Digaji 20 Tahun Tanpa Bekerja, Wanita Ini Malah Gugat Perusahaan
ilustrasi bekerja (freepik.com/pressfoto)
14:56
10 Juli 2024

Digaji 20 Tahun Tanpa Bekerja, Wanita Ini Malah Gugat Perusahaan

Seorang wanita Perancis sedang menggugat perusahaan telekomunikasi raksasa Orange atas "pelecehan moral dan diskriminasi di tempat kerja," menuduh perusahaan membayarnya selama 20 tahun tanpa memberikannya tugas apapun.

Laurence Van Wassenhove direkrut sebagai pegawai negeri oleh France Telecom pada tahun 1993 sebelum perusahaan tersebut diambil alih oleh Orange. Pengusaha aslinya mengetahui bahwa dia menderita hemiplegia - kelumpuhan sebagian wajah dan anggota tubuh - sejak lahir dan menderita epilepsi, dan menawarkan posisi yang disesuaikan dengan kondisi medisnya. Dia bekerja sebagai sekretaris dan di departemen SDM hingga tahun 2002 ketika dia meminta untuk dipindahkan ke region lain di Perancis.

Permintaannya disetujui, namun tempat kerja barunya tidak disesuaikan dengan kebutuhannya, dan laporan kesehatan kerja mengkonfirmasi bahwa posisi tersebut tidak cocok untuknya. Meskipun demikian, Orange diduga gagal membuat penyesuaian apapun terhadap pekerjaannya, lebih memilih membayar gajinya penuh selama 20 tahun ke depan, tanpa memberikannya apapun untuk dikerjakan.

ilustrasi bekerja (Pexels.com/energepic.com)ilustrasi bekerja (Pexels.com/energepic.com)

Meskipun Orange berusaha sebaik mungkin untuk mengabaikan Van Wassenhove, wanita difabel itu melakukan yang terbaik untuk melaporkan situasi tersebut kepada pemerintah dan Otoritas Tinggi untuk Memerangi Diskriminasi. Pada tahun 2015, seorang mediator yang ditunjuk oleh Orange diamanatkan untuk menyelesaikan situasi tersebut, namun tidak ada perbaikan sama sekali, karena perusahaan terus membayar gajinya tanpa memberinya tugas apapun. Pengacaranya mengklaim bahwa raksasa telekomunikasi tersebut seolah-olah mencoba memaksa wanita tersebut untuk mengundurkan diri.

Baca Juga: Asal Usul Munculnya Hari Ciuman Internasional Pada 6 Juli

"Mereka lebih suka membayarnya daripada membuatnya bekerja," kata pengacara Laurence, sambil menambahkan bahwa wanita itu telah mengajukan keluhan terhadap perusahaan dan empat manajernya atas "pelecehan moral dan diskriminasi di tempat kerja yang terkait dengan kondisi kesehatannya."

"Bekerja bagi seseorang dengan disabilitas berarti memiliki tempat dalam masyarakat, pengakuan, ikatan sosial yang terbentuk," kata pengacara wanita itu.

Ilustrasi disabilitasIlustrasi disabilitas

Dalam kasus ini, Laurence Van Wassenhove disia-siakan semua ini dengan "ditempatkan di tempat yang tidak aktif" selama 20 tahun dengan harapan bahwa dia akan mengundurkan diri.

Surat kabar Perancis La Dépêche menghubungi Orange tentang kasus Van Wassnehove dan perusahaan tersebut mengatakan bahwa telah melakukan segala sesuatu untuk memastikan bahwa wanita tersebut bekerja dalam kondisi terbaik.

Perusahaan juga mengklaim telah mempertimbangkan "situasi sosial pribadinya" dan membayarnya gaji penuh secara kontinyu, ditambah beberapa bantuan non-pengembalian. "Pengembalian ke posisi kerja yang disesuaikan" tampaknya juga direncanakan, namun tidak pernah terlaksana karena karyawan tersebut secara teratur mengambil cuti sakit.

Baca Juga: Kutuk Aksi Penutupan Masjid Ahmadiyah di Garut, Usman Hamid: Diskriminasi Nyata dan Pelanggaran Serius Negara!

Empat tahun yang lalu, kami menulis tentang kasus aneh lainnya, di mana seorang pria Perancis menggugat majikannya atas pekerjaan yang membosankan yang pada akhirnya membuatnya depresi.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #digaji #tahun #tanpa #bekerja #wanita #malah #gugat #perusahaan

KOMENTAR