Ancaman Teror Bayangi Olimpiade Paris Jelang Pembukaan, Pria Rusia Diciduk!
Cincin Olimpiade terlihat di Menara Eiffel, Paris, Prancis Jumat (7/6/2024). [Ludovic MARIN / AFP]
15:20
25 Juli 2024

Ancaman Teror Bayangi Olimpiade Paris Jelang Pembukaan, Pria Rusia Diciduk!

Pihak berwenang Prancis telah menggagalkan beberapa rencana untuk mengganggu Olimpiade 2024, termasuk menangkap seorang pria Rusia di salah satu acara tersebut, kata para pejabat Rabu, hanya beberapa hari sebelum upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas di Paris.

Prancis telah berada dalam kewaspadaan tinggi selama beberapa minggu terakhir ketika persiapan menjadi tuan rumah Olimpiade mencapai tahap akhir. Olimpiade secara resmi dimulai dengan upacara pembukaan mewah dan keamanan tinggi di Sungai Seine pada hari Jumat.

Jaksa Paris mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka telah menangkap seorang pria Rusia berusia 40 tahun pada hari Selasa di apartemennya di Paris karena dicurigai berencana untuk “mengganggu stabilitas Olimpiade.” Dia didakwa “melakukan pekerjaan intelijen atas perintah kekuatan asing” dengan tujuan untuk “memprovokasi permusuhan di Prancis,” kejahatan yang dapat dihukum dengan hukuman 30 tahun di Prancis, menurut pernyataan dari kantor kejaksaan Paris.

Logo Olimpiade Paris 2024. [NBCBAYAREA]Logo Olimpiade Paris 2024. [NBCBAYAREA]

Selama penggeledahan resmi di rumah tersangka di Paris, agen polisi menemukan barang-barang yang “menimbulkan kekhawatiran akan niatnya untuk menyelenggarakan acara yang kemungkinan besar akan menyebabkan destabilisasi Olimpiade,” kata jaksa.

Baca Juga: Breaking News! FIFA Anulir Gol Cristian Medina, Argentina Kalah 1-2 dari Maroko

Kedutaan Besar Rusia di Paris menyatakan belum menerima pemberitahuan apa pun dari otoritas Prancis mengenai penangkapan tersebut dan telah meminta penjelasan dari pejabat Prancis setelah melihat laporan mengenai penangkapan tersebut.

Ia tidak berkomentar lebih lanjut. Penyelenggara Olimpiade menghadapi tantangan keamanan yang besar, termasuk kekhawatiran akan serangan siber, di tengah tingginya ketegangan internasional akibat perang Rusia di Ukraina dan konflik Israel-Hamas di Gaza.

Ada juga kampanye disinformasi rumit yang dilakukan di Rusia, yang menargetkan Olimpiade dan pemilu di Perancis baru-baru ini, menurut para pejabat Perancis dan pakar keamanan siber di Eropa dan Amerika Serikat.

“Kami memiliki daftar ancaman yang menjadi fokus kami, termasuk ancaman dunia maya,” Sonia Fibleuil, juru bicara Kepolisian Nasional, mengatakan kepada The Associated Press.

Ancaman semacam itu dapat berupa berita palsu dan disinformasi atau kampanye online untuk memperkuat suatu berita dengan bot dan menyebarkannya secara massal, kata Fibleuil.

Baca Juga: Hasil Olimpiade Paris: Diwarnai Drama Penalti, Timnas Spanyol Kalahkan Uzbekistan

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #ancaman #teror #bayangi #olimpiade #paris #jelang #pembukaan #pria #rusia #diciduk

KOMENTAR