IDF Klaim Bunuh Elite Jihad Islam Wael Abu Fanounah Lewat Serangan Udara di Gaza
Wakil Kepala Unit Propaganda Jihad Islam, Wael Abu-Fanounah yang diklaim IDF dan Shin Bet telah dibunuh lewat serangan udara di Gaza pada Kamis (18/1/2024). 
17:10
19 Januari 2024

IDF Klaim Bunuh Elite Jihad Islam Wael Abu Fanounah Lewat Serangan Udara di Gaza

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan Pasukan Pengamanan Israel, Shin Bet, mengklaim telah membunuh salah satu elite dari ogranisasi Jihad Islam, Wael Abu Fanounah, lewat serangan udara di Gaza pada Kamis (18/1/2024) kemarin.

Dikutip dari Times of Israel, IDF dan Shin Bet mengatakan Abu Fanounah merupakan kepala deputi unit propaganda Jihad Islam.

Tak sampai di situ, selain mengklaim telah membunuh Abu Fanounah, IDF dan Shin Bet juga menyebut telah menemukan senjata di sebuah bangunan di Gaza Tengah setelah roket ditembakkan ke arah pasukan dari daerah tersebut.

Selain di Gaza tengah, IDF juga mengatakan bahwa pasukan cadangan Brigade ke-5 bertempur dan mengklaim telah membunuh beberapa anggota Hamas.

Sebagai informasi, Abu Fanounah sebenarnya sempat ditahan oleh Israel pada 12 Desember 1989 lalu, dikutip dari The Jerusalem Post.

Dia dijatuhi tiga kali hukuman penjara seumur hidup terkait aktivitasnya di Jihad Islam.

Namun, dirinya dibebaskan pada tahun 2011 sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran tahanan Gilad Schalit.

Setelah bebas, Abu Fanounah menjabat sebagai wakil Khalil al-Haya atau Khalil Bahtini pada tahun 2017.

Lalu, dia naik pangkat dengan menjadi wakil kepala unit propaganda Jihad Islam.

Abu Fanounah merupakan sosok yang bertanggung jawab untuk memproduksi video teror soal serangan roket ke Israel serta membuat dan menyebarkan video tawanan Israel sebagai bagian dari perang psikologis yang dilakukan oleh kelompok di Gaza terhadap penduduk Israel.

Israel Lanjutkan Serangan, Tewaskan 11 Warga Palestina

Serangan Israel terus berlanjut setelah sebelumnya sempat dilaporkan bahwa pasukan militernya telah mundur dari Gaza pada Kamis (18/1/2024).

Namun, ternyata, hal tersebut dinilai hanya sebagai taktik dari Israel untuk melancarkan serangannya lagi.

Terbaru, dikutip dari Reuters, pasukan Israel justru menyerang Tepi Barat lewat sebuah operasi yang dilakukan sejak dua hari sejak Rabu (17/1/2024).

Akibat serangan tersebut, 11 warga Palestina dilaporkan tewas.

Tak hanya di Tepi Barat, Kementerian kesehatan Palestina mengungkapkan adanya pria berusia 27 tahun yang ditembak mati di kamp pengungsi Nur Shams di Tepi Tulkarem pada Kamis (18/1/2024).

Adapun pria tersebut bukanlah anggota Hamas maupun berasal dari militer Israel.

"Dia adalah warga sipil yang tidak terlibat perang," kata pejabat setempat, Rami Elyan, dikutip dari media Palestina, Wafa.

IDF juga mengatakan pasukannya telah membunuh delapan orang dalam operasi di Tulkarem.

Adapun operasi yang berlangsung selama 35 jam itu, disebut IDF, adalah upaya menemukan alat peledak yang ditanam di jalan.

Sementara seorang warga mengatakan sebuah buldoser telah digunakan di Nur Shams dan rekaman dari AFP menunjukkan anak-anak bermain di reruntuhan rumah yang hancur bersamaan degnan tembok runtuh dan puing-puing di sekelilingnya.

"Kami tidak akan meninggalkan kamp. Ini kamp kami," kata warga tersebut.

Sebagai informasi, hingga Kamis kemarin, Kementerian Kesehatan Gaza mengumumkan korban tewas akibat agresi Israel di Gaza mencapai 24.448 orang dan korban luka berjumlah 61.504 orang.

Selain itu, di Tepi Barat, sebanyak 354 orang dinyatakan tewas dan ada lebih dari 4.000 orang luka-luka.

Tak hanya warga sipil, jurnalis pun turut menjadi korban tewas dengan jumlah 93 orang.

Berdasarkan laporan dari Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ) dan Federasi Jurnalis Internasional (IFJ), ada 86 jurnalis Palestina, tiga jurnalis Lebanon, dan empat jurnalis Israel yang tewas terbunuh.

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto)

Artikel lain terkait Konflik Palestina vs Israel

Editor: Febri Prasetyo

Tag:  #klaim #bunuh #elite #jihad #islam #wael #fanounah #lewat #serangan #udara #gaza

KOMENTAR