Biden Positif COVID-19, Pertanyaan Muncul Tentang Pencalonan Ulang
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. [Instagram/@joebiden]
09:52
19 Juli 2024

Biden Positif COVID-19, Pertanyaan Muncul Tentang Pencalonan Ulang

Presiden AS Joe Biden telah didiagnosis positif mengidap Covid-19 dengan gejala ringan setelah mengungkapkan pertimbangan untuk menarik diri dari pencalonannya jika ada diagnosa kondisi medis serius.

Pada hari Rabu, Biden memberikan kabar baik kepada wartawan dengan mengatakan bahwa ia merasa baik, meskipun ia memutuskan untuk mempersingkat perjalanan kampanyenya ke Las Vegas dan kembali ke rumahnya di Delaware untuk isolasi.

Meski demikian, dokter Gedung Putih Kevin O'Connor menyatakan bahwa Biden dinyatakan positif setelah mengalami pilek, batuk, dan malaise umum. Meskipun gejalanya ringan, Biden telah mengisolasi diri dan tetap fokus pada tugas kantor selama masa isolasi.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden (depan) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN - AS dalam rangkaian KTT ASEAN 2022 di Hotel Sokha, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (12/11/2022).[ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom]Presiden Amerika Serikat Joe Biden (depan) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN - AS dalam rangkaian KTT ASEAN 2022 di Hotel Sokha, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (12/11/2022).[ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom]

Biden, yang telah divaksinasi, saat ini sedang menjalani perawatan dengan obat Covid Paxlovid. Meskipun ada kekhawatiran terhadap kebugaran presiden tertua dalam sejarah AS, dokter menyatakan bahwa parameter kesehatan Biden seperti laju pernapasan, suhu, dan kadar oksigen darah tetap normal.

Baca Juga: Prihatin Insiden Penembakan Donald Trump, Prabowo: Tak Ada Tempat Bagi Kekerasan Dalam Demokrasi

Di tengah kekhawatiran ini, sejumlah tokoh Demokrat menyatakan keprihatinan mereka terhadap kemampuan Biden untuk menghadapi Trump dalam pemilihan presiden. Perwakilan Adam Schiff dari California mendesak Biden untuk menyerahkan jabatan, sementara Pemimpin Mayoritas Senat Demokrat, Chuck Schumer, mengungkapkan pandangannya secara langsung kepada Biden.

Meskipun tim kampanye Biden telah menggunakan situasi ini untuk penggalangan dana, polling menunjukkan bahwa hampir dua pertiga pemilih Demokrat ingin Biden mengundurkan diri.

Terkait kasus penembakan Trump, penyelidikan menunjukkan bahwa selain Trump, pelaku juga menyelidiki informasi tentang Presiden Joe Biden dan beberapa tokoh politik lainnya, termasuk seorang anggota kerajaan Inggris yang tidak diidentifikasi.

FBI menyatakan bahwa Crooks menunjukkan ketertarikan yang luas pada tokoh terkenal dan berkuasa tanpa kecenderungan politik yang jelas. Pesan mengkhawatirkan di platform permainan Steam yang tampaknya meramalkan penembakan juga dibantah sebagai palsu oleh pihak penegak hukum.

Baca Juga: Bukan Tapera, Ini Kebijakan Joe Biden untuk Mengatasi Masalah Perumahan di Amerika Serikat

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #biden #positif #covid #pertanyaan #muncul #tentang #pencalonan #ulang

KOMENTAR