Kabar Terbaru Perundingan Gencatan Senjata Hamas dan Israel di Palestina
Warga Palestina menunggu pasokan makanan bantuan di kota Rafah di Jalur Gaza selatan, pada 14 Februari 2024. [Dok.Antara]
12:24
30 April 2024

Kabar Terbaru Perundingan Gencatan Senjata Hamas dan Israel di Palestina

Kelompok perlawanan Palestina Hamas mengumumkan bahwa mereka telah menerima tanggapan resmi dari Israel terkait usulan pertukaran sandera dan gencatan senjata. Tanggapan tersebut dikirimkan kepada Mesir dan Qatar pada tanggal 13 April.

Khalil al-Hayya, wakil kepala kelompok Hamas di Jalur Gaza, menyatakan bahwa Hamas akan meneliti tanggapan tersebut dan memberikan respons kepada para mediator setelah proses penelitian selesai. Hayya juga menjabat sebagai kepala Kantor Hubungan Arab dan Islam.

Tanggapan Israel itu bertepatan dengan kunjungan delegasi keamanan Mesir ke Tel Aviv pada Jumat (26/4/2024) untuk membahas kemungkinan gencatan senjata di Gaza antara Israel dan kelompok Palestina Hamas, menurut media Mesir dan Israel.

Stasiun televisi swasta Al Qahera News TV mengutip sumber Mesir yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa delegasi tersebut akan membahas kerangka gencatan senjata yang komprehensif.

Dikutip via Antaranews, media yang sama juga menyebutkan ada “kemajuan signifikan” yang mempersempit perbedaan antara delegasi Mesir dan Israel.

Sementara itu, Perusahaan Penyiaran Publik Israel melaporkan bahwa dinas keamanan "percaya bahwa ini adalah kesempatan terakhir untuk memulangkan para sandera dari Gaza."

Situs berita Israel Ynet juga memastikan bahwa delegasi Mesir datang di Israel untuk bertemu dengan para pejabat terkait dalam upaya mencapai kesepakatan.

Hamas menuntut Israel untuk menghentikan serangan yang fatal di Jalur Gaza serta menarik pasukan mereka dari wilayah tersebut.

Israel percaya bahwa ada 134 warga Israel yang ditawan di Gaza, sementara mereka menahan sekitar 9.000 warga Palestina di penjara mereka.

Israel telah membunuh lebih dari 34.300 kematian warga Palestina sejak serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober 2023.

Pada November 2023, perjanjian sebelumnya berhasil membebaskan 81 warga Israel dan 24 warga asing dengan imbalan pembebasan 240 warga Palestina, termasuk 71 perempuan dan 169 anak-anak.

Upaya mediasi dari Amerika Serikat, Qatar, dan Mesir tengah dilakukan untuk merundingkan pembebasan warga Israel yang masih ditawan. Sementara itu, permintaan global untuk mengakhiri pertempuran semakin kuat ketika konflik telah berlangsung selama tujuh bulan.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #kabar #terbaru #perundingan #gencatan #senjata #hamas #israel #palestina

KOMENTAR