Lebih Besar dari T-Rex? Fosil Dinosaurus Kolosal Ditemukan di Queensland!
Ilustrasi fosil dinosaurus. [CUHK]
17:16
25 Juli 2024

Lebih Besar dari T-Rex? Fosil Dinosaurus Kolosal Ditemukan di Queensland!

Para ilmuwan dan arkeolog telah menemukan sebuah penemuan yang sangat signifikan di Ausralia. Fosil dinosaurus yang diperkirakan hidup sekitar 100 juta tahun lalu telah ditemukan di Formasi Winton, Queensland.

Fosil tersebut merupakan milik dinosaurus sauropoda, herbivora berleher panjang yang merupakan salah satu hewan terbesar yang pernah hidup di Bumi. Spesimen yang ditemukan ini berukuran sangat besar, dengan perkiraan panjang mencapai 30 meter.

"Ini adalah penemuan yang luar biasa," kata Profesor Steve Salisbury dari Universitas Queensland, yang memimpin tim penggalian. "Spesimen ini mewakili spesies baru dinosaurus sauropoda, dan merupakan salah satu fosil dinosaurus terlengkap yang pernah ditemukan di Australia."

Tim peneliti telah menghabiskan beberapa bulan untuk menggali fosil tersebut, yang terawetkan dengan sangat baik dalam batuan pasir. Mereka menyebut spesies baru tersebut "Australotitan cooperensis", yang berarti "Raksasa Australia dari Cooper Creek".

Baca Juga: AFF U-19: Jalan Mulus Australia Menuju Semifinal, Menang Tipis Atas Myanmar

Penampakan kerangka Barry, seekor Camptosaurus dari zaman jurassic yang dipajang di galeri Georges-Philippe & Nathalie Vallois di Paris, Prancis, Senin (18/9/2023). [Dimitar DILKOFF / AFP]Ilustrasi Fosil Dinosaurus. [Dimitar DILKOFF / AFP]

Analisis tulang dinosaurus menunjukkan bahwa Australotitan cooperensis adalah salah satu sauropoda terbesar yang pernah hidup di benua Gondwana kuno, yang sekarang membentuk Australia, Antartika, dan Amerika Selatan. Spesies ini diperkirakan memiliki berat lebih dari 60 ton dan dapat mencapai ketinggian hingga 15 meter.

Penemuan ini memberikan wawasan penting tentang keanekaragaman dan evolusi dinosaurus di Australia pada zaman Kapur, sekitar 100 hingga 66 juta tahun lalu. Hal ini juga menunjukkan bahwa Australia adalah rumah bagi beberapa dinosaurus terbesar dan paling menakjubkan di Bumi pada masa itu.

"Penemuan ini membuktikan bahwa Australia memiliki warisan paleontologi yang kaya dan dapat bersaing dengan tempat-tempat seperti Amerika Serikat dan Cina dalam hal temuan dinosaurus," kata Salisbury.

Fosil Australotitan cooperensis kini sedang diangkut ke Museum Queensland untuk dikonservasi dan diteliti lebih lanjut. Penemuan penting ini akan terus memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang masa lalu prasejarah Australia dan dunia dinosaurus.

Baca Juga: Hasil Piala AFF U-19 2024: Drama Kartu Merah, Australia Cuma Bisa Menang Tipis atas Myanmar

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #lebih #besar #dari #fosil #dinosaurus #kolosal #ditemukan #queensland

KOMENTAR