Cocok! Inilah Tipe MBTI yang Saling MelengkapI Satu Sama Lain: Si Logis dengan Si Emosional
Ilustrasi saling melengkapi../Freepik
20:46
17 September 2024

Cocok! Inilah Tipe MBTI yang Saling MelengkapI Satu Sama Lain: Si Logis dengan Si Emosional

Buat kamu yang percaya dengan MBTI, apakah kamu penasaran tipe kepribadian mana yang paling cocok denganmu?

Meski pada dasarnya semua tipe bisa nyambung, ada beberapa tipe yang lebih sering ketemu “kliknya.”

Salah satu hal menarik adalah rupanya banyak pasangan justru cocok karena memiliki tipe kepribadian yang berbeda.

Kepribadian berlawanan namun cocok ini dikenal sebagai “opposites attract,” dalam konteks MBTI, perbedaan itu yang justru saling melengkapi satu sama lain.

Melansir Psychologie Junkie berikut daftar tipe MBTI yang serasi. Tipe kepribadian yang berlawanan justru memiliki harmoni yang unik karena dapat menciptakan hubungan yang seimbang.

1. INFP dan ESTJ

Kepribadian INFP cenderung mengutamakan empati, imajinatif, dan sangat selaras dengan emosi mereka. Sementara ESTJ sangat praktis, disiplin, dan semua hal harus diselesaikan sesegera mungkin.

Keduanya melengkapi satu sama lain. INFP dapat melembutkan ambisi ESTJ yang blak-blakan, sementara ESTJ dapat membantu INFP mewujudkan ide-ide di kepalanya menjadi kenyataan.

Namun terdapat tentanganya di mana ESTJ yang blak-blakan dapat terlalu ceplas ceplos kepada INFP yang sensitif, dan intensitas emosional INFP bisa membuat ESTJ pragmatis kewalahan.

2. ISFP dan ESFJ

ISFP adalah kepribadian yang memiliki pemikiran terbuka, menikmati hal-hal kecil, menyukai pengalaman baru, dan orang yang hangat.

ISFP cocok dengan ESFJ adalah perencana yang baik dan mengedepankan perasaan sehingga mampu jadi pendengar yang baik bagi ISFP.

ESFJ dan ISFP dianggap sebagai “jiwa yang sama” karena memiliki minat dan gaya hidup yang mirip, terutama karena kualitas “penginderaan” yang sama

3. INTP dan ENTJ

INTP adalah kepribadian yang mengutamakan pemikiran yang mendalam dan ide kreatif yang dapat membawa kegembiraan intelektual ke dalam hubungan.

INTP cocok dengan ENTJ, seorang pemimpin yang tau dalam membuat rencana dan menyelesaikan masalah.

Keduanya tidak mudah tersinggung ketika berdiskusi, tidak saling mendominasi, serte mengedepankan pemikiran logis.

Kekurangannya perbedaan keduanya dapat membuat ENTJ yang berfokus menyelesaikan sesuatu dengan cepat terasa melelahkan bagi INTP yang perlu step by step dalam menyelesaikan urusan.

4. INFJ dan ESTP

Kepribadian INFJ adalah seorang visioner dan idealis, dapat membawa wawasan yang mendalam tentang orang dan ide. Sebaliknya ESTP menawarkan pandangan dunia yang praktis dan langsung.

Kekurangannya INFJ mungkin melihat ESTP terlalu dangkal, sementara ESTP mungkin berpikir bahwa INFJ terlalu serius dan kebanyakan mikir.

Namun, dengan kesabaran dan komunikasi yang baik, mereka dapat belajar untuk menghargai perbedaan mereka sebagai kekuatan.

5. ISFJ dan ENTP

ENTP adalah pribadi yang penuh energi dan ide kreatif dapat membantu ISFJ keluar dari zona nyaman. Sementara, ISFJ membawa kehangatan menyediakan stabilitas dalam kehidupan ENTP.

Kekurangannya ISFJ mungkin merasa stress dengan ENTP yang tingkah lakunya kadang tak tak terprediksi. sementara ENTP dapat merasa dibatasi oleh kecintaan ISFJ terhadap rutinitas.

6. INTJ dan ESFP

INTJ adalah seorang perencana yang strategis, membawa pikiran yang tajam dan mendalam. Sementara ESFP lebih spontan dan fokus hidup pada saat ini

Namun, kepribadian ESFP yang spontan dapat merusak keharmonisan, sementara INTJ yang dikit-dikit direncanain sangat membosankan.

Namun, dengan saling menghormati dan kemauan untuk beradaptasi, mereka dapat menciptakan kemitraan yang unik dan memperkaya yang semuanya tentang eksplorasi dan penemuan.

7. ISTJ dan ENFP

ISTJ cenderung praktis dalam perencanaan, dan tugas. Mereka membawa stabilitas dan struktur ke dunia imajinatif ENFP.

Sementara itu, ENFP cenderung spontan yang dapat mendorong ISTJ mengeksplorasi hal-hal baru.

Kelebihan dari pasangan ini? Ini adalah perpaduan sempurna antara stabilitas dan kegembiraan.

Kebutuhan ISTJ akan keteraturan memberikan kekuatan dasar bagi ENFP, sementara kreativitas ENFP memperkenalkan kesenangan dan kebaruan ke dalam kehidupan rutin ISTJ.

Akan tetapi, ada beberapa tantangan. Kecintaan ISTJ pada struktur dapat berbenturan dengan keinginan ENFP untuk spontanitas.

Ditambah lagi, keterbukaan emosional ENFP mungkin terasa berlebihan bagi ISTJ yang pendiam, yang menghargai privasi.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #cocok #inilah #tipe #mbti #yang #saling #melengkapi #satu #sama #lain #logis #dengan #emosional

KOMENTAR