Inspiratif! Putus Sekolah di Umur 15, Wanita Ini Berhasil Jadi Dokter di Usia 41 Tahun
ilustrasi dokter dan perawat [shutterstock]
16:52
12 Agustus 2024

Inspiratif! Putus Sekolah di Umur 15, Wanita Ini Berhasil Jadi Dokter di Usia 41 Tahun

Seorang wanita yang putus sekolah pada usia 15 tahun akhirnya belajar untuk GED (dikenal di Inggris sebagai GCSE)—dan sekarang telah lulus sebagai dokter pada usia 41 tahun.

Ia ingat merasa muak dan lelah dengan orang-orang yang mengatakan kepadanya bahwa ia tidak dapat melakukan sesuatu karena ia putus sekolah. Sekarang, Dr. Becs Bradford secara resmi memegang gelar Kedokteran dari Universitas Bristol.

“Saya tidak tahu apakah saya hanya sedikit berkhayal, tetapi saya benar-benar percaya bahwa jika Anda sungguh-sungguh, Anda dapat 100% melakukan hal-hal gila yang selalu Anda impikan,"

“Ketika saya masih muda, saya terus-menerus diberitahu bahwa saya tidak akan menjadi apa-apa, bahwa saya bodoh,"

Baca Juga: Profil dr Tirta, Jadi Trending Topic Usai Dikaitkan dengan Akun Sepak Bola Irak

“Saya ingin membuktikan bahwa orang-orang seperti saya memang pantas mendapatkan hal-hal baik, bahwa mereka dapat memperoleh pekerjaan yang memuaskan dan bergaji tinggi.”

Ayah Becs jatuh dari tangga dan lumpuh ketika Becs baru berusia 12 tahun, dan keluarganya kehilangan rumah mereka. Tak lama kemudian, Becs berakhir di panti asuhan.

Meskipun awalnya sulit, Becs menjadi pekerja keras di berbagai bidang sebagai pramugari, pelatih pribadi, dan tenaga penjualan. Namun, ia tahu ada hal lain yang menantinya, dan ketika ia menyadari bahwa ia ingin menjadi dokter, ia berkata, "Semuanya berjalan lancar".

Ilustrasi dokter dan pasien. (Shutterstock)Ilustrasi dokter dan pasien. (Shutterstock)

Pada usia 35 tahun, ia membeli buku-buku yang dibutuhkan untuk belajar mandiri untuk mata kuliah matematika dan sains SMA-nya dan memperoleh tempat di kursus pra-kedokteran yang ditempuhnya dengan berkendara pulang pergi selama enam jam, semuanya sambil bekerja di tiga pekerjaan.

Becs berhasil dalam kursus tersebut, tetapi ia sangat terpukul ketika ia ditolak oleh semua universitas yang dilamarnya, hingga ia menerima tawaran dari Universitas Bristol. Meskipun mendapat dukungan finansial dari Universitas, ia tetap mengajar kelas kebugaran tujuh hari seminggu dan bekerja sebagai asisten perawat selama 12 jam di akhir pekan.

Baca Juga: Makin Serius Berbisnis, Ririn Dwi Arianti dan Dokter Siska Khair Bikin Minuman Pelangsing

Ia sering bangun pukul 4 pagi untuk belajar, didorong oleh keinginannya untuk membantu orang lain. "Saya hanya memiliki kesadaran batin bahwa inilah yang seharusnya saya lakukan dalam hidup saya".

Kini Dr. Bradford menggunakan pengalaman hidupnya untuk lebih memahami pasien, dan membimbing orang-orang dari 'latar belakang non-tradisional seperti saya' untuk berjuang meraih kesuksesan mereka sendiri.

“Saya ingin menjadi panutan bagi orang-orang seperti saya. Saya ingin menunjukkan kepada mereka bahwa Anda berharga, dan bahwa tidak masalah dari mana Anda berasal—bahwa itu bisa dilakukan. Orang-orang di sepanjang jalan akan mengatakan itu tidak bisa, tetapi Anda harus mengabaikan mereka."

Profesor Tansy Jessop, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Mahasiswa di University of Bristol, ingin dia tahu bahwa Universitasnya sangat bangga padanya.

“Becs telah mencapai begitu banyak hal, dan sering kali melawan segala rintangan. Dia tidak hanya inspiratif, tetapi kisahnya menunjukkan kekuatan transformatif pendidikan.”

“Rasanya sangat tidak nyata untuk lulus setelah bertahun-tahun! Rasanya benar-benar seperti mimpi yang menjadi kenyataan,"

“Saya bangga pada diri saya sendiri karena tidak pernah menyerah di sepanjang jalan dan saya berharap perjalanan saya dapat menginspirasi orang lain untuk mengikuti kata hati mereka dengan cara yang sama,"

“Tidak masalah kapan Anda sampai di sana, jangan pernah menyerah pada diri sendiri!”

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #inspiratif #putus #sekolah #umur #wanita #berhasil #jadi #dokter #usia #tahun

KOMENTAR