Simak! Ini 5 Manfaat Kombucha untuk Kulit Anda, Salah Satunya Mengurangi Kerutan pada Wajah
Ilustrasi Kombucha. (Welzo)
23:30
7 September 2024

Simak! Ini 5 Manfaat Kombucha untuk Kulit Anda, Salah Satunya Mengurangi Kerutan pada Wajah

 Kombucha adalah teh fermentasi yang sedang menjadi favorit beberapa orang. Banyak manfaat yang bisa didapat dari teh ini, yaitu melancarkan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Selain manfaatnya untuk tubuh, kombucha juga membawa dampak baik untuk kulit. Berikut adalah manfaat dari teh fermentasi tersebut untuk kulit anda, sebagaimana dilansir dari Depology. 

  1. Membantu tekstur kulit menjadi lebih baik

Terdapat kandungan probiotik dan asam asetat dalam kombucha yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit anda. Peradangan pada kulit juga bisa diatasi dengan teh tersebut. 

Probiotik juga membantu untuk menjaga kesehatan usus. Perlu diketahui, bahwa usus yang baik dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. 

2.Membantu mengurangi munculnya garis- garis halus dan kerutan

Polifenol serta vitamin C dapat membantu kulit dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan kolagen dalam kulit serta mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. 

  1. Kulit menjadi lebih cerah

Kombucha memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencerahkan kulit anda. Warna kulit anda juga menjadi lebih rata. 

  1. Dapat mengatasi eksim 

Beberapa produk perawatan kulit juga mulai dibuat dari bahan kombucha. Ada yang mengklaim bahwa bahan tersebut dapat membantu meringankan gejala eksim.

Terdapat berbagai senyawa bermanfaat dalam ekstrak kombucha seperti asam organik, probiotik, dan antioksidan yang diyakini memiliki efek positif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa tersebut dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi peradangan. 

  1. Mengatasi jerawat 

Terdapat kandungan seperti asam organik, asam laktat, asetat, dan glukonat yang memiliki sifat antimikroba untuk membantu mengatur keseimbangan pH kulit. Hal tersebut dapat membantu mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Untuk memakai bahan kombucha sebagai pembasmi jerawat, disarankan untuk konsultasi pada dokter kulit terlebih dahulu karena belum ada penelitian lebih lanjut. 

Editor: Bayu Putra

Tag:  #simak #manfaat #kombucha #untuk #kulit #anda #salah #satunya #mengurangi #kerutan #pada #wajah

KOMENTAR