Capek Kerja, Wanita 38 Tahun 'Pensiun Dini' di Panti Jompo
Ilustrasi wanita memikirkan uang [Pexels/Grabowska]
08:28
11 Agustus 2024

Capek Kerja, Wanita 38 Tahun 'Pensiun Dini' di Panti Jompo

Yang, seorang wanita Tiongkok berusia 38 tahun tinggal di panti jompo setelah jatuh sakit karena terlalu banyak bekerja dan mencari cara untuk menjalani kehidupan yang lebih 'lambat' dan tenang.

Wanita bernama Yang ini telah bekerja sebagai penulis skenario di industri film dan televisi selama 11 tahun ketika jadwal yang padat dan volume pekerjaan yang sangat banyak mulai mengganggu kesehatannya. Awal tahun ini, ia jatuh sakit dan perlu dirawat di rumah sakit. Dokter mengatakan kepadanya bahwa ia harus bersikap santai atau ia akan mengalami masalah kesehatan yang lebih serius, jadi wanita berusia 38 tahun itu memutuskan untuk mencari cara untuk memperlambat kehidupannya.

Kedua orang tuanya telah meninggal dunia dan ia tidak memiliki keluarga dekat lainnya, jadi ia mulai mencari tempat di mana ia bisa bersantai dan memulihkan diri. Saat menjelajahi internet untuk mencari jawaban, ia membaca tentang panti jompo dan tentang betapa tenang dan lambatnya kehidupan di sana, jadi ia memutuskan untuk mencobanya sendiri.

"Ada dua alasan mengapa saya memilih panti jompo daripada hotel," kata Yang kepada 6Park News. “Pertama, saya sangat penasaran dengan panti jompo dan ingin tahu seperti apa panti itu dan apakah panti itu membosankan seperti yang dikatakan banyak orang; kedua, karena saya sakit, saya berharap punya tempat untuk beristirahat, mendapatkan perawatan medis dasar, dan makan makanan sehat.”

Baca Juga: Gazalba Saleh Lunasi Cicilan Rumah Teman Wanita, Hari Ini Jaksa KPK Boyong Saksi Fify Mulyani ke Sidang

“Saya sering begadang di tempat kerja pada pekerjaan saya sebelumnya, dan saya sering tidak bisa tidur nyenyak,” wanita berusia 38 tahun itu menambahkan. “Tahun lalu, saya dirawat di rumah sakit selama sebulan karena terlalu banyak bekerja. Setelah itu, saya ingin menjalani hidup yang baik, bersantai, dan mencari tempat untuk memulihkan diri. Pekerjaan dan istirahat saya sekarang sangat teratur. Saya tidur sekitar pukul 9 malam, tetapi saya bangun sangat pagi. Saya membaca buku, menulis novel, dan menulis memoar untuk orang tua setiap hari. Saya tidak merasa kesepian atau bosan di panti jompo.

Ilustrasi wanita tersenyum (unsplash.com/Lala Azizli)Ilustrasi wanita tersenyum (unsplash.com/Lala Azizli)

Setelah menghabiskan tiga bulan terakhir di panti jompo yang dikelilingi oleh orang-orang berusia 102 tahun, ia mengatakan bahwa ia telah memperoleh perspektif baru tentang kehidupan. Dia telah beradaptasi dengan kehidupan yang tenang di rumah sementaranya dan menikmati hari-harinya dengan membaca, menulis, dan berbicara dengan penghuni lainnya. Dia juga belajar untuk tidak terlalu memikirkan masa depan dan menjalani hidup sehari demi sehari.

Ketika ditanya apakah dia berencana untuk tinggal di panti jompo selama sisa hidupnya, wanita berusia 38 tahun itu mengatakan bahwa dia berencana untuk meninggalkan panti jompo pada suatu saat, tetapi dia tidak tahu persis kapan itu akan terjadi. Untuk saat ini, dia masih menikmati kedamaian dan ketenangan di Panti Jompo Yisenlin di Kota Jilin. Ditambah lagi, dia membantu salah satu penghuni lansia di sana menulis memoarnya, yang mungkin akan memakan waktu cukup lama, jadi dia belum berencana untuk meninggalkannya dalam waktu dekat.

Pengalaman Ibu Yang tinggal di panti jompo menjadi viral setelah dia mulai mengunggah klip-klip kehidupannya di sana di Douyin (TikTok versi Tiongkok), yang mendapat lebih banyak perhatian daripada yang pernah dia bayangkan. Dia tidak pernah mengira ada orang yang akan menganggap ceritanya menarik, tetapi dia telah dibanjiri pertanyaan dari orang-orang yang bahkan lebih muda darinya sejak dia mulai mengunggah video.

Meskipun banyak yang mengaku terinspirasi oleh pengalaman Yang, ada juga yang menyebut kisahnya sebagai kisah peringatan tentang budaya kerja berlebihan di Tiongkok dan bagaimana budaya tersebut dapat mendorong orang-orang untuk kelelahan di usia yang relatif muda.

Baca Juga: 6 Ciri-ciri Miss V Wanita Berjamur, Mulai dari Gatal hingga Keputihan

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #capek #kerja #wanita #tahun #pensiun #dini #panti #jompo

KOMENTAR