Pesawat Saurya Airlines Jatuh di Kathmandu Nepal, 18 Orang Tewas
Ilustrasi pesawat jatuh. Antara/Umarul Faruq/sgd/tom.
14:44
24 Juli 2024

Pesawat Saurya Airlines Jatuh di Kathmandu Nepal, 18 Orang Tewas

Sebanyak 18 orang meninggal dunia pada peristiwa jatuhnya pesawat Saurya Airlines, Rabu (24/7/2024) pagi tadi waktu setempat di Nepal.

Tercatat dalam pemberitaan media lokal Nepal, ada 18 jenazah dari 19 orang di dalam penerbangan Kathmandu pada peristiwa pesawat jatuh tersebut.

Para penumpang, yang terdiri dari awak dan staf teknis, berada di dalam pesawat Saurya Airlines tujuan Pokhara ketika pesawat itu terbakar sekitar pukul 11 pagi, kata militer Nepal.

Informasi yang disampaikan, pesawat terbakar setelah tergelincir dari landasan pacu beberapa menit setelah lepas landas, kata juru bicara bandara dikutip dari NDTV.

Baca Juga: Api Kerusuhan Bangladesh Makin Membara, Korban Tewas Capai 187 Orang, Jam Malam Diperketat

Pesawat CRJ200, yang dapat menampung 50 penumpang, tidak mencapai ketinggian apa pun saat lepas landas, tergelincir dari landasan pacu dan jatuh ke tanggul serta terbakar.

Video dari lokasi menunjukkan kebakaran besar dengan kepulan asap membubung di dekat Bandara Internasional Tribhuvan.

Petugas pemadam kebakaran dan tentara Nepal berada di lokasi. Penyebab kebakaran belum diketahui.

Bandara Internasional Tribhuvan adalah bandara meja yang terletak di puncak dataran tinggi yang dikelilingi oleh ngarai dan lembah yang dalam di semua sisinya. Ini adalah salah satu bandara paling berisiko di dunia.

Industri penerbangan Nepal mempunyai catatan keselamatan udara terburuk di dunia, yang dilanda oleh buruknya keselamatan akibat kurangnya pelatihan dan pemeliharaan.

Baca Juga: Tanah Longsor Mematikan di Gofa Etiopia, Renggut Nyawa 146 Orang

Pada tahun 2023, sebuah pesawat Yeti Airlines jatuh di Pokhara dan menewaskan 72 orang di dalamnya, termasuk lima orang India.

Peristiwa ini adalah yang paling mematikan di Nepal sejak tahun 1992, ketika seluruh 167 orang yang berada di dalam pesawat Pakistan International Airlines tewas ketika pesawat tersebut jatuh saat mendekati bandara Kathmandu.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #pesawat #saurya #airlines #jatuh #kathmandu #nepal #orang #tewas

KOMENTAR