Nana Mirdad Serahkan Bayi Temuan ke Dinas Sosial, KPAI Langsung Angkat Suara
Nana Mirdad temukan bayi yang dibuang di dekat rumahnya (Instagram/nanamirdad_)
10:46
21 Januari 2024

Nana Mirdad Serahkan Bayi Temuan ke Dinas Sosial, KPAI Langsung Angkat Suara

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) beri komentar mengenai aksi artis Nana Mirdad yang temukan bayi baru lahir di semak-semak dekat rumahnya di Bali pada Sabtu (20/1/2024) kemarin. Keputusan Nana Mirdad dan suaminya Andrew White untuk menyerahkan bayi tersebut ke dinas sosial setempat memang jadi tindakan yang tepat.

"Penemuan bayi oleh Nana Mirdad kemudian diserahkan ke dinas sosial sudah tepat. Karena mekanismenya memang seperti itu untuk bayi temuan," kata komisioner KPAI Dian Sasmita saat dihubungi suara.com, Minggu (21/1/2024).

Penyerahan ke Dinas Sosial itu juga untuk kepentingan anak temuan tersebut, lanjut Dian. Sebab, bayi yang ditemukan Nana Mirdad dan Andrew White kondisinya benar-benar nampak baru lahir sehingga tidak ada identitas apa pun yang melekat.

Oleh sebab itu, masih perlu tindakan Dinas Sosial bersama polisi untuk melacak identitas dari orang tua kandung bayi tersebut. Selain itu, ada mekanisme khusus bila ingin adopsi bayi temuan tersebut. 

Nana Mirdad temukan bayi baru lahir di dekat rumahnya (Instagram)Nana Mirdad temukan bayi baru lahir di dekat rumahnya (Instagram)

"Salah satu proses adopsi atau penemuan bayi ini yang tidak boleh diabaikan adalah terkait dengan asal usul atau identitas anak, karena itu menjadi salah satu hak mendasar bagi anak. Diserahkan ke Dinas Sosial kemudian nanti ada proses berikutnya, kepolisian akan lakukan penelusuran, penyelidikan, untuk mengetahui siapa orang tua bayi tersebut," kata Dian. 

Meski begitu, Nana Mirdad dan Andrew White diperbolehkan untuk menjenguk bayi tersebut selama proses penyelidikan masih dilakukan.

Sebelumnya, Nana Mirdad membagikan lewat postingannya di Instagram story mengenai temuan bayi baru lahir itu. Bayi tersebut pertama kali ditemukan oleh asisten rumah tangganya (ART). Kakak artis Naysila Mirdad itu menduga bayi tersebut baru lahir karena tali pusarnya masih menempel di perut.

Kondisi bayi sangat memprihatinkan ketika ditemukan karena dalam kondisi tak memakai baju maupun alas. Padahal di sekitar rumahnya banyak hewan liar berkeliaran, seperti anjing dan ular piton. Begitu diberi tahu oleh ART, Nana Mirdad langsung membawanya ke rumah sakit untuk diselamatkan.

"Bayi ini beruntung sekali masih selamat. Saat bayi ini dibawa ke rumah, kulitnya mulai membiru," tulis istri Andrew White itu pada Sabtu (20/1/2024).

Perempuan 38 tahun itu juga mengatakan bahwa bayi tersebut sudah diperiksa di UGD. Dia bersyukur, bayi tersebut mampu bertahan dan dalam kondisi sehat setelah mendapat perawatan di rumah sakit. Nana Mirdad berharap ibu kandung dari bayi tersebut membaca Instagram Story miliknya. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #nana #mirdad #serahkan #bayi #temuan #dinas #sosial #kpai #langsung #angkat #suara

KOMENTAR