Perang Rusia-Ukraina Hari ke-785: Paket Bantuan AS Buat Zelensky Mulai Terlihat
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky keluar setelah mengadakan konferensi pers di Gedung Putih di Washington, DC, 12 Desember 2023. - Presiden AS, Joe Biden mengaku sangat mendukung proposal dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Mike Johnson untuk menggelontorkan 61 miliar dolar Amerika buat Ukraina melalui keputusan Kongres. 
08:40
18 April 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-785: Paket Bantuan AS Buat Zelensky Mulai Terlihat

Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-785 pada Kamis (18/4/2024).

Sepertinya, hilal paket bantuan dari Amerika Serikat (AS) mulai terlihat.

Presiden AS, Joe Biden mengaku sangat mendukung proposal dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Mike Johnson untuk menggelontorkan 61 miliar dolar Amerika buat Ukraina melalui keputusan Kongres.

"DPR harus meloloskan paket tersebut pekan ini," tegas Biden, dikutip dari The Guardian.

"Senat harus segera menindaklanjutinya," terangnya.

Ia mengaku akan segera menandatangani proposal tersebut.

"Ini untuk mengirim pesan kepada dunia: kami mendukung teman-teman kami dan tidak akan membiarkan Iran atau Rusia berhasil," ungkap Biden.

Paket bantuan tambahan yang ditunggu-tunggu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky itu diperkirakan mencakup langkah-langkah untuk mengalihkan aset-aset Rusia yang disita ke Ukraina.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-785:

  • Seruan untuk mendukung pertahanan Ukraina terhadap serangan udara Rusia semakin meningkat.

    Hal ini terjadi setelah sedikitnya 17 orang tewas ketika tiga rudal menghantam pusat Chernihiv , sebuah kota di Ukraina utara dekat perbatasan dengan Rusia.

  • Pada Sabtu (13/4/2024) kemarin, Jerman mengumumkan akan mengirimkan baterai Patriot tambahan.

    Lalu sekitar empat hari kemudian, Kanselir Jerman, Olaf Scholz mendesak rekan-rekan Uni Eropa mengikuti jejak Berlin dan mengirim lebih banyak sistem pertahanan udara Patriot ke Ukraina.

    "Sekarang yang terpenting adalah melakukannya dengan cepat," katanya.
  • Sementara itu, Zelensky lewat pidato video kepada para pemimpin UE, kembali menyerukan lebih banyak bantuan.

    Ia juga berterima kasih kepada Kanselir Jerman atas bantuannya.

    "Sistem yang Anda miliki, dibutuhkan di Ukraina saat ini. Diperlukan untuk menghentikan Putin mengandalkan metode teroris," ucap Zelensky.

    Para pejabat mengatakan Ukraina sedang mencari tujuh sistem Patriot lagi dari negara-negara barat karena hanya mereka yang mampu menjatuhkan rudal hipersonik Rusia.

  • Ketua NATO, Jens Stoltenberg, mengatakan kepada negara-negara anggota bahwa mereka harus lebih meningkatkan persediaan mereka untuk membantu mendukung Ukraina.

    “Jika sekutu dihadapkan pada pilihan antara memenuhi target kemampuan NATO atau memberikan lebih banyak bantuan ke Ukraina, pesan saya jelas: kirim lebih banyak bantuan ke Ukraina,” katanya pada hari Rabu (17/4/2024).
  • Secara terpisah, Zelensky membenarkan bahwa militer Ukraina telah menyerang lapangan terbang Rusia Dzhankoi di wilayah pendudukan Krimea.

    Sumber tidak resmi di Ukraina dan Rusia pada hari Rabu melaporkan serangkaian ledakan di pangkalan tersebut.

    "Terima kasih kepada Panglima Tertinggi (Oleksandr) Syrskyi yang mengatur operasi ini,” kata Zelensky.

    Presiden juga menyampaikan terima kasih kepada prajurit yang melancarkan “operasi khusus, terutama operasi penting, operasi yang sangat signifikan yang menghancurkan peralatan tentara Rusia, infrastruktur tempur mereka”.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Tiara Shelavie

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #paket #bantuan #buat #zelensky #mulai #terlihat

KOMENTAR