Tidak Hanya AS, Inggris juga Memohon agar Iran Batal Serang Israel: Perang Tak Untungkan Siapa pun
Ilustrasi - Sistem persenjataan Iran dilaporkan tengah disiapkan untuk membalas serangan Israel. Inggris meminta Iran untuk menahan diri dari menyerang Israel, sebut perang tidak menguntungkan siapa pun. 
11:30
13 Agustus 2024

Tidak Hanya AS, Inggris juga Memohon agar Iran Batal Serang Israel: Perang Tak Untungkan Siapa pun

- Perdana Menteri Inggris, Keir Starmer, meminta Iran untuk tidak menyerang Israel.

Permohonan Inggris ini disampaikan Keir Starmer selama panggilan telepon selama 30 menit dengan Presiden Iran Masoud Pezeshkian, Senin (12/8/2024).

Iran diketahui bersumpah akan memberikan 'hukuman keras' bagi Israel atas pembunuhan Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh di Teheran pada 31 Juli 2024 lalu.

"Perdana Menteri mengatakan bahwa ia sangat prihatin dengan situasi di kawasan tersebut dan meminta semua pihak untuk meredakan ketegangan dan menghindari konfrontasi regional lebih lanjut," kata Kantor PM Inggris dalam sebuah pernyataan, Senin, dilansir AP News.

"Ia meminta Iran untuk menahan diri dari menyerang Israel, seraya menambahkan bahwa perang tidak menguntungkan siapa pun," jelasnya.

Starmer juga menekankan komitmennya untuk gencatan senjata segera, pembebasan semua sandera dan peningkatan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Ia menambahkan, para pihak harus fokus pada negosiasi diplomatik untuk mencapai tujuan ini.

PM Inggris juga meminta Iran untuk memberikan perawatan medis yang diperlukan kepada setiap tahanan asing.

Kedua pemimpin sepakat bahwa dialog konstruktif antara Inggris dan Iran merupakan kepentingan kedua negara.

Starmer mengatakan, hal ini hanya dapat terjadi jika Iran menghentikan "tindakan yang mengganggu stabilitas, termasuk ancaman terhadap individu di Inggris" dan tidak memberikan bantuan lebih lanjut terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

Permintaan Joe Biden

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden juga telah memperingatkan Iran tentang kemungkinan serangan balasan terhadap Israel di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah, Sabtu (10/8/2024).

"Jangan," kata Biden kepada wartawan, saat ditanya: "Apa pesan Anda kepada Iran?"

Diberitakan Anadolu Agency, Joe Biden mengeluarkan peringatan yang sama pada April 2024, sebelum Iran melakukan serangan roket dan pesawat tak berawak terhadap Israel sebagai balasan atas serangan udara pada tanggal 1 April terhadap fasilitas diplomatiknya di Ibu Kota Suriah, Damaskus.

Serangan itu menewaskan tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran, termasuk dua jenderal tinggi.

Ketegangan meningkat di Timur Tengah menyusul pembunuhan kepala politik Hamas, Ismail Haniyeh, pada 31 Juli 2024 di Ibu Kota Iran, Teheran, dan pembunuhan komandan senior Hizbullah, Fuad Shukr, oleh Israel di Beirut.

Hamas dan Iran menuduh Israel melakukan pembunuhan terhadap Haniyeh.

Namun, Tel Aviv belum mengonfirmasi atau membantah bertanggung jawab.

Hizbullah, kelompok Lebanon, juga diperkirakan akan membalas setelah Israel membunuh Shukr dalam serangan udara di pinggiran selatan Beirut pada 30 Juli 2024.

Update Perang Israel-Hamas

Dikutip dari Al Jazeera, setidaknya 10 orang tewas dan beberapa lainnya terluka dalam serangan Israel semalam terhadap sebuah rumah di daerah Abasan al-Kabira di timur Khan Younis, kantor berita Wafa melaporkan.

Militer Israel mengatakan pihaknya sedang menyelidiki pernyataan sayap bersenjata Hamas yang mengumumkan kematian seorang tawanan Israel di Gaza dan terlukanya dua lainnya dalam insiden terpisah.

Warga Palestina mencari orang-orang terkasih di puing-puing tenda dan berpindah rumah, menyusul serangan militer Israel di kamp pengungsi internal (IDP) al-Mawasi, dekat kota Khan Yunis, Jalur Gaza selatan pada 13 Juli 2024. Warga Palestina mencari orang-orang terkasih di puing-puing tenda dan berpindah rumah, menyusul serangan militer Israel di kamp pengungsi internal (IDP) al-Mawasi, dekat kota Khan Yunis, Jalur Gaza selatan pada 13 Juli 2024. (AFP/BASHAR TALEB)

Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengatakan Amerika Serikat dan beberapa negara Barat telah mendorong Israel untuk melanjutkan kejahatannya di Gaza melalui "ketidakpedulian dan dukungan", kantor berita Iran Mehr melaporkan.

Hamas mendesak AS, Qatar, dan Mesir untuk menyerahkan rencana guna melaksanakan usulan gencatan senjata yang diajukan Presiden AS Joe Biden, alih-alih mengadakan “lebih banyak putaran negosiasi” dan membahas usulan baru untuk Gaza.

Pasukan Israel telah menewaskan 42 warga Palestina di Jalur Gaza dalam 24 jam terakhir, termasuk 10 orang di selatan Khan Younis, tempat operasi militer baru telah memaksa puluhan ribu warga Palestina meninggalkan rumah mereka.

Sayap bersenjata Hamas, Brigade Qassam, mengatakan bahwa seorang tawanan Israel tewas di Gaza dan dua tawanan wanita lainnya menderita luka serius dalam insiden terpisah.

Dewan Keamanan PBB akan mengadakan sesi darurat untuk membahas perang Israel menyusul serangan Israel terhadap sekolah di Kota Gaza yang menewaskan lebih dari 100 warga Palestina.

Ini akan menjadi sesi khusus DK PBB yang ke-24 sejak perang di Gaza dimulai pada 7 Oktober 2023.

Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin Prancis, Jerman, Italia, dan Inggris telah mendesak Iran untuk "menghentikan" ancaman tindakan pembalasan terhadap Israel, menyusul pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran dan komandan Hizbullah Fuad Shukr di Beirut.

Presiden Iran Masoud Pezeshkian, dalam panggilan telepon dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz, menegaskan kembali “hak Iran untuk menanggapi agresor” dan mengatakan negaranya “tidak akan pernah menyerah pada tekanan, sanksi, dan intimidasi”.

Yordania telah menepis klaim Israel bahwa Korps Garda Revolusi Iran dan pejuang Hamas di Lebanon menggunakan wilayahnya untuk menyelundupkan senjata ke Tepi Barat yang diduduki, dengan mengatakan bahwa "tidak ada disinformasi" yang disampaikan oleh pejabat Israel yang dapat mengubah fakta bahwa perangnya di Gaza adalah "ancaman terbesar bagi keamanan regional".

Setidaknya 39.897 orang tewas dan 92.152 orang terluka dalam perang Israel di Gaza.

Diperkirakan 1.139 orang tewas di Israel selama serangan yang dipimpin Hamas pada tanggal 7 Oktober dan lebih dari 200 orang ditawan.

(Tribunnews.com/Nuryanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina Vs Israel

Editor: Whiesa Daniswara

Tag:  #tidak #hanya #inggris #juga #memohon #agar #iran #batal #serang #israel #perang #untungkan #siapa

KOMENTAR