Disebut Jadi Pemicu Autoimun yang Dialami Cita Citata, Ternyata Ini Manfaat Suntik Vitamin C
Cita Citata. [Instagram]
05:18
9 Januari 2024

Disebut Jadi Pemicu Autoimun yang Dialami Cita Citata, Ternyata Ini Manfaat Suntik Vitamin C

Cita Citata mengaku dirinya mengidap penyakit autoimun yang disebabkan oleh kesalahan gaya hidupnya selama ini. Ia menyebut bahwa penyebab penyakit yang diidapnya itu adalah lantaran ia sering melakukan suntik vitamin C untuk menunjang penampilannya.

Dalam akun TikTok-nya, penyanyi tersebut mengungkap bahwa dirinya memang cukup sering melakukan perawatan kecantikan seperti suntik vitamin C berbahan kimia agar terlihat glowing dan putih di televisi.

"Aku punya penyakit autoimun. Penyebab autoimun adalah kesalahan aku pribadi, kesalahannya adalah lifestyle pribadi aku," ujar Cita Citata, dikutip dari akun TikTok @citarahayu45.

"Aku sering banget suntik vitamin C berbahan kimia, suntik putih, dan lain sebagainya. Aku pikir itu penunjang penampilan aku di depan tv buat kelihatan glowing dan putih. Tapi itu salah, aku malah sakit," sambung Cita Citata.

Terlepas dari benar atau tidak bahwa penyakit autoimun Cita Citata disebabkan oleh kebiasaan suntik vitamin C, faktanya, perawatan ini memang sudah sejak lama dilakukan di dunia medis dan kecantikan. Dan manfaatnya pun memang sudah terbukti.

Mengutip dari Halodoc, suntik vitamin C umumnya diberikan melalui infus intravena (IV). Dengan pemberian melalui infus, jumlah vitamin C yang masuk ke dalam tubuh kadarnya akan jauh lebih tinggi daripada sekadar dikonsumsi.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa perawatan ini memang sebaiknya dilakukan di fasilitas kesehatan, klinik, atau rumah sakit dengan tenaga medis yang mumpuni. Dan berikut adalah manfaat yang bisa didapat dari perawatan suntik vitamin C:

1. Mengontrol tekanan darah

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, menyebutkan bahwa peningkatan asupan vitamin C atau melakukan infus vitamin C dapat membuat kondisi tekanan darah menjadi lebih stabil dan rendah.

2 . Menghaluskan kulit

Vitamin C dapat menghaluskan permukaan kulit dan sekaligus mengurangi kulit kusam. Melansir jurnal Nutrients yang berjudul The Roles of Vitamin C in Skin Health, penggunaan vitamin C yang tepat dalam menghambat produksi melanin. Dengan terhambatnya produksi melanin, maka kondisi kulit akan menjadi lebih cerah, sehingga terlihat lebih putih dan bercahaya.

3. Membantu pembentukan kolagen

Infus vitamin C mengandung asam askorbat yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan kolagen serta perbaikan jaringan. Kolagen adalah protein pada tubuh yang dapat menguatkan struktur tubuh.

Hasil penelitian yang tertulis pada Nutrition Journal dengan judul Ingested Hyaluronan Moisturizes Dry Skin, memenuhi kebutuhan vitamin C mampu meningkatkan kadar asam hialuronat dalam tubuh. Saat kadar alami tersebut meningkat, maka produksi kolagen juga menjadi lebih optimal.

4. Menghambat sel kanker

Penyuntikan vitamin C dosis tinggi bisa membantu menghalangi perkembangan sel kanker, terutama tumor otak, tumor pada indung telur atau ovarium, dan tumor pankreas. Walau sampai saat ini, hal tersebut belum teruji secara klinis dapat efektif pada manusia.

5. Membantu penyerapan zat besi dalam tubuh

Memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh berarti membantu penyerapan zat besi menjadi lebih optimal. Ketika tubuh dapat menyerap zat besi dengan baik, maka tubuh dapat memproduksi sel darah merah dengan baik. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari penyakit kekurangan darah.

6. Meringankan kelelahan kronis

Dalam penelitian yang diterbitkan Nutrition Journal, disebutkan bahwa melakukan suntik infus vitamin C bisa menurunkan rasa kelelahan. Vitamin C dapat mengurangi kelelahan dalam dua jam setelah perawatan. Bahkan, efek vitamin C dalam tubuh dapat dirasakan selama 24 jam ke depan.

Itulah 6 manfaat suntik vitamin C yang akan kamu dapat jika dilakukan dengan benar di bawah pengawasan tenaga medis.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #disebut #jadi #pemicu #autoimun #yang #dialami #cita #citata #ternyata #manfaat #suntik #vitamin

KOMENTAR