Kapal Kargo Milik Yunani Terkena Rudal di Lepas Pantai Yaman
Anggota Pasukan Penjaga Pantai Yaman yang berafiliasi dengan kelompok Houthi berpatroli di laut ketika para demonstran menuju kota pelabuhan Laut Merah, Hodeida, sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Gaza pada 4 Januari 2024,(AFP)
20:06
16 Januari 2024

Kapal Kargo Milik Yunani Terkena Rudal di Lepas Pantai Yaman

Sebuah kapal kargo milik Yunani terkena serangan rudal di lepas pantai Yaman.

Hal itu diungkap oleh sebuah perusahaan manajemen risiko maritim, Ambrey, pada Selasa (16/1/2024), ketika Laut Merah tengah menyaksikan serangkaian serangan dari kelompok Houthi Yaman.

“Sebuah kapal curah milik Yunani berbendera Malta dilaporkan menjadi sasaran dan terkena dampak rudal saat transit di selatan Laut Merah menuju utara,” kata Ambrey dalam sebuah peringatan, dikutip dari AFP.

Menurut Ambrey, kapal yang telah mengunjungi Israel sejak pecahnya perang di Gaza dan punya tujuan ke Suez tersebut kemudian mengubah haluan dan menuju ke pelabuhan setelah serangan.

Sebelumnya, pasukan AS telah menembak jatuh sebuah rudal jelajah Houthi yang menargetkan kapal perusak Amerika pada Minggu (14/1/2024).

Kemudian, pada Senin (15/1/2024), sebuah kapal kargo milik AS dihantam oleh rudal pemberontak lainnya di Teluk Oman.

Serangan rudal tersebut terjadi setelah AS dan Inggris pada Jumat (12/1/2024) menyerang di sejumlah lokasi di Yaman yang dikuasai pemberontak.

Tindakan itu dimaksudkan sebagai pembalasan atas serangan Laut Merah yang telah mengganggu pengiriman di jalur air penting tersebut.

Kelompok Houthi telah menargetkan apa yang mereka anggap kapal-kapal yang terkait dengan Israel.

Namun, setelah serangan pada Jumat, mereka menyatakan kepentingan AS dan Inggris sebagai “target yang sah”.

Operasi Perdagangan Maritim Inggris, sebuah badan keamanan maritim yang dijalankan oleh angkatan laut Inggris, juga melaporkan sebuah "insiden" di wilayah barat laut Saleef di Yaman, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Tag:  #kapal #kargo #milik #yunani #terkena #rudal #lepas #pantai #yaman

KOMENTAR