Latihan Gabungan Bersama Militer Super Garuda Shield Berlangsung Mulai 26 Agustus di Jawa & Sumatra
Seorang Marinir AS dan tentara Singapura mengambil posisi saat operasi pendaratan amfibi pada latihan militer multinasional Super Garuda Shield di Situbondo, Jawa Timur, Indonesia, Minggu, 10 September 2023. (AP Photo/Trisnadi) 
12:00
13 Agustus 2024

Latihan Gabungan Bersama Militer Super Garuda Shield Berlangsung Mulai 26 Agustus di Jawa & Sumatra

- TNI dan negara ASEAN lainnya akan melakukan latihan militer bersama dengan Amerika Serikat dalam Super Garuda Shield) pada 26 Agustus mendatang.

Militer Filipina juga akan berpartisipasi dalam Super Garuda Shield, sebuah latihan militer gabungan yang dipimpin oleh Indonesia dan Amerika Serikat.

"Acara latihan militer bersama itu besar-besaran antara lain untuk menghadapi semakin agresifnya militer China akhir-akhir ini di berbagai tempat termasuk memasuki wilayah Jepang juga," ungkap sumber Tribunnews.com di kalangan tentara Jepang, Selasa (13/8/2024).

Tahun ini, dijadwalkan akan diadakan di Jawa dan Sumatra, dari 26 Agustus hingga 6 September.

Diperkirakan latihan militer ini akan menjadi yang terbesar yang pernah ada, dengan total 19 negara termasuk pengamat yang akan berpartisipasi.

Latihan bersama militer AS itu juga akan dilakukan di Laut China Selatan, negara-negara Barat memperkuat kerja sama dengan Vietnam.

Sebelumnya Kapal Penjaga Pantai Vietnam melakukan pelatihan bersama dengan Pasukan Penjaga Pantai Filipina 9 Agustus lalu di Laut Cina Selatan.

"Tujuannya adalah untuk menahan China, yang memperkuat gerakan hegemoniknya di daerah tersebut," ujarnya.

Angkatan Udara Filipina melakukan latihan bersama dengan Amerika Serikat, Kanada dan Australia di Laut China Selatan pada 7 dan 8 Agustus.

Ini adalah pertama kalinya keempat negara itu bekerjasama aktif dalam latihan militer bersama, dan pejabat senior militer mengeluarkan pernyataan bersama yang mengatakan mereka "menegaskan kembali hak mereka atas kebebasan navigasi sesuai dengan hukum internasional."

Pasukan Penjaga Pantai Filipina juga melakukan pelatihan pencarian dan penyelamatan di Laut China Selatan bersama Pasukan Penjaga Pantai Vietnam untuk pertama kalinya pada tanggal 9 September.

Filipina dan China sepakat untuk menangguhkan beberapa klaim teritorial mereka dan untuk mendorong hubungan kerja sama mereka melawan China, meskipun ada beberapa tumpang tindih di wilayah laut.

China kalah terhadap tuntutan Filipina dalam mahkamah internasional terkait bagian Filipina di Laut China Selatan.

Namun sampai detik ini setelah beberapa tahun keputusan tersebut, China sama sekali tidak mengindahkan keputusan Mahkamah Internasional di Belanda tersebut.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #latihan #gabungan #bersama #militer #super #garuda #shield #berlangsung #mulai #agustus #jawa #sumatra

KOMENTAR