi Emosional

Seseorang yang memiliki anger issue bisa juga menghadapi masalah emosional mendalam dalam diri. Ketika kamu punya anger issue, kamu bisa merasakan perasaan-perasaan absolut bahwa dunia tidak berpihak kepadamu.

Misalnya, kamu jadi memiliki pemikiran bahwa seseorang tersebut pasti membenci kamu.

Kata-kata seperti 'pasti' dan 'selalu' bisa terngiang di otakmu meski pada kenyataannya bukan hal seperti itu. Hal ini menyebabkan seseorang dengan anger issue jadi tidak bisa memahami situasi sebab sudah gelap mata.

7. Hubungan Menjauh

Terakhir, apabila kamu merasa hubungan dengan teman, saudara maupun kolega menjauh, kamu bisa mempertimbangkan apakah kamu sebenarnya punya anger issue atau tidak. Kemarahan yang sering atau diluar batas tentu membuat orang lain jadi menjauh.

Hal ini merupakan fenomena yang manusiawi, dimana seseorang menghindari orang dengan anger issue.

Bisa jadi, kamu kehilangan orang tersayang karena marah berlebihan pada mereka. Untuk itu, kamu perlu bertandang ke pihak terkait untuk menangani masalah anger issue ini.

Ketujuh poin diatas merupakan beberapa tanda bahwa kamu mungkin punya anger issue.

Setelah membaca artikel ini, kamu perlu pergi ke psikolog untuk tahu lebih lanjut dan tidak melakukan self-diagnose. Pastikan kamu juga punya niatan untuk berubah demi diri sendiri dan orang tercinta.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tidak #kamu #sadari #tanda #bahwa #kamu #sebenarnya #punya #anger #issue

KOMENTAR