Sejumlah Ibu Muda Ajarkan Cara Menyusui pada Orangutan yang Baru Melahirkan di Kebun Binatang Dublin
Ilustrasi menyusui. (Elements Envato)
08:04
14 Agustus 2024

Sejumlah Ibu Muda Ajarkan Cara Menyusui pada Orangutan yang Baru Melahirkan di Kebun Binatang Dublin

Beberapa ibu menyusui dari Irlandia bergegas membantu orangutan hamil yang tidak tahu cara memberi makan dan menyusui bayinya. Mereka secara pribadi menunjukkan teknik menyusui melalui kaca dalam upaya yang sangat mengharukan.

Momen 'es privat' itu terjadi selama beberapa bulan terakhir di Kebun Binatang Dublin, kata kebun binatang itu.

Langkah yang mengharukan itu terjadi sebelum orangutan kebun binatang berusia 19 tahun Mujur melahirkan bayi laki-lakinya yang sehat pada 31 Juli, kata para pejabat.

Mujur telah melahirkan pada tahun 2019 dan 2022, tetapi kedua bayi itu akhirnya mati ketika dia tidak "menunjukkan kualitas keibuan yang diperlukan'' jadi sesuatu harus dicoba secara berbeda kali ini, kata kebun binatang itu.

Baca Juga: Tak Bisa Dibandingkan dengan Susu Formula, Ahli Gizi UGM: ASI Tetap Terbaik

Menjelang kelahiran tahun 2024, kebun binatang mengirimkan SOS kepada ibu-ibu setempat dengan harapan mereka dapat menunjukkan kepada Mujur cara menyusui.

Tiga puluh wanita melangkah maju dan kemudian bergantian menyusui bayi mereka di depan Mujur, dengan dinding kaca yang memisahkan mereka.

Sekitar empat wanita akan bergiliran duduk di depan Mujur setiap hari, kata kebun binatang tersebut.

“Anda akan mendapati diri Anda mendukung [Mujur],’’ kata relawan Nora Murphy kepada Irish Times, seraya menambahkan bahwa ia berpikir itu akan menjadi kisah yang hebat untuk diceritakan kepada putrinya yang kini berusia 10 bulan saat ia dewasa nanti.

“Anda akan beralih dari menjadi seorang ibu menjadi mencoba membantu calon ibu. Anda akan berbicara kepadanya, berkata, ‘Lihat, inilah yang seharusnya Anda lakukan,’” kata Murphy.

Baca Juga: Angin Segar UU KIA, Dukung Semua Ibu Menyusui Sukses Beri ASI Eksklusif 6 Bulan?

“Ia akan menatap Anda dan benar-benar memperhatikan apa yang Anda lakukan. Ia akan memerah ASI dengan tangan seiring berjalannya waktu, yang merupakan keajaiban.”

Ilustrasi fakta-fakta orang utan (Miguel Cuenca/pexels)Ilustrasi fakta-fakta orang utan (Miguel Cuenca/pexels)

Bidan dan spesialis laktasi Lizzie Reeves kagum dengan dedikasi para relawan.

“Banyak wanita berkata, ‘Lihat, orangutan tidak memakai kaus.’ Jadi mereka melepaskan kaus dan bra mereka sehingga Mujur benar-benar dapat melihat semuanya,” kata Reeves.

Namun sayangnya, usaha keras para induk itu tidak membuahkan hasil.

Meskipun Mujur menunjukkan perawatan keibuan yang baik terhadap bayi yang baru lahir setelah lahir, ia kesulitan menempatkannya pada posisi yang tepat untuk menyusu, kata pejabat kebun binatang.

Kebun binatang mengatakan bahwa mereka membuat "keputusan sulit" untuk memisahkan bayi kera dari induknya sehingga para pekerja dapat memberinya susu botol selama beberapa minggu sebelum ia dipindahkan ke lembaga spesialis di Inggris yang memiliki pengalaman membesarkan orangutan dengan tangan.

"Meskipun kami berharap untuk hasil yang lebih baik di mana Mujur dapat merawat bayi itu secara efektif, kami juga telah merencanakan skenario ini," kata kebun binatang.

Ayah bayi itu, Sibu, meninggal pada bulan Februari.

Kelahiran bayi kera itu sangat penting karena orangutan adalah spesies yang sangat terancam punah dan betina hanya melahirkan setiap tiga hingga lima tahun untuk satu bayi pada suatu waktu.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #sejumlah #muda #ajarkan #cara #menyusui #pada #orangutan #yang #baru #melahirkan #kebun #binatang #dublin

KOMENTAR