Milisi Kurdi dan Pasukan Rezim Assad Sepakati Kesepakatan Ditengahi Rusia Usai Bentrok di Suriah
Suku Arab menguasai kota-kota Suriah yang diduduki AS dalam serangan besar-besaran. Pasukan suku telah melakukan pemberontakan terhadap suku Kurdi yang didukung AS di Suriah sejak akhir tahun lalu. Koalisi suku Arab Suriah merebut beberapa kota dari pasukan Kurdi yang didukung AS di pedesaan provinsi Deir Ezzor di Suriah timur pada tanggal 7 Agustus. 
12:50
15 Agustus 2024

Milisi Kurdi dan Pasukan Rezim Assad Sepakati Kesepakatan Ditengahi Rusia Usai Bentrok di Suriah

Milisi Kurdi dan pasukan rezim Suriah telah menyetujui kesepakatan yang ditengahi Rusia untuk mengakhiri seminggu bentrokan dan permusuhan di Suriah timur, di tengah semakin memburuknya hubungan antara Damaskus dan milisi.

Minggu lalu, pasukan suku Arab di provinsi Deir ez-Zor, Suriah timur, yang bersekutu dengan rezim Suriah Bashar Al-Assad dan Iran, melancarkan serangan mendadak terhadap wilayah yang dikuasai milisi pimpinan Kurdi di bawah Unit Perlindungan Rakyat (YPG) dan Pasukan Demokratik Suriah (SDF), merebut dua kota di provinsi tersebut yang terletak di dekat ladang minyak yang dikuasai pasukan Amerika.

Sebagai balasan selama bentrokan tersebut, pasukan Kurdi mengepung dan mengepung pasukan rezim Suriah di pusat dua kota besar Qamishli dan Hasakah di timur laut, dan juga menahan beberapa perwira tentara Suriah dalam perjalanan mereka ke kompleks keamanan di Hasakah dari pangkalan mereka di luar kota.

Peristiwa ini merupakan keretakan hubungan yang parah antara rezim dan otoritas yang dipimpin Kurdi, meruntuhkan perjanjian jangka panjang yang selama ini telah memperlihatkan kedua belah pihak saling menggabungkan kekuatan, meningkatkan kolaborasi, dan saling menoleransi kehadiran militer masing-masing di provinsi tersebut.

Menurut surat kabar Emirat, The National , yang mengutip dua sumber militan Kurdi yang tidak disebutkan namanya yang berbicara kepadanya, para pejabat militer Rusia menetapkan misi untuk memperbaiki hubungan selama beberapa hari terakhir setelah peristiwa tersebut, dengan para perwira Rusia dilaporkan bolak-balik antara kompleks rezim Suriah dan komandan milisi Kurdi dalam upaya untuk menyelesaikan dampaknya.

Upaya tersebut akhirnya membuahkan hasil berupa kesepakatan yang ditengahi oleh Rusia pada hari Senin, yang menetapkan bahwa pasukan suku Arab yang bersekutu dengan Assad dan Iran akan menghentikan serangan mereka, dan bahwa perwira dan personel rezim akan dibebaskan sebagai imbalan atas 15 militan Kurdi yang ditangkap selama seminggu terakhir.

“Tekanan yang kami berikan kepada rezim membantu” tercapainya kesepakatan, demikian yang dikutip dari salah satu sumber milisi Kurdi.

SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Tag:  #milisi #kurdi #pasukan #rezim #assad #sepakati #kesepakatan #ditengahi #rusia #usai #bentrok #suriah

KOMENTAR