Vatikan Tanggapi Pelecehan Perjamuan Terakhir di Olimpiade Paris, Kritik Kebebasan Berekspresi yang Kelewatan
Ilustrasi pusat kota Vatikan (Shutterstock).
16:40
4 Agustus 2024

Vatikan Tanggapi Pelecehan Perjamuan Terakhir di Olimpiade Paris, Kritik Kebebasan Berekspresi yang Kelewatan

Vatikan pada hari Sabtu memecah kebisuannya selama ini atas pertunjukan drag kontroversial yang mengejek lukisan ikonik “Perjamuan Terakhir” Leonardo da Vinci selama upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 minggu lalu.

Segmen upacara tanggal 26 Juli secara kontroversial menggantikan adegan alkitabiah tentang Yesus Kristus dan para rasulnya yang berbagi makanan terakhir sebelum penyalibannya dengan waria, seorang model transgender dan penyanyi yang berpakaian seperti Dionysus, dewa anggur dan kesenangan Yunani.

Vatikan mengatakan bahwa pertunjukan tersebut, yang memicu kemarahan global, menunjukkan kurangnya “rasa hormat terhadap orang lain.”

“Tahta Suci merasa sedih dengan pemandangan tertentu pada upacara pembukaan Olimpiade Paris dan ikut serta dalam suara-suara yang muncul dalam beberapa hari terakhir untuk menyesalkan pelanggaran yang dilakukan terhadap banyak umat Kristen dan penganut agama lain,” katanya pada malam akhir pekan yang tidak biasa. jumpa pers.

Baca Juga: Tembus 8 Besar Olimpiade, Saat Gregoria Mariska Tunjung Raih Mimpi Besarnya

“Pada acara bergengsi di mana seluruh dunia berkumpul untuk berbagi nilai-nilai yang sama, tidak boleh ada sindiran yang mengejek keyakinan agama banyak orang. Kebebasan berekspresi, yang jelas tidak dipertanyakan di sini, dibatasi oleh rasa hormat terhadap orang lain,” kata Vatikan.

Paus Fransiskus, Penguasa Vatikan [Foto: ANTARA]Paus Fransiskus, Penguasa Vatikan [Foto: ANTARA]

Pejabat Olimpiade pada awalnya membantah bahwa pertunjukan tersebut didasarkan pada lukisan Da Vinci – namun juru bicara kemudian mengonfirmasi bahwa lukisan tersebut adalah inspirasi direktur artistik Thomas Jolly.

Sekelompok 18 pemain – termasuk tiga dari “Drag Race France” – berpose di belakang meja panjang memanjang dengan Sungai Seine dan Menara Eiffel menjulang sebagai latar belakang.

Di tengahnya ada seorang wanita berpakaian indah dengan hiasan kepala besar berwarna perak yang menyerupai lingkaran cahaya seperti yang digambarkan dalam lukisan Yesus. Dia tersenyum dan membuat bentuk hati dengan tangannya saat teman-temannya menatap kamera sebelum melakukan rutinitas menari.

Para uskup Katolik Perancis dan umat Kristen lainnya menyatakan bahwa pertunjukan tersebut menyinggung. Mantan Presiden Donald Trump mengecam upacara pembukaan tersebut sebagai “aib”.

Baca Juga: Jadwal Main Gregoria Mariska di Olimpiade Hari Ini, Bawa Misi Berat!

Acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 parodikan Acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 parodikan "Perjamuan Terakhir" tuai kecaman (X /Olympics)

Ketua DPR Mike Johnson, (R-La.), Rep. Marjorie Taylor Greene (R-Ga.), Wakil Perdana Menteri Italia Matteo Salvini, anggota parlemen konservatif Eropa Prancis Marion Maréchal dan duta besar Hongaria untuk Vatikan, Eduard Habsburg, juga mengutuk acara.

Penyelenggara Olimpiade Paris mengeluarkan permintaan maaf setelah serangan tersebut dan mengatakan “tidak pernah ada niat untuk menunjukkan rasa tidak hormat kepada kelompok agama mana pun” melainkan untuk “merayakan toleransi masyarakat.”

Salah satu pengisi acara, Hugo Bardin, yang berperan sebagai waria Paloma, mengaku tidak menyesal dengan upacara tersebut.

“Kami dituduh mencoba memaksakan visi kami pada dunia,” kata Bardin. "Kami hanya ingin memberi tahu orang-orang bahwa kami mempunyai tempat di dunia, dan kami mengklaim tempat itu,” Bardin, mantan juara “Drag Race France”, mengatakan kepada Associated Press.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #vatikan #tanggapi #pelecehan #perjamuan #terakhir #olimpiade #paris #kritik #kebebasan #berekspresi #yang #kelewatan

KOMENTAR