Penting! Ini 5 Cara Agar Kamu Aman Secara Finansial, Salah Satunya Membangun Dana Darurat
Membangun dana darurat adalah salah satu cara agar kamu aman secara finansial (freepik)
08:54
10 September 2024

Penting! Ini 5 Cara Agar Kamu Aman Secara Finansial, Salah Satunya Membangun Dana Darurat

Pada dasarnya semua orang tentu semua orang menginginkan keamanan finansial namun sayangnya tidak banyak orang yang benar mengalaminya. Oleh sebab itu, sangat penting memahami cara agar Anda aman secara finansial.

Menurut studi Ramsey State of Personal Finance, sepertiga orang Amerika mengatakan bahwa mereka sedang berjuang atau mengalami krisis dengan keuangan mereka.

Keamanan finansial artinya mencapai titik dimana Anda begitu aman dengan uang Anda sehingga Anda bisa hidup tanpa utang, membayar pengeluaran bulanan, berinvestasi untuk masa pensiun dan menyimpan uang di bank untuk keadaan darurat.

Jika Anda ingin mencapai keamanan finansial maka Anda harus menjadikannya sebagai tujuan.

Berikut ada beberapa langkah cara agar Anda aman secara finansial sebagaimana dilansir Ramsey Solutions, Selasa (10/9) :

1. Memulai hidup dengan penghasilan lebih sedikit

Dimana pun Anda berada dalam perjalanan menuju keamanan finansial, gaji Anda adalah kendaraan yang akan membantu Anda mencapainya. Sebab penghasilan Anda adalah alat pembangun kekayaan terbesar Anda.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan penghasilan Anda adalah mengurangi pengeluaran Anda.

Untuk lebih spesifik, Anda perlu memastikan bahwa Anda hidup dengan penghasilan yang lebih sedikit dari yang Anda hasilkan.

Jika Anda menghabiskan seluruh gaji Anda setiap bulan dan tidak mempunyai sisa maka Anda akan mengalami masalah.

Selain itu, Anda harus belajar untuk berkata tidak pada diri sendiri dan merasa cukup dengan apa yang Anda miliki.

2. Mengucapkan selamat tinggal pada kartu kredit

Pada dasarnya kartu kredit adalah rencana yang buruk untuk menangani keadaan darurat.

Pasalnya terlilit utang kartu kredit saat pengeluaran tak terduga berikutnya muncul akan mengubah keadaan darurat itu menjadi krisis.

Intinya satu-satunya yang Anda hasilkan dengan kartu kredit adalah banyak utang, stres dan kekhawatiran sekalipun Anda berencana untuk melunasinya setiap bulan.

Fasilitas yang tidak terduga yang diberikan perusahaan kartu kredit tidak sebanding dengan risiko membayar bunga yang sangat besar dan membahayakan keamanan finansial Anda.

3. Melunasi utang Anda

Banyak orang yang terjebak dengan pemahaman bahwa utang adalah cara untuk bertahan hidup.

Padahal faktanya justru utang bisa mencuri penghasilan Anda dan memberikannya kepada dealer mobil, penyedia layanan pinjaman mahasiswa dan perusahaan kartu kredit.

Oleh sebab itu, penghasilan Anda adalah alat utama untuk membangun kekayaan. Anda tidak akan pernah aman secara finansial jika Anda berutang kepada orang lain dan harus membayar setiap bulan.

Jadi, jika Anda menginginkan keamanan finansial maka mulai sekarang saatnya untuk terbebas dari utang. Mulailah untuk memutuskan dan berkomitmen untuk tidak meminjam uang lagi.

4. Membangun dana darurat

Tidak ada yang dapat memberi Anda ketenangan pikiran dan keamanan finansial seperti dana darurat.

Dana darurat seperti jaring pengaman saat keadaan darurat terjadi dan meskipun kita semua tidak suka mengakuinya namun tetap saja keadaan darurat akan terjadi.

Dan jika Anda tidak memiliki jaring pengaman saat keadaan dana darurat maka Anda akan tergoda untuk menggunakan kartu kredit untuk menutupi tagihan.

Lagi pula, penelitian menunjukkan 19 persen orang dengan kartu kredit menyimpannya untuk membantu menutupi keadaan darurat. Namun hal ini bukan rencana yang baik.

Pasalnya semua itu hanya akan mengubah keadaan darurat Anda menjadi keadaan darurat yang lebih besar karena itu berarti berutang dengan suku bunga yang sangat tinggi.

5. Menginvestasikan 15 persen dari pendapatan Anda

Bagian terpenting dari keamanan finansial adalah mengetahui bahwa Anda akan memiliki kondisi keuangan yang baik saat pensiun.

Itulah sebabnya langkah terakhir agar Anda aman secara finansial adalah menginvestasikan 15 persen dari pendapatan Anda untuk masa pensiun.

Hal ini tentunya dilakukan setelah Anda melunasi semua utang dan membangun dana darurat yang lengkap.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #penting #cara #agar #kamu #aman #secara #finansial #salah #satunya #membangun #dana #darurat

KOMENTAR