Helikopter Jatuh di Nepal, 4 Turis China dan Pilot Tewas
Ilustrasi kecelakaan helikopter. [ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/Spt]
21:32
7 Agustus 2024

Helikopter Jatuh di Nepal, 4 Turis China dan Pilot Tewas

Sebuah helikopter jatuh di Nepal tengah pada hari Rabu, menewaskan lima orang di dalamnya termasuk pilot dan empat turis Tiongkok.

Nepal memiliki rekam jejak buruk dalam keselamatan penerbangan dan republik Himalaya ini telah menyaksikan serentetan kecelakaan pesawat ringan dan helikopter yang mematikan selama beberapa dekade.

Helikopter Air Dynasty sedang menuju ke Syabrubesi, titik awal bagi banyak rute trekking yang populer di kalangan wisatawan, dari ibu kota Kathmandu.

Pesawat tersebut kehilangan kontak sekitar tiga menit setelah lepas landas, menurut siaran pers dari Otoritas Penerbangan Sipil, dan jatuh di distrik Nuwakot di utara ibu kota.

Baca Juga: Harga Helikopter Bell 505 yang Jatuh di Bali Gegara Terlilit Tali Layangan

Helikopter lain segera dikirim ke lokasi kecelakaan untuk diselamatkan, katanya.

“Kelima orang di dalamnya termasuk pilot tewas,” kata juru bicara polisi Dan Bahadur Karki kepada AFP.

Petugas distrik Nuwakot Ram Krishna Adhikari mengatakan lima mayat telah diangkat dari lokasi kecelakaan.

“Itu jatuh di kawasan hutan di lereng bukit. Kami belum tahu penyebab atau bagaimana kejadiannya,” ujarnya dari lokasi jatuhnya pesawat.

Adhikari mengatakan bahwa personel polisi dan tentara dikerahkan setelah penduduk setempat memberi tahu dia tentang kecelakaan dan kebakaran di lokasi tersebut.

Baca Juga: Helikopter Bali Heli Tour Jatuh, 5 Orang Termasuk Pilot dan Kru Selamat

Industri penerbangan Nepal telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, membawa barang dan orang dari daerah yang sulit dijangkau serta trekker dan pendaki asing.

Namun tempat ini terganggu oleh keamanan yang buruk karena kurangnya pelatihan dan pemeliharaan, ditambah lagi dengan kondisi geografis pegunungan Nepal yang berbahaya.

Republik Himalaya ini memiliki beberapa landasan pacu yang paling terpencil dan rumit di dunia, diapit oleh puncak-puncak yang tertutup salju dengan pendekatan yang menimbulkan tantangan bahkan bagi pilot ulung sekalipun.

Uni Eropa telah melarang semua maskapai penerbangan Nepal memasuki wilayah udaranya karena alasan keamanan.

Insiden hari Rabu ini terjadi dua minggu setelah kecelakaan pesawat di Kathmandu yang menewaskan 18 penumpang kecuali pilotnya.

Enam orang, termasuk lima anggota keluarga Meksiko, tewas ketika sebuah helikopter jatuh segera setelah lepas landas di wilayah Everest pada tahun 2023.

Menteri Pariwisata Nepal Rabindra Adhikari termasuk di antara tujuh orang yang tewas dalam kecelakaan helikopter pada tahun 2019.

Insiden besar terakhir di negara itu yang melibatkan penerbangan komersial terjadi pada Januari 2023 ketika layanan Yeti Airlines jatuh saat mendarat di Pokhara, menewaskan 72 orang di dalamnya.

Ini adalah kejadian paling mematikan di Nepal sejak tahun 1992 ketika seluruh 167 orang yang berada di dalam pesawat Pakistan International Airlines tewas ketika pesawat tersebut jatuh saat mendekati bandara Kathmandu.

Sebuah pesawat Thai Airways jatuh di dekat bandara yang sama pada awal tahun itu, menewaskan 113 orang.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #helikopter #jatuh #nepal #turis #china #pilot #tewas

KOMENTAR