Berikan Bantuan, Pasukan AS dan Inggris Menembak Jatuh Drone Iran di Yordania, Suriah, dan Irak
Berikan Bantuan, Pasukan AS dan Inggris Menembak Jatuh Drone Iran di Yordania, Suriah, dan Irak. (Sumber foto: Ronen Zvulun/Reuters)
14:21
14 April 2024

Berikan Bantuan, Pasukan AS dan Inggris Menembak Jatuh Drone Iran di Yordania, Suriah, dan Irak

 - Ketika serangan massal drone dan rudal jelajah Iran mendekati perbatasannya, Israel mengerahkan jet tempurnya untuk mencegat proyektil yang masuk dan upaya tersebut didukung oleh mitranya.

Dilansir dari The Guardian, Minggu (14/4), koalisi yang dibentuk secara tergesa-gesa termasuk AS dan Inggris telah membantu Israel menembak jatuh pesawat tak berawak Iran di Yordania, Irak, dan Suriah.

Joe Biden mengatakan AS telah membangun pasukannya menjelang serangan yang disiarkan secara luas melalui telegram, dan bala bantuan tersebut telah membuahkan hasil.

“Atas arahan saya, untuk mendukung pertahanan Israel, militer AS memindahkan pesawat dan kapal perusak pertahanan rudal balistik ke wilayah tersebut selama seminggu terakhir,” kata Biden dalam keterangan tertulisnya.

“Berkat pengerahan ini dan keterampilan luar biasa dari prajurit kami, kami membantu Israel menghancurkan hampir semua drone dan rudal yang masuk,“ tambahnya.

Jet tempur Angkatan Udara Kerajaan dan pesawat pengisian bahan bakar juga terlibat, lepas landas dari pangkalan di Siprus.

Peran mereka, menurut Kementerian Pertahanan, adalah untuk menggantikan Angkatan Udara AS dalam serangan melawan ISIS yang biasanya dilakukan di Irak dan Suriah timur laut, namun juga untuk mencegat drone Iran jika mereka memasuki wilayah Inggris.

“Sebagai respons terhadap meningkatnya ancaman Iran dan meningkatnya risiko eskalasi di Timur Tengah, pemerintah Inggris telah bekerja sama dengan mitra di seluruh kawasan untuk mendorong deeskalasi dan mencegah serangan lebih lanjut,” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan.

“Kami telah memindahkan beberapa jet tambahan Angkatan Udara Kerajaan dan tanker pengisian bahan bakar udara ke wilayah tersebut,” tambahnya.

Hal ini akan mendukung Operasi Shader, yang merupakan operasi kontra-Daesh yang dilakukan Inggris di Irak dan Suriah.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #berikan #bantuan #pasukan #inggris #menembak #jatuh #drone #iran #yordania #suriah #irak

KOMENTAR