Prabowo Subianto Bahas Isu Perdamaian Palestina dengan Presiden Ukraina
Prabowo Subianto dan Presiden Ukraina [Antara/Kemenhan RI]
11:20
4 Juni 2024

Prabowo Subianto Bahas Isu Perdamaian Palestina dengan Presiden Ukraina

Presiden terpilih yang saat ini menjabat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Ukraina H.E. Volodymyr Zelenskyy di sela-sela pertemuan bilateralnya di Singapura.

"Salam hangat dan apresiasi kepada Presiden Ukraina atas inisiatif pertemuan hari ini, khususnya untuk membahas persoalan pertahanan," ujar Prabowo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Bertujuan meningkatkan kerja sama pertahanan serta mengatasi isu-isu global yang mendesak, keduanya bertemu pada hari Sabtu (1/6/2024).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya menegaskan pentingnya menjaga perdamaian dan keamanan internasional di tengah konflik, tantangan keamanan global dan regional, serta ancaman terorisme.

Baca Juga: Di Pertemuan IISS, Prabowo Tegaskan Indonesia Siap Kirim Pasukan Perdamaian Ke Gaza

Kedua negara sepakat untuk menjalankan dialog damai dan mencari solusi melalui upaya diplomasi. Isu-isu kemanusiaan, terutama situasi di Gaza, juga menjadi fokus pembahasan, di mana Indonesia dan Ukraina menekankan perlunya memberikan bantuan kemanusiaan dan memastikan akses terhadap populasi yang terdampak di zona konflik.

Selain itu, kedua negara membuka peluang untuk berkolaborasi dalam sektor industri pertahanan melalui transfer teknologi, menunjukkan keterbukaan mereka dalam memperluas kerja sama.

Menteri Prabowo menyatakan komitmen Indonesia untuk memperkuat hubungan pertahanan yang kuat dan saling menguntungkan dengan Ukraina di akhir pertemuan.

Sebelumnya, Menhan Prabowo juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd J. Austin III di sela-sela forum IISS Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura untuk membahas modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista).

Baca Juga: Ngeri! Ekspresi Deddy Corbuzier dengar Cerita Aksi Biadab Isreal Jual Kulit Orang Palestina

Editor: M Nurhadi

Tag:  #prabowo #subianto #bahas #perdamaian #palestina #dengan #presiden #ukraina

KOMENTAR