Apa Saja Ciri-Ciri Orang dengan Mental yang Kuat? Perlu Diketahui Untuk Hidup yang Lebih Baik
Wanita sedang tersenyum (Freepik)
16:32
12 September 2024

Apa Saja Ciri-Ciri Orang dengan Mental yang Kuat? Perlu Diketahui Untuk Hidup yang Lebih Baik

Memiliki mental yang kuat bukan berarti tidak pernah mengalami kesedihan, ketakutan, atau kekhawatiran dalam hidup.

Namun, seseorang yang memiliki mental yang kuat ialah orang yang mampu mengendalikan emosinya dengan baik, tetap tenang saat menghadapi kesulitan, dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain.

Orang dengan mental yang kuat memiliki ketahanan emosional yang luar biasa, sehingga ia mampu menahan menahan stres dan rasa cemas yang dialaminya.

Ketika di menghadapi sebuah kegagalan, dirinya akn mudah menyerah dan bersedih, melainkan akan bangkit, terus berusaha, dan tetap positif dalam mengahadapinya.

Jadi, bagaimana ciri-ciri seseorang memiliki mental yang kuat dalam dirimnya? Berikut 7 ciri-ciri seseorang yang kuat secara mental dilansir dari laman Psychology Today.

 1. Mereka menghadapi kenyataan apa adanya dan menangani tantangan secara langsung.

Orang yang tangguh secara mental mempertimbangkan fakta, melakukan riset, dan mendengarkan masukan dari para profesional serta orang-orang terdekat tanpa mengubah sesuatu yang terlah terjadi.

Mereka merencanakan dengan baik, melihat situasi secara objektif, dan berdiskusi dengan orang lain untuk mempersiapkan diri menghadapi konsekuensi dari tindakan mereka serta segala situasi yang mungkin terjadi di masa depan.

 2. Mereka menerima segala konsekuensi atas pilihannya.

Mereka bertanggung jawab atas tindakan dan dampak dari keputusan yang mereka buat. Mereka tidak mengabaikan luka atau rasa sakit yang terjadi sebagai akibatnya, dan mereka menjadi "korban" dengan menyalahkan orang lain atas masalah yang mereka ciptakan sendiri.

Mereka juga berbelas kasih terhadap diri sendiri di saat-saat sulit dan menyadari bahwa mereka berusaha melakukan yang terbaik dalam setiap situasi yang dihadapi.

3. Mereka mampu mengendalikan diri mereka sendiri.

Mereka memiliki kesadaran akan perilaku, perasaan, dan pikiran mereka, serta mampu mengatur perasaan dan respons mereka sesuai dengan situasi yang dihadapi.

Mereka bersikap proaktif dalam menghadapi masalah, mencari bantuan jika diperlukan, dan bertanggung jawab atas tindakan mereka. Mereka juga memahami bagaimana tindakan mereka mampu mempengaruhi orang lain.

4. Mereka memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri.

Mereka menyesuaikan respons mereka terhadap situasi apa pun. Karena mereka belajar dari kesalahan, mereka cenderung menciptakan lebih banyak hasil positif daripada negatif dalam hidup mereka.

Mereka juga dapat diandalkan dan konsisten dalam cara mereka merespons dan dalam memahami keterbatasan dalam diri mereka.

5. Mereka memaknai rasa sakit dan pengalaman buruk dalam hidup.

Mereka mengatasi pengalaman buruk, menjadi kunci ketahanan mental. Mereka mampu menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi.

6. Mereka tidak melihat situasi berdasarkan apa yang mereka rasakan.

Seseorang dengan mental yang kuat cenderung menilai keadaan dari apa yang sebenarnya terjadi. Mereka cenderung akan lebih jelas dan objektif karena memisahkam emosi dari kenyataan.

Meskipun orang dengan mental yang kuat juga dapat dipengaruhi oleh emosi seperti oran lain, tapi mereka masih bisa membedakan antara apa yang mereka rasakan dari dalam dirinya dan apa yang sebenarnya terjadi di luar diri mereka.

7. Mereka menghadapi masa lalu dan tidak mengubur peristiwa yang telah terjadi.

Orang yang kuat secara mental memaknai apa yang terjadi di masa lalu adalah yang membentuk dirinya saat ini dan yang memengaruhi hidupnya saat ini.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #saja #ciri #ciri #orang #dengan #mental #yang #kuat #perlu #diketahui #untuk #hidup #yang #lebih #baik

KOMENTAR