Kritik Menohok Jusuf Kalla ke Nadiem Makarim: Tidak Pernah Datang ke Daerah, Jarang ke Kantor
Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan 12, Jusuf Kalla (tengah) menjawab pertanyaan awak media usai menggelar pertemuan dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Kediamannya di Jakarta, Rabu (22/5/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
09:26
9 September 2024

Kritik Menohok Jusuf Kalla ke Nadiem Makarim: Tidak Pernah Datang ke Daerah, Jarang ke Kantor

Wakil Presiden ke-10 Jusuf Kalla melontarkan kritik terhadap kinerja Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Kritik ini dilontarkan Jusuf Kalla ketika menjadi pembicara di forum diskusi "Menggugat Kebijakan Anggaran Pendidikan" yang tayang di kanal YouTube TVR Parlemen.

Dikutip pada Senin (9/9/2024), awalnya Jusuf Kalla terlihat membicarakan sejumlah tokoh yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan di Indonesia.

"Siapa menteri pendidikan selama ini. Menteri Pendidikan Ki Hajar Dewantoro, orang hebat, cikal bakal daripada prisip pendidikan kita," ujar Jusuf Kalla.

Baca Juga: Dinaiki Mahfud MD, Harga Private Jet JK Kalah Mahal dari Sewaan Kaesang: Berapa?

"Ada Pak Soemantri, ada Syarief Thayep, ada Daoed Joesoef. Ada Pak Yuwono, ada Malik Fadjar semua ahli-ahli pendidikan," imbuhnya.

Jusuf Kalla di forum diskusi Jusuf Kalla di forum diskusi "Menggugat Kebijakan Anggaran Pendidikan" (YouTube/TVR Parlemen)

Ketika tiba menyebut Nadiem Makarim, Jusuf Kalla menyebut Nadiem Makarim sebagai Mendibudristek yang tak memiliki pengalaman dalam bidang pendidikan.

Wakil Presiden ke-10 ini juga turut mengkritik kinerja Nadiem Makarim yang jarang turun ke daerah-daerah hingga tak pernah pergi ke kantor.

"Ada Muhadjir, ada Pak Nuh Rektor ITS, ada Anies rektor Paramadina, ada kemudian Pak Nadiem," ujar Jusuf Kalla.

"Mas Nadiem yang tidak punya pengalaman pendidikan, tidak pernah datang ke daerah, jarang ke kantor," sambungnya.

Baca Juga: Intip Gurita Bisnis Jusuf Kalla, Punya Jet Pribadi yang Sering Dinaiki Mahfud MD

Jusuf Kalla di forum diskusi Jusuf Kalla di forum diskusi "Menggugat Kebijakan Anggaran Pendidikan" (YouTube/TVR Parlemen)

Momen ketika Jusuf Kalla mengkritik kinerja Nadiem Makarim ini kemudian viral di media sosial X. Beragam respons diberikan oleh warganet.

"Tapi emang sih ini Menteri Pendidikan paling amsyiong. Secara dia lahir dari orang kaya, mana ngerasain susahnya sekolah bagi orang yang enggak punya," timpal warganet.

"Betul, Pak. Menteri Pendidikan yang sekarang emang enggak jelas arahnya. Lebih ke plonga-plongo," imbuh warganet.

"Jarang ngantor karena WFH kali," tambah warganet.

"Luar biasa Pak JK," komentar warganet lain.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #kritik #menohok #jusuf #kalla #nadiem #makarim #tidak #pernah #datang #daerah #jarang #kantor

KOMENTAR