Wow! Roti Bakar Usia 2.000 Tahun Ditemukan di Reruntuhan Pompeii
Sisa-sisa jenazah di Kota Kuno Pompeii. (Shutterstock)
17:08
11 Juli 2024

Wow! Roti Bakar Usia 2.000 Tahun Ditemukan di Reruntuhan Pompeii

Para ilmuwan dan arkeolog baru-baru ini telah menemukan sepotong roti bakar berusia 2.000 tahun yang terawetkan dengan baik. Ini merupakan bukti langsung tertua yang diketahui tentang praktik memanggang roti.

Roti bakar tersebut ditemukan di situs arkeologi Herculaneum di Italia, sebuah kota Romawi yang hancur oleh letusan Gunung Vesuvius pada tahun 79 M. Arkeolog telah menggali reruntuhan kota ini selama berabad-abad, mengungkap banyak harta karun historis.

Potongan roti bakar berukuran sekitar 9,5 x 7,5 sentimeter dan tebal sekitar 1 sentimeter. Itu ditemukan di dalam rumah yang terkubur di abu vulkanik. Analisis ilmiah mengungkapkan bahwa roti tersebut terbuat dari gandum dan direndam dalam anggur sebelum dipanggang.

Ilustrasi Roti Bakar (Pixabay/CordMediaStuttgart)Ilustrasi Roti Bakar (Pixabay/CordMediaStuttgart)

Penemuan roti bakar berusia 2.000 tahun ini memberikan wawasan berharga tentang kebiasaan makan orang Romawi kuno. Ini menunjukkan bahwa memanggang roti adalah praktik umum pada saat itu dan bahwa roti bakar sering dinikmati sebagai hidangan sarapan atau makanan ringan.

Baca Juga: BUMN Ini Sulap Sebagian Lahan Tambang Jadi Kawasan Konservasi Arkeologi

Selain itu, penemuan ini juga menunjukkan kondisi luar biasa di mana Herculaneum terkubur. Abu vulkanik yang tebal menciptakan lingkungan anaerobik, yang mencegah pembusukan organik. Hal ini memungkinkan artefak, seperti roti bakar, untuk bertahan selama berabad-abad.

Penemuan roti bakar berusia 2.000 tahun ini merupakan pengingat yang luar biasa akan kehidupan sehari-hari di dunia kuno. Ini tidak hanya memberikan informasi tentang kebiasaan makan orang Romawi tetapi juga tentang kekuatan luar biasa pelestarian arkeologi.

Para ilmuwan berencana untuk melakukan penelitian lebih lanjut pada roti bakar untuk mengetahui lebih banyak tentang bahan pembuatannya, proses pemanggangannya, dan kemungkinan nilai gizi serta rasanya. Penemuan ini kemungkinan akan terus memberikan wawasan yang menarik tentang masa lalu kita.

Kota Pompeii (Pixabay/DUOTONE_)Kota Pompeii (Pixabay/DUOTONE_)

Untuk informasi tambahan, Pompeii adalah sebuah kota Romawi kuno yang kini menyisakan puing-puing dekat kota Napoli dan berada di wilayah Campania, Italia modern.

Pompeii hancur karena letusan gunung Vesuvius pada 24 Agustus 79 Masehi. Debu letusan gunung Vesuvius menimbun kota Pompeii seisinya sedalam beberapa kaki dan mengakibatkan kota ini hilang selama 1.600 tahun sebelum ditemukan kembali dengan tidak sengaja.

Baca Juga: Menyedihkan, Indonesia Kaya Peninggalan Kuno Tapi Jurusan Arkeologi Sedikit

Sejak saat itu penggalian kembali kota ini memberikan pemandangan yang luar biasa terinci mengenai kehidupan sebuah kota di puncak kejayaan Kekaisaran Romawi.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #roti #bakar #usia #2000 #tahun #ditemukan #reruntuhan #pompeii

KOMENTAR