Begini Tanggapan Pemerintah Yaman Soal Teroris AS pada Houthi
White House, Pusat Pemerintah AS/ image by wirestok on freepik/
07:33
20 Januari 2024

Begini Tanggapan Pemerintah Yaman Soal Teroris AS pada Houthi

- Pemerintahan Biden di Amerika Serikat pada Rabu (17/1) memutuskan untuk menunjuk pemberontak Houthi atau Ansharullah dalam daftar sebagian dari teroris global.

Manuver politik yang dilakukan Amerika ditengarai oleh pemerintah Yaman sebagai bagian dukungan mereka kepada Israel yang melakukan genosida di Palestina.

Dilansir dari beberapa sumber, Dewan Politik Tinggi Yaman menegaskan bahwa keputusan Amerika untuk mengklasifikasikan Houthi hanya sebagai bentuk penghambaan mereka kepada entitas Zionis agar terus membunuh warga Palestina.

Dewan berkomentar dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Rabu (17/1), mengenai klasifikasi Ansharullah oleh pemerintah Amerika ke dalam daftar teroris, Dewan Politik Tinggi Yaman mengatakan bahwa, kami di Dewan Politik Tinggi mengikuti keputusan Amerika untuk mengklasifikasikan Ansharullah ke dalam bagian dari daftar teroris bagi mereka.

Dewan Politik Tinggi Yaman menambahkan bahwa, keputusan Amerika untuk menunjuk Ansar Allah sebagai teroris merupakan bentuk mengabdi pada entitas Zionis, hal ini membuat rezim Zionis terus membunuh warga Palestina.

Menurut Yaman, dukungan Amerika tidak akan menghalangi Yaman untuk menjalankan kewajiban agama, kemanusiaan, dan moral mereka dalam mendukung orang-orang Palestina yang tertindas.

Dewan menganggap keputusan klasifikasi teroris oleh Amerika hanya akan menambah efektivitas dan dampak positif bagi Yaman yang bertujuan menghentikan agresi Zionis dan memberikan bantuan yang cukup kepada rakyat Gaza.

Dewan menekankan bahwa keputusan klasifikasi teroris Amerika tidak akan efektif di lapangan serta tidak akan mematahkan semangat Republik Yaman dari pendiriannya yang tegas dalam mendukung rakyat Palestina, martabat Yaman, dan kesucian Islam.

Klasifikasi teroris terhadap Ansharullah oleh Amerika justru hanya akan meningkatkan ketabahan dan soliditas bagi rakyat Yaman.

Pernyataan Dewan Politik Tertinggi Yaman menunjukkan bahwa klasifikasi teroris oleh Amerika akan meningkatkan dukungan rakyat Yaman terhadap kepemimpinan Anshar Allah.

Dewan Politik Tertinggi Yaman menyerukan badan-badan internasional serta mereka yang bekerja di bidang kemanusiaan dan hukum, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, untuk memikul tanggung jawab mereka terhadap isu ini, serta dampaknya.

Pernyataan Dewan tersebut juga meminta seluruh umat Islam untuk mengutuk dan menentang keputusan Amerika ini dan bekerja sama di semua tingkatan untuk mengusir Amerika dari wilayah Laut Merah.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #begini #tanggapan #pemerintah #yaman #soal #teroris #pada #houthi

KOMENTAR