Mantan Menteri Transportasi Singapura Tersandung 27 Kasus Dugaan Korupsi
Menteri Transportasi Singapura, S. Irawan./Reuters
15:21
18 Januari 2024

Mantan Menteri Transportasi Singapura Tersandung 27 Kasus Dugaan Korupsi

 

–  Mantan Menteri Transportasi Singapura S. Iswaran didakwa di pengadilan atas tuduhan suap.

Hal tersebut dikatakan oleh pihak badan anti-korupsi pada hari Kamis, dalam salah satu kasus suap paling terkenal yang melibatkan seorang menteri di pusat keuangan Asia dalam beberapa dekade.

The Corrupt Practices Investigation Bureau (CPIB, mengatakan Iswaran, yang ditangkap pada Juli tahun lalu, diduga menerima suap senilai 384.340,98 Dolar Singapura atau sekitar 4 miliar Rupiah dari taipan properti Ong Beng Seng, sebagian untuk memajukan kepentingan bisnis Ong.

Lembar tagihan menunjukkan bantuan tersebut termasuk tiket pertandingan sepak bola, musikal, penerbangan dengan pesawat pribadi Ong, dan tiket ke Grand Prix Formula 1 Singapura. Iswaran adalah penasihat komite pengarah Grand Prix, sementara Ong memiliki hak balapan.

CPIB mengatakan Iswaran menghadapi total 27 dakwaan, termasuk korupsi dan menghalangi jalannya keadilan.

Melansir dari Reuters, dalam surat pengunduran dirinya, yang diterbitkan oleh kantor perdana menteri, Iswaran mengatakan dia menolak tuduhan tersebut dan “sekarang akan fokus membersihkan nama saya”.

Jika terbukti melakukan korupsi, ia dapat didenda hingga S$100.000 atau sekitar 1 miliar Rupiah atau menghadapi hukuman tujuh tahun penjara.

Tidak ada tanggapan segera terhadap email yang meminta komentar dari kantor Ong. Taipan properti itu juga ditangkap pada bulan Juli sebagai bagian dari penyelidikan korupsi. Ong belum didakwa.

Kasus ini telah mencengkeram Singapura, pusat keuangan utama Asia yang membanggakan pemerintahannya yang bersih dan jarang terpengaruh oleh korupsi dan skandal yang melibatkan para pemimpin politik.

Pada tahun 2022, Transparency International menempatkan negara kota ini sebagai negara kelima yang paling tidak korup dalam Indeks Persepsi Korupsi Internasional dari 180 negara.

Iswaran bergabung dengan kabinet Perdana Menteri Lee Hsien Loong Lee sebagai menteri junior pada tahun 2006 dan memegang portofolio perdagangan dan komunikasi sebelum menjadi menteri transportasi pada Mei 2021.

Kasus korupsi terakhir yang melibatkan seorang menteri terjadi pada tahun 1986 ketika menteri pembangunan nasional diperiksa karena diduga menerima suap. Menteri meninggal sebelum dia dapat didakwa di pengadilan.

Singapura akan menyelenggarakan pemilu pada tahun 2025. Pada bulan Agustus, Lee mengakui Partai Aksi Rakyat (PAP) yang dipimpinnya telah menerima pukulan telak atas penyelidikan korupsi dan pengunduran diri dua anggota parlemen senior PAP karena “terlibat kasus”.

Partai tersebut juga akan melakukan transisi kepemimpinan dengan Lee berjanji untuk menyerahkan tongkat estafet kepada penggantinya, Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong pada bulan November.

Merujuk pada kasus Iswaran di acara PAP pada bulan November, Lee mengatakan partai tersebut harus “menunjukkan kepada masyarakat Singapura dan dunia bahwa setelah setengah abad berkuasa, standar PAP tetap tinggi.”

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mantan #menteri #transportasi #singapura #tersandung #kasus #dugaan #korupsi

KOMENTAR