6 Tips Mengatasi Emophilia, Perasaan Mudah Jatuh Cinta dan Gonta-Ganti Pasangan!
Emophilia bisa sangat berbahaya, maka dari itu perlu untuk diatasi (unsplash/Bart LaRue)
14:36
14 September 2024

6 Tips Mengatasi Emophilia, Perasaan Mudah Jatuh Cinta dan Gonta-Ganti Pasangan!

- Mencintai seseorang merupakan hal yang biasa terjadi. Perasaan ini bisa menjadi awal kamu menemukan seseorang sebagai pasangan hidup.

Ada banyak faktor seseorang bisa memiliki perasaan cinta. Bisa karena sesuai kriteria, apa yang dimiliki, dan masih banyak lagi.

Namun, di luar sana ada orang-orang yang mudah untuk jatuh cinta. Kondisi mudah jatuh cinta ini disebut dengan emophilia.

Dikutip dari Psychology Today, emophilia merupakan kondisi seseorang di mana ia mudah jatuh cinta. Kondisi bisa dibilang berbahaya karena membuat seseorang tidak bisa setia dengan pasangan.

Maka dari itu, emophilia perlu untuk diatasi. Dikutip dari Bonobology, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi emophilia.

Ciptakan Batasan

Tips pertama yaitu dengan menciptakan batasan. Menciptakan batasan sangat penting untuk kamu yang memiliki kondisi emophilia.

Salah satu cara untuk menciptakan batasan pada perasaan adalah dengan merenung atau meditasi. Merenung atau meditasi dapat membantu untuk menjernihkan pikiran.

Kenali Perasaan Sendiri

Tips selanjutnya yaitu mengetahui dan mengenali perasaan sendiri. Seperti dikatakan sebelumnya, mereka yang emophilia sering merasa mudah jatuh cinta.

Maka dari itu, pahami dulu tentang perasaan jatuh cinta tersebut, apakah nyata atau hanya penasaran. Karena jika cuma penasaran saja, maka tidak akan bertahan lama.

Kontrol Perasaan

Mengendalikan perasaan menjadi tips selanjutnya untuk mengatasi emophilia. Mudah jatuh cinta itu sama saja dengan mempermainkan perasaan seseorang.

Hubungan asmara yang akan kamu jalani jatuhnya tidak akan sehat. Maka dari itu, cobalah untuk mengendalikan atau mengontrol perasaan.

Menghabiskan Waktu dengan Orang Sekitar

Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga menjadi pilihan tepat untuk kesehatan mental serta fisik.

Lakukan berbagai aktivitas menyenangkan bersama mereka, contohnya seperti liburan. Hubungan dengan orang sekitar jadi makin erat, emophilia pun teratasi.

Jangn Takut Jomblo

Jangan takut dengan status jomblo atau single. Banyak mereka yang emophilia mudah jatuh cinta karena ingin segera memiliki pasangan.

Padahal, berstatus jomblo atau single bukanlah sebuah dosa. Percayalah bahwa menjomblo juga baik-baik saja, bahkan bisa lebih baik.

Mengutamakan Diri Sendiri

Ketika kamu sadar mengalami kondisi emophilia, berarti itu waktunya untuk lebih fokus pada diri sendiri. Ini artinya kamu perlu untuk mencintai dan memahami diri sendiri dulu, sebelum jatuh hati pada seseorang.

Fokus dulu pada hal-hal diri sendiri, seperti karier, ataupun pendidikan. Prioritaskan dirimu dahulu.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #tips #mengatasi #emophilia #perasaan #mudah #jatuh #cinta #gonta #ganti #pasangan

KOMENTAR