Kisah Inspiratif Pria Jepang yang Hidup Hemat Gara-gara Tekanan dari Pekerjaan
Ilustrasi Kisah Inspiratif Pria Jepang yang Hidup Hemat Gara-gara Tekanan dari Pekerjaan. (pexels.com)
16:24
25 Juli 2024

Kisah Inspiratif Pria Jepang yang Hidup Hemat Gara-gara Tekanan dari Pekerjaan

Sebuah kisah inspiratif datang dari seorang pria asal Jepang. Dia diketahui rela hidup hemat demi pensiun dini karena tekanan dari pekerjaan yang gila.

Pria itu kini tengah menjadi perbincangan publik dan viral di media sosial, lantaran berhasil menghemat 132 juta yen selama dua dekade terakhir.

Pria asal Jepang itu kini berusia 45 tahun. Namun dia tidak menyebutkan namanya di media sosial saat viral, kini dia berhasil mencapai finansial yang cukup saat pensiun dini.

Capaian itu dia dapat setelah mendedikasikan dua puluh tahun sepuluh bulan terakhir untuk hidup hemat. Pada awal tahun 2000-an, ia berhasil mendapatkan pekerjaan yang stabil namun sangat menuntut.

Baca Juga: Bikin Gemes! RIIZE Tampil Playful di Teaser Image Single Jepang 'Lucky'

Di mana ia terus-menerus diharuskan bekerja lembur, terkadang lewat tengah malam. Dia memiliki gaji yang layak sekitar lima juta yen ($32.000) per tahun, jadi daripada berhenti dari pekerjaannya dan mencari sesuatu yang tidak terlalu membuat stres.

Saat itu dia memutuskan untuk melewati semua kesulitan dan menabung uang sebanyak mungkin agar dia bisa pensiun dini. Namun, tingkat penghematan yang ia alami selama dua dekade terakhir membuat banyak orang bertanya-tanya apakah usahanya membuahkan hasil.

Dalam upayanya untuk menabung 100 juta yen secepat mungkin, pria Jepang ini mengubah gaya hidupnya sepenuhnya. Dia meninggalkan apartemen sewaannya, memilih untuk tinggal di asrama dasar perusahaan di mana dia hanya membayar 30.000 yen ($190) per bulan.

Alih-alih membeli peralatan dan perabot yang dibutuhkannya, ia malah mengais-ngaisnya, menggunakan banyak barang yang dibuang orang lain.

Dia juga tidak pernah menggunakan AC di musim panas dan hanya menggunakan olahraga dan selimut untuk menghangatkan dirinya di musim dingin. Namun, pola makannyalah yang mengalami perubahan paling drastis.

Baca Juga: Tengku Firmansyah Unggah Video Jadi Tukang Las di Kanada, Pendidikan Menterengnya Dibahas Lagi

Dalam foto-foto yang rutin ia bagikan di media sosial bersama sesama calon peraih FIRE, pria berusia 45 tahun yang memposting dengan nama samaran “Pria yang Pasti Akan Mengundurkan Diri,” untuk memotivasi dirinya sendiri, kita dapat melihat bahwa makanannya sebagian besar terdiri dari nasi rebus dan potongan kecil buah atau sayuran.

Namun, pada hari-hari yang sangat sulit, makan malamnya hanya terdiri dari minuman energi sederhana.

Seperti orang Jepang hemat lainnya yang kami tampilkan di masa lalu, pria pencari KEBAKARAN ini menggunakan kupon diskon untuk mendapatkan produk termurah.

Untuk menghibur dirinya dengan biaya murah, dia menghabiskan malamnya di asramanya dengan menonton film bertema penjara dan bercanda bahwa hidupnya sangat mirip dengan kehidupan seorang tahanan.

Awal tahun ini, setelah lebih dari dua dekade berhemat secara ekstrem, pria tersebut mengumumkan bahwa ia telah mencapai target revisinya sebesar 132 juta yen ($640.000) dalam tabungan, sehingga memungkinkan dia untuk pensiun dini.

Sebagai bonus, pengalaman uniknya juga menginspirasinya untuk menulis buku tentang pencapaian FIRE yang terbukti menguntungkan dan membantunya untuk pensiun lebih awal dari yang direncanakan.

Meskipun ia telah berupaya semaksimal mungkin untuk menabung sebanyak mungkin, impian pria tersebut untuk pensiun dini mungkin tidak akan terwujud karena depresiasi yen yang drastis sejak awal tahun.

“Jika yen terus terdepresiasi, saya tidak akan pernah mencapai kebebasan finansial,” kata pria tersebut.

“Apa yang telah saya kerjakan selama 21 tahun ini? Itu semua tidak ada artinya, sungguh tragis.” sambungnya.

Pengalaman pria tersebut menjadi viral secara online di Jepang dan Tiongkok, dan mendapat tanggapan beragam dari netizen.
Beberapa menyatakan diri mereka terkesan dengan tekad dan daya tahannya, sementara yang lain terkejut dengan gaya hidupnya, menambahkan bahwa merupakan keajaiban dia tidak jatuh sakit karena pola makannya yang buruk.

“Hidupnya benar-benar menyedihkan,” tulis netizen.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #kisah #inspiratif #pria #jepang #yang #hidup #hemat #gara #gara #tekanan #dari #pekerjaan

KOMENTAR