Jika Kamu Ingin Sukses Tapi Sering Merasa Malas, Ucapkan Selamat Tinggal Pada 7 Kebiasaan Ini
Ilustrasi orang yang malas.(Unsplash.com/KingaHoward)
12:36
12 September 2024

Jika Kamu Ingin Sukses Tapi Sering Merasa Malas, Ucapkan Selamat Tinggal Pada 7 Kebiasaan Ini

 

- Untuk menjadi orang sukses, tentunya tidak mudah membalikkan telapak tangan. Kita semua perlu yang namanya usaha baik materi atau non-materi, serta rasa tidak pantang menyerah.

Mereka para tokoh sukses di dunia juga memerlukan waktu puluhan tahun dan juga kegagalan berkali-kali, hingga pada akhirnya mereka mampu mencapai itu semua berkat kegigihannya.

Jangan mengira bahwa sukses itu bisa dilakukan dengan cara instan dan bermimpi bahwa hanya dengan duduk bermalasan, uang akan menghampirimu.

Melansir dari laman Hack Spirit, jika kamu ingin sukses tapi sering merasa malas, maka ucapkan selamat tinggal pada 7 kebiasaan ini:

1. Sering Menunda-nunda Pekerjaan

Sebagaimana dicatat oleh para ahli, bahwa penundaan dapat berdampak pada kesehatan mental, meningkatkan tingkat stres, dan kecemasan.

Kita juga perlu memahami alasan menghindari tugas-tugas tertentu dan kemudian mengambil langkah-langkah untuk mengatasi hambatan tersebut.

2. Mengabaikan Olahraga

Ketika kamu dihadapkan pada kesibukan, seringkali tidak memprioritaskan olahraga dengan berdalih kelelahan. Tapi sebetulnya dengan olahraga, tubuh tidak akan mudah lesu sepadat apapun aktivitas.

Perlu diketahui bahwa dengan olahraga ringan selama 30 menit saja akan membuat tubuh menjadi lebih produktif dan dapat berpengaruh baik terhadap suasana hati, memori, serta pembelajaran.

3. Hidup dengan Ego Tinggi  

ketahuilah bahwa mengucapkan selamat tinggal pada ego yang tinggi bukan berarti kehilangan harga diri. Melainkan tentang mengakui bahwa kita semua memiliki sesuatu untuk dipelajari, bersikap rendah hati agar menjadi pendorong kesuksesan yang kuat.

4. Multitasking

Di dunia yang serba cepat, multitasking sering kali tampak seperti keterampilan yang penting dan banyak dicari oleh setiap perusahaan. Tapi pada faktanya, multitasking sebenarnya bisa membuat seseorang kurang produktif.

Penelitian menunjukkan bahwa otak manusia tidak dirancang untuk menangani banyak tugas sekaligus. Setiap kali kita beralih antar tugas, otak memerlukan waktu untuk kembali fokus, sehingga dapat menyebabkan kesalahan dan penurunan produktivitas.

5. Mengejar Kesempurnaaan

Mengejar kesempurnaan seringkali dapat menyebabkan penundaan, stres, dan perasaan tidak mampu. Alih-alih berfokus untuk melakukan yang terbaik, kita malah terjebak dalam ketakutan membuat kesalahan atau tidak memenuhi harapan yang tidak realistis.

Para psikolog menyebut hal ini sebagai “kelumpuhan perfeksionisme”. Rasa takut tidak sempurna justru bisa menghalangi kita mengambil tindakan dan membuat perkembangan. Lebih baik terimalah kenyataan bahwa kesalahan adalah bagian alami dari pembelajaran dan pertumbuhan.

6. Menghindari Ketidaknyamanan

Sudah menjadi sifat manusia untuk mencari kenyamanan dan menghindari ketidaknyamanan. Tapi jika kita ingin meraih kesuksesan, terkadang harus keluar dari zona nyaman.

Menghindari ketidaknyamanan dapat membatasi peluang kita untuk berkembang dan belajar. Hal ini dapat membuat terjebak dalam rutinitas yang biasa dan menghalangi diri sendiri mencapai tujuan.

7. Mengabaikan Perawatan Diri

Dalam upaya kita mencapai kesuksesan, mudah sekali untuk mengabaikan perawatan diri. Kita memaksakan diri hingga batasnya, mengorbankan tidur, nutrisi, dan relaksasi demi produktivitas.

Tapi masalahnya, dengan mengabaikan perawatan diri tidak membuat kita menjadi orang sukses, bahkan yang ada hanya kelelahan.

Perawatan diri bukanlah suatu kemewahan, itu suatu kebutuhan. Hal ini memungkinkan kita untuk mengisi ulang tenaga dan memfokuskan kembali, membuat kita lebih produktif dalam jangka panjang.

Dengan demikian, lawanlah sifat malas yang didalamnya terdapat 7 kebiasaan ini, karena menurut yang dikutip dari laman OSF, rasa malas itu dampak dari kurangnya kecakapan dalam mengatur waktu dan kurangnya disiplin diri.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jika #kamu #ingin #sukses #tapi #sering #merasa #malas #ucapkan #selamat #tinggal #pada #kebiasaan

KOMENTAR