Kumpulan Doa Maulid Nabi Lengkap dengan Latin dan Artinya
Ilustrasi doa maulid nabi (freepik)
13:21
10 September 2024

Kumpulan Doa Maulid Nabi Lengkap dengan Latin dan Artinya

Setiap tanggal 12 Rabiul Awal, umat Islam memperingati Maulid Nabi. Dalam menyambut hari tersebut, umat Islam dalam memanjatkan doa maulid Nabi sejak tanggal 1 Rabiul Awal. Lantas, bagaimana lafal doa maulid nabi?

Perayaan menyambut Maulid Nabi umumnya dilaksanakan dalam bentuk pengajian atau doa bersama di masjid. Oleh karenanya, doa maulid nabi merupakan doa penting dalam rangkaian memperingati hari lahir Rasulullah SAW selain melafalkan salawat seperti salawat maulid Simtudduror, Maulid Ad Diba'i, Maulid Al Barzanji, dan lain sebagainya.

Doa Maulid Nabi

Doa maulid nabi yang dipanjatkan disarankan terdiri atas dua doa, yakni doa pembuka dan doa penutup maulid Nabi Muhammad SAW. Doa pembuka dipanjatkan saat akan perayaan Maulid Nabi akan dimulai. Berikut lafal bacaan doa pembuka acara maulid Nabi Muhammad saw dengan sholawat nariyah;

Baca Juga: Maulid Nabi 2024 Tahun Berapa Hijriah? Hitung Mundur Hari Istimewa


اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Bacaan Doa Pembuka Acara Maulid Nabi Muhammad SAW Latin:

Allâhumma shalli shalâtan kâmilatan wa sallim salâman tâmman `alâ sayyidinâ Muḫammadinil-ladzi tanḫallu bihil-`uqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqdlâ bihi-ḫawâiju wa tunâlu bihir-ghara'ib wa ḫusnul-khawâtimi wa yustasqal-ghamâmu biwajhihil-karîmi wa `alâ âlihi wa shaḫbihi fî kulli lamḫatin wa nafasin bi`adadi kulli ma`lûmilak(a).

Arti Bacaan Doa Pembuka Acara Maulid Nabi Muhammad SAW:

"Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

Baca Juga: 5 Surat Tentang Maulid Nabi Muhammad SAW

Setelah acara berlangsung lancar, ditutup dengan doa penutup. Doa penutup yang dipanjatkan di akhir acara Maulid Nabi dapat berupa doa yang bertujuan memohonkan kesejahteraan dan keselamatan. Tidak hanya untuk Nabi Muhammad SAW, tetapi untuk seluruh umat Islam pada khususnya dan untuk seluruh umat manusia pada umumnya.

Berikut rekomendasi doa maulid nabi untuk penutup acara;


اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدَ الشَّاكِرِيْنَ، حَمْدَالنَّاعِمِيْنَ، حَمْدًايُوَافِيْ نِعَمَه وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه، يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى الِى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ.

Bacaan Doa Penutup Acara Maulid Nabi Muhammad SAW Latin:

Alhamdulillahirobbil 'alamin. Hamdan syaakiriin, hamdan naa'imiin, hamdan yuwaafii ni'amahuu wa yukaafiu maziidah, yaa robbanaa lakalhamdu kamaa yan baghii lijalaali waj-hika wa 'azhiimi sulthoonik. Alloohumma shalli wa shallim 'alaa sayyidinaa muhammad, wa'alaa aali sayyiidinaa muhammad.

Arti Bacaan Doa Penutup Acara Maulid Nabi Muhammad SAW:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Penguasa Alam Semesta, sebagaimana orang yang bersyukur dan orang yang mendapat banyak kenikmatan memuji-Nya. dengan pujian yang sepadan dan nikmat-Nya dan memungkinkan pertambahannya. Wahai Tuhan kami, pujian hanyalah untuk-Mu, sebagaimana yang layak akan kemuliaan Zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu. Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada Nabi Muhammad junjungan kami dan kepada keluarga baginda.”

Demikian itu rekomendasi bacaan doa maulid nabi. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat untuk kita semua.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Vania Rossa

Tag:  #kumpulan #maulid #nabi #lengkap #dengan #latin #artinya

KOMENTAR