Karyawan di Singapura Kini Boleh Ajukan WFH, Kerja 4 Hari dalam Seminggu
Foto ilustrasi WFH - Pada akhir tahun ini, karyawan di Singapura boleh meminta lokasi kerja yang fleksibel dan pengaturan waktu kerja yang bervariasi. 
14:20
19 April 2024

Karyawan di Singapura Kini Boleh Ajukan WFH, Kerja 4 Hari dalam Seminggu

Demi mempertahankan tenaga kerja bertalenta dan beradaptasi dengan perubahan tren kerja, Singapura memperkenalkan pedoman baru.

Pedoman itu memungkinkan pekerja untuk mengajukan empat hari kerja dalam seminggu, menambah hari kerja dari rumah, dan mengubah waktu kerja.

Dilansir wionews.com, semua itu bisa berlaku mulai 1 Desember 2024.

Aliansi Tripartit untuk Praktik Ketenagakerjaan yang Adil dan Progresif, yang dibentuk oleh Kementerian Tenaga Kerja Singapura, Kongres Serikat Buruh Nasional, dan Federasi Pengusaha Nasional Singapura, mengumumkan pedoman tersebut pada Selasa (16/4/2024).

Yeo Wan Ling, salah satu ketua Kelompok Kerja Tripartit, mengatakan kepada South China Morning Post bahwa akses terhadap pengaturan kerja yang fleksibel sangat penting bagi pekerja yang memiliki tanggungan merawat anak atau orang tua, pekerja perempuan, dan pekerja senior dalam memutuskan apakah akan tetap bekerja atau bergabung kembali dengan perusahaan.

Meskipun tidak dapat ditegakkan secara hukum, pedoman ini mengamanatkan perusahaan untuk menyusun proses formal bagi karyawan untuk meminta pengaturan kerja yang fleksibel tersebut.

Perusahaan bisa saja menolak permintaan itu jika permintaan tersebut menurunkan produktivitas secara signifikan, meningkatkan biaya, atau tidak dapat dilaksanakan karena sifat pekerjaan.

Namun, penolakan karena berdasarkan tradisi perusahaan atau keyakinan manajemen terhadap gaya kerja tradisional, dilarang.

Foto ilustrasi WFH Foto ilustrasi WFH (Freepik)

Inisiatif Singapura ini sejalan dengan negara-negara seperti Irlandia dan Inggris, di mana dunia usaha harus mempertimbangkan permintaan kerja yang fleksibel.

Meskipun pekerjaan jarak jauh melonjak selama pandemi, tren menurun pasca-Covid, didorong oleh kekhawatiran akan kurang dimanfaatkannya ruang kantor.

Dalam kasus serupa, karyawan di jaringan supermarket China Fat Dong Lai dapat mengambil "cuti sedih" hingga 10 hari setiap tahun tanpa memerlukan persetujuan dari manajer mereka.

Hal ini sangat berbeda dengan budaya kerja keras “996” di beberapa perusahaan China, di mana karyawan bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam, enam hari dalam seminggu.

Negara-negara yang mengadopsi sistem kerja 4 hari seminggu

Mengutip herzindagi.com, berikut sejumlah negara yang mengadopsi sistem kerja 4 hari seminggu.

Islandia

Salah satu negara yang paling mendukung empat hari kerja dalam seminggu adalah Islandia.

Islandia melakukan salah satu eksperimen terbesar dengan 4 hari kerja dalam seminggu dari tahun 2015 hingga 2019.

Tidak ada pengurangan gaji untuk sekitar 2.500 peserta dalam uji coba tersebut.

Eksperimen tersebut terbukti sukses besar dan menyebabkan perubahan besar dalam jam kerja reguler Islandia; 90 persen populasi sekarang bekerja dengan jam kerja lebih sedikit atau adanya modifikasi pekerjaan lainnya.

Sebuah penelitian di Islandia yang melibatkan 2.500 pekerja, atau lebih dari 1 persen angkatan kerja, menyelidiki dampak pengurangan hari kerja terhadap produktivitas dan kebahagiaan karyawan.

Uji coba tersebut mencakup berbagai lingkungan kerja, termasuk organisasi layanan sosial, kantor, dan rumah sakit.

Inggris

Pada tahun 2022, Inggris menjalani eksperimen transformatif dengan menerapkan empat hari kerja dalam seminggu.

Uji coba terobosan ini melibatkan partisipasi 61 perusahaan dan lebih dari 300 karyawan, sehingga menghasilkan rekor inisiatif berskala terbesar.

Selama uji coba, peserta mematuhi kerangka hukum yang ada, yang membatasi jam kerja mingguan maksimum sebanyak 48 jam.

Hasil penting dari upaya perintis ini terungkap dalam laporan Bloomberg, yang menunjukkan penurunan cuti sakit sebesar 65 persen di seluruh perusahaan yang berpartisipasi.

Pergeseran besar ini tidak hanya menunjukkan kelayakan jadwal kerja yang padat namun juga mengisyaratkan potensi dampak positif terhadap kesejahteraan tenaga kerja secara keseluruhan.

UEA

UEA beralih dari lima hari kerja menjadi empat setengah hari dalam seminggu, yang berlaku efektif pada 1 Januari 2022.

Perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja dan meningkatkan produktivitas, menurut Kantor Media Pemerintah UEA.

UEA menyatakan bahwa entitas pemerintah akan menerapkan empat setengah hari kerja dalam seminggu, sehingga libur akhir pekan dimulai pada tengah hari Jumat dan hingga hari Minggu.

Jepang

Jepang memiliki budaya kerja yang sangat keras dan intens.

Pemerintah memperkenalkan kebijakan ekonomi tahunan pada tahun 2021 yang mempromosikan empat hari kerja dalam seminggu.

Inisiatif ini bertujuan untuk melawan ‘Karoshi’ atau kematian karena terlalu banyak bekerja, dan mendorong keseimbangan kehidupan kerja yang lebih sehat.

Pergeseran tersebut diharapkan dapat merangsang perekonomian dengan meningkatkan belanja konsumen dan membina kehidupan keluarga.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #karyawan #singapura #kini #boleh #ajukan #kerja #hari #dalam #seminggu

KOMENTAR