Hwaiting dan Ucapan Semangat dalam Bahasa Korea, Pernah Muncul di Drama Korea
Ilustasi memberikan semangat. (Foto: Pexels/Budgeron Bach)
07:54
12 September 2024

Hwaiting dan Ucapan Semangat dalam Bahasa Korea, Pernah Muncul di Drama Korea

- Siapa yang pernah nonton drama Korea? Pastinya nggak asing lagi dengan kata Hwaiting yang kerap diucapkan ketika ingin memberikan semangat dan dukungan kepada orang lain.

Nggak cuma di drama Korea, ucapan ini juga sering terdengar dari idol Korea saat mendukung teman satu timnya ketika mendapatkan tantangan dalam sebuah permainan.

Di Korea, kata ini memiliki makna yang mendalam karena sebagai bentuk memberikan dorongan kepada seseorang saat ingin mencapai tujuan atau tantangan dalam hidupnya.

Meskipun kebanyakan orang lebih mengenal Hwaiting tapi ada ucapan semangat dalam bahasa Korea yang lain, lho.

Dilansir dari berbagai sumber, 10 ucapan ini bisa kamu pakai sesuai dengan keadaan apa yang perlu disemangati.

1. 화이팅 (Hwaiting)

Hwaiting adalah ucapan semangat yang paling sering dipakai di Korea yang memiliki arti semangat. Kata hwaiting ini berasal dari kata serapan dari bahasa Inggris fighting yang diungkapkan oleh orang Korea.

Ungkapan ini biasanya diberikan kepada seseorang untuk memberikan semangat dan dukungan saat ingin mencapai tujuan atau menghadapi sebuah tantangan. Biasanya dipakai ketika seseorang akan melaksanakan ujian, presentasi, tampil di depan umum, maupun pertandingan bola.

Hwaiting sifatnya informal yang nggak bisa sembarangan dipakai. Jika ingin memberikan ucapan kepada atasan atau orang yang lebih tua, maka bisa menggunakan Hwaiting Haseyo.

2. 힘내세요 (Himnaeseyo)

Himnaeseyo merupakan ucapan semangat yang diberikan dengan arti bertahanlah. Akar kata ini adalah himnaeda yang memiliki arti bersemangat.

Biasanya ucapan ini diberikan seseorang untuk menyemangati orang lain yang sedang menghadapi rintangan atau kesulitan dalam hidupnya. Misalnya ketika seseorang gagal mencapai tujuan tertentu atau berputus asa.

Ungkapan himnaeseyo dapat membangkitkan semangat dan membuat seseorang kembali kuat untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapinya.

3. 할 수있어 (Halsuisseo)

Halsuisseo merupakan bahasa Korea yang memiliki arti pasti bisa. Ungkapan ini biasanya diberikan kepada orang yang lebih muda atau teman dekat karena sifatnya yang informal.

Sedangkan untuk memberikan semangat kepada orang yang lebih tua kata yang biasa digunakan adalah 할 수있어요 (Halsuisseoyo). Biasanya ucapan ini dapat memberikan pecutan semangat untuk seseorang yang ragu atau kurang percaya diri ketika mencoba hal baru.

4. 응원해 (Eungwonhae)

Eungwonhae merupakan ucapan yang sederhana dalam bahasa Korea untuk memberikan semangat. Ucapan ini memiliki arti aku mendukungmu.

Penggunaan ucapan ini biasa dipakai untuk mendukung seseorang yang lebih muda atau sebaya karena bersifat formal. Kata ini dapat menjadi pilihan yang bisa digunakan selain menggunakan kata Hwaiting yang mungkin sudah sering didengar.

5. 포기하지마요 (Pogihajimayo)

Pogihajimayo memiliki arti jangan menyerah atau jangan berputus asa. Ucapan ini diberikan untuk mendukung seseorang dan memberikan semangat untuk terus berjuang dan tidak menyerah ketika dihadapkan pada kesulitan atau rintangan.

Kata pogihajimayo menekankan seseorang untuk lebih tabah dan tekun dalam mencapai tujuan hidup. Kegagalan yang dialami saat ini bukanlah akhir dari segalanya. Jadikanlah kegagalan tersebut sebagai pelajaran untuk mengatasi tantangan lain di masa depan.

Contoh ucapan semangat dalam bahasa korea yang lain
1. 열심히 하세요! (Yeolsimhi haseyo!) Artinya: Lakukan dengan tekun!/Kerjakan dengan sungguh-sungguh!
2. 당신은 할 수 있어요! (Dangsin-eun hal su isseoyo!) Artinya: Anda bisa melakukannya!
3. 믿어요, 당신은 강해요! (Mideoyo, dangsin-eun ganghaeyo!) Artinya: Percayalah, Anda kuat!/Anda adalah orang yang kuat!
4. 잘 해냈어요! (Jal haenaesseoyo!) Artinya: Bagus sekali!/Anda melakukan dengan baik!
5. 한계는 뛰어넘을 수 있어요. (Hangye-neun ttwieoneomeul su isseoyo.) Artinya: Anda bisa melampaui batasnya./Anda bisa melewati batas.
6. 불가능은 없어요. (Bulgabseong-eun eobs-eoyo.) Artinya: Tidak ada yang tidak mungkin./Semuanya mungkin.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #hwaiting #ucapan #semangat #dalam #bahasa #korea #pernah #muncul #drama #korea

KOMENTAR