Simak 7 Tips untuk Beli Baju Thrift Secara Online, Pecinta Thrifting Wajib Paham!
baju thrifthing./ (Royyan/ JawaPos.com)
07:08
13 September 2024

Simak 7 Tips untuk Beli Baju Thrift Secara Online, Pecinta Thrifting Wajib Paham!

- Thrifting atau berburu baju bekas merupakan kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat.

Terutama bagi masyarakat dengan budget pas-pasan namun ingin tetap tampil memukau, thrift bisa jadi solusinya.

Meningkatnya minat dan variasi jual-beli baju thrift membuat thrifting jadi aktivitas yang tidak bisa dianggap sebelah mata lagi.

Seseorang tidak perlu lagi mencari baju di tumpukan baju bekas, melainkan sudah dicuci dan ditata dengan apik di toko.

Selain secara langsung, kini kamu juga bisa membeli baju thrift secara online. Sebagai pemula, kamu perlu tahu bagaimana tips dan trik membeli baju thrift secara online agar tidak rugi.

Hal ini dikarenakan membeli baju thrift secara online berarti kamu tidak menyentuh atau melihat barangnya secara langsung.

Salah-salah, kamu bisa dapat barang yang hanya bagus di kamera namun buruk ketika sudah di tangan.

Membeli baju thrift secara online punya triknya tersendiri. Dikutip dari The Good Trade dan Haven House Thrift Store, berikut ini merupakan tips beli baju thrift secara online untuk kamu pahami dan aplikasikan:

1. Pahami Ukuran Badan

Tips pertama yang bisa kamu terapkan untuk beli baju thrift secara online adalah dengan memahami ukuran badan.

Penjual baju thrift tentu akan menuliskan detail ukuran baju di deskripsi. Untuk itu, kamu harus paham apakah baju itu benar-benar muat di badanmu.

Kamu bisa memperhatikan tinggi badan dan juga berat badan. Beberapa informasi tambahan seperti panjang badan atau lingkar dada juga bisa membantumu dalam memutuskan.

Kamu bisa mengukur tubuh terlebih dahulu dan menyimpan datanya untuk kamu lihat ketika ada baju yang ingin kamu beli.

2. Buat Rancangan Budget

Tips kedua tentu saja membuat rancangan budget. Meski baju bekas atau thrift memang lebih murah dibanding baju baru, kamu tetap harus membuat rancangan seberapa besar anggaran yang akan kamu keluarkan untuk beli baju thrift secara online.

Hal ini dikarenakan semakin murah baju thrift yang ada, kamu bisa jadi makin kalap dan membeli banyak hal yang sesuai dengan selera.

Tidak apa-apa untuk tidak langsung membeli, dan hanya berfokus pada baju yang kamu butuhkan bukan yang kamu inginkan.

3. Tentukan Selera Pakaian

Thrift Shop atau toko online yang menjual baju thrift memiliki berbagai macam ragam.

Tidak menjual secara acak, beberapa dari mereka menjual baju-baju dengan tema tertentu.

Misa, ada yang hanya menjual pakaian berupa jaket dan kaos olahraga, ada juga yang hanya menjual dress-dress cantik bertema coquette.

Kamu bisa menentukan selera berpakaian seperti apa sebelum menargetkan beberapa thrift shop.

Kamu bisa mengikuti beberapa thrift shop di media sosial mereka untuk tahu update tentang koleksi baju thrift apa yang dimiliki oleh mereka.

4. Cari dalam Waktu Lama

Tips yang bisa kamu terapkan untuk bisa sukses belanja thrift secara online adalah kamu bisa mencari dalam waktu lama. Tidak perlu terburu-buru meski koleksi baju thrift tidak akan restock ketika sudah habis.

Namun, kamu bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk mencari baju yang benar-benar cocok baik dari segi budget maupun segi selera.

Selalu ingat untuk tidak membeli secara impulsif, dan akan selalu ada pilihan baju yang lebih murah dan lebih sesuai selera ketika kamu mendedikasikan waktu lebih lama dalam mencari.

5. Perhatikan Deskripsi

Tips yang tidak bisa kamu abaikan adalah memperhatikan deskripsi. DI etalase toko online, penjual tentu menuliskan deskripsi terkait kondisi baju, ukuran sampai bahan kain dari baju tersebut. Kamu perlu memastikan apakah informasi tersebut cocok untuk kamu.

Terkadang, penjual juga menuliskan kondisi minus dari baju thrift tersebut, misal ada robek sedikit atau warna yang pudar.

Hal ini wajar karena thrift adalah baju bekas pakai. Oleh karenanya, kamu harus membaca dengan seksama apabila tidak mau kecewa akan kekurangan baju yang sudah kamu beli.

6. Lihat Seksama Foto Baju

Selain deskripsi, penjual tentu menampilkan berbagai macam foto baju tersebut dari sisi yang berbeda.

Kamu bisa melihat secara seksama foto baju tersebut untuk bisa melihat apakah baju tersebut cocok untuk kamu dan apakah baju tersebut memiliki kondisi yang baik.

Ada juga beberapa foto baju yang dikenakan oleh model, dengan tinggi dan berat badan model dituliskan di deskripsi.

Kamu beruntung apabila berat dan tinggi badanmu mirip dengan model tersebut. Kamu jadi tidak perlu susah-susah membayangkan akan seperti apa kamu ketika mengenakan baju tersebut.

7. Tahu Peraturan Penjual

Toko online yang menjual baju thrift tentu memiliki berbagai macam peraturan. Kamu perlu tahu peraturan apa yang dimiliki oleh penjual tersebut.

Peraturan tersebut mencakup bagaimana kamu booking koleksi tersebut, mekanisme pembayaran dan apakah bisa mengembalikan baju apabila kualitas tidak sesuai.

Peraturan-peraturan ini diperlukan untuk proses belanja baju thrift yang lancar. Jangan sampai, kamu jadi kehilangan koleksi yang kamu inginkan hanya karena tidak tahu peraturan booking, atau tidak bisa mengembalikan baju kualitas buruk dari toko.

Ketujuh poin diatas merupakan beberapa tips untuk kamu beli baju thrift secara online.

Dengan menerapkan berbagai tips di atas, kamu bisa lebih berhati-hati dan menjalani proses thrifting dengan menyenangkan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #simak #tips #untuk #beli #baju #thrift #secara #online #pecinta #thrifting #wajib #paham

KOMENTAR