Israel Terus Gempur Palestina, Wabah Hepatitis Serang Jalur Gaza: Kondisi Semakin Memburuk
Ilustrasi Karantina rumah saat wabah atau Israel Terus Gempur Palestina, Wabah Hepatitis Serang Jalur Gaza: Kondisi Semakin Memburuk. (Pexels.com/ Josh Hilds)
11:28
31 Juli 2024

Israel Terus Gempur Palestina, Wabah Hepatitis Serang Jalur Gaza: Kondisi Semakin Memburuk

Gempuran terus dilancarkan Israel ke wilayah jalur Gaza, Palestina meski aksi gencatan senjata tersebut sudah dinyatakan melanggar oleh Mahkamah Internasional beberapa waktu lalu.

Ditengah gencatan senjata yang dilakukan Israel, Badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) memberikan kabar terbaru kondisi saat ini di Jalur Gaja.

Dalam pernyataan UNRWA dikutip Rabu (31/7/2024), kondisi kesehatan di Jalur Gaza semakin memburuk setelah ditemukannya wabah hepatitis.

Tercatat hampir 40 ribu kasus hepatitis telah tercatat di Gaza sejak dimulainya perang Israel pada 7 Oktober 2023.

Baca Juga: Konflik Bersenjata Israel - Hizbullah Semakin Panas, WNI Diminta Tinggalkan Lebanon Segera

"Delapan ratus hingga 1.000 kasus hepatitis baru dilaporkan setiap minggu dari pusat kesehatan dan tempat penampungan UNRWA di seluruh Gaza," tambahnya.

"Kondisi sanitasi yang buruk memudahkan penyebaran penyakit termasuk Hepatitis A," kata UNRWA.

Israel telah melanjutkan kampanye militer yang menghancurkan Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023 menyusul serangan Hamas meski ada resolusi Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera.

Selama serangan itu, rumah sakit secara sistematis menjadi sasaran serangan Israel di seluruh daerah kantong itu di mana sedikitnya 39.400 orang telah tewas dan hampir 91 ribu lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Selama sembilan bulan lebih perang Israel berlangsung, sebagian besar wilayah Gaza hancur di tengah blokade yang melumpuhkan makanan, air bersih dan obat-obatan.

Baca Juga: Italia Dilanda Gelombang Panas Ekstrem, 13 Kota Berstatus Darurat

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional (ICJ).

Dalam putusan terakhirnya, ICJ memerintahkan Tel Aviv untuk segera menghentikan operasi militer mereka di selatan kota Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum diserang pada 6 Mei. [Antara].

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #israel #terus #gempur #palestina #wabah #hepatitis #serang #jalur #gaza #kondisi #semakin #memburuk

KOMENTAR