Perang Multi-Front? Israel Bersiap Hadapi Ancaman Balas Dendam Iran dan Sekutunya
Bendera Israel dan Iran [Foto: Dok]
17:32
5 Agustus 2024

Perang Multi-Front? Israel Bersiap Hadapi Ancaman Balas Dendam Iran dan Sekutunya

Israel sudah terlibat dalam “perang multi-front” dengan Iran dan proksinya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada pertemuan Kabinet pada hari Minggu, ketika Amerika Serikat dan sekutunya bersiap untuk membela Israel dari serangan balasan yang diperkirakan akan terjadi dan mencegah konflik regional yang lebih merusak. .

Ketegangan meningkat setelah hampir 10 bulan perang di Gaza dan pembunuhan seorang komandan senior Hizbullah di Lebanon dan pemimpin politik utama Hamas di Iran pekan lalu. Iran dan sekutunya menyalahkan Israel dan mengancam akan melakukan pembalasan. Hamas mengatakan pihaknya telah memulai diskusi mengenai pemilihan pemimpin baru.

Netanyahu mengatakan Israel siap dengan skenario apa pun. Menteri Luar Negeri Yordania melakukan perjalanan yang jarang terjadi ke Iran sebagai bagian dari upaya diplomatik – “Kami ingin eskalasi ini diakhiri,” kata Ayman Safadi – sementara Pentagon telah memindahkan aset-aset yang signifikan ke wilayah tersebut.

Benjamin Netanyahu. (Foto: AFP)Benjamin Netanyahu. (Foto: AFP)

“Kami melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan situasi ini tidak meluas,” kata wakil penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jon Finer kepada ABC.

Baca Juga: Serangan Israel Tewaskan 18 Korban di Gaza, Warga Palestina Tikam 2 Orang di Tel Aviv

Di Israel, beberapa orang menyiapkan tempat berlindung dari bom dan mengenang serangan militer langsung Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya pada bulan April menyusul dugaan serangan Israel yang menewaskan dua jenderal Iran. Israel mengatakan hampir semua drone serta rudal balistik dan jelajah berhasil dicegat.

Serangan penikaman pada hari Minggu di dekat Tel Aviv menewaskan seorang wanita berusia 70-an dan seorang pria berusia 80 tahun, menurut layanan penyelamatan Magen David Adom Israel, dan dua lainnya terluka. Polisi mengatakan serangan itu dilakukan oleh seorang militan Palestina, yang telah “dinetralkan”.

Di Gaza, Kementerian Kesehatan mengatakan sedikitnya 25 orang tewas dan 19 lainnya luka-luka ketika Israel menyerang dua sekolah di Kota Gaza. Video AP menunjukkan setidaknya satu anak termasuk di antara korban tewas. Militer Israel, yang sering menuduh militan Palestina berlindung di kawasan sipil, mengatakan serangan itu menyerang pusat komando Hamas.

“Seperti yang Anda lihat, tidak ada peralatan untuk memulihkan korban cedera. Tim penyelamat menggali dengan tangan mereka,” kata seorang pria, Yusuf Al-Mashharawi.

Sebelumnya, serangan Israel menewaskan sedikitnya 18 orang. Satu serangan menghantam tenda tenda ribuan pengungsi Palestina di halaman Rumah Sakit Martir Al-Aqsa, menewaskan empat orang, termasuk seorang wanita, kata Kementerian Kesehatan. Militer Israel mengatakan pihaknya menargetkan seorang militan Palestina dalam serangan tersebut, yang menurut mereka menyebabkan ledakan susulan, “menunjukkan adanya persenjataan di daerah tersebut.”

Baca Juga: Teror di Dekat Tel Aviv Tewaskan 2 Lansia, Tersangka Warga Palestina 'Dinetralkan'

Rumah sakit di Deir al-Balah adalah fasilitas medis utama yang beroperasi di Gaza tengah karena banyak rumah sakit lain di wilayah tersebut tidak lagi berfungsi. Serangan terpisah di sebuah rumah dekat Deir al-Balah menewaskan seorang gadis dan orang tuanya, menurut rumah sakit.

Serangan lain meratakan sebuah rumah di Gaza utara, menewaskan sedikitnya delapan orang, termasuk tiga anak, orang tua dan nenek mereka, menurut Kementerian Kesehatan. Tiga orang lainnya tewas dalam serangan terhadap sebuah kendaraan di Kota Gaza, menurut responden pertama Pertahanan Sipil.

Militan Palestina di Gaza menembakkan setidaknya lima proyektil ke komunitas Israel di dekat perbatasan tanpa menimbulkan korban atau kerusakan, kata militer. Militer kemudian memerintahkan orang-orang di beberapa bagian kota Khan Younis di Gaza selatan untuk mengungsi.

Kementerian Kesehatan juga mengatakan serangan Israel pada hari Sabtu di sebuah sekolah yang berubah menjadi tempat penampungan di Kota Gaza menewaskan sedikitnya 16 orang. Militer Israel mengatakan pihaknya menyerang pusat komando Hamas.

Perang di Gaza dipicu oleh serangan Hamas pada 7 Oktober ke Israel yang menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 250 orang.

Dokumentasi serangan udara Israel di Kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan pada 15 Januari 2024. [Dok.Antara]Dokumentasi serangan udara Israel di Kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan pada 15 Januari 2024. [Dok.Antara]

Serangan besar-besaran Israel sebagai respons telah menewaskan sedikitnya 39.580 warga Palestina, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, yang tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan. Serangan udara besar-besaran dan operasi darat telah menyebabkan kehancuran yang luas dan membuat sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza terpaksa mengungsi, seringkali berkali-kali lipat.

Kelompok militan Hizbullah dan Israel terus saling baku tembak di sepanjang perbatasan Lebanon sejak perang dimulai, dan tingkat keparahannya semakin meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Kantor Berita Nasional Lebanon mengatakan serangan Israel menargetkan sebuah rumah di Beit Lef, dan Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan dua orang terluka parah.

Hizbullah mengatakan hal itu bertujuan untuk mengurangi tekanan terhadap sekutunya yang didukung Iran, Hamas. Semakin banyak negara, termasuk Amerika Serikat, yang mendorong warganya untuk meninggalkan Lebanon setelah pembunuhan seorang komandan senior pada pekan lalu.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #perang #multi #front #israel #bersiap #hadapi #ancaman #balas #dendam #iran #sekutunya

KOMENTAR