Drone-Drone Houthi Yaman Kerubungi Kapal Perang AS dan Israel di Teluk Aden
SASAR KAPAL PERANG AS - Angkatan Bersenjata Yaman (YAF) yang terafiliasi Kelompok Houhti meluncurkan drone yang menargetkan kapal-kapal berentitas Israel. Belakangan, serangan diperluas dengan menyasar kapal-kapal perang AS dan Inggris karena keduanya melancarkan agresi ke teritorial Yaman. 
22:20
11 April 2024

Drone-Drone Houthi Yaman Kerubungi Kapal Perang AS dan Israel di Teluk Aden

Pasukan Komando Pusat Amerika Serikat (AS) (CENTCOM), Kamis (11/4/2024) menyatakan kalau mereka menembak jatuh tiga drone Houthi Yaman di atas Laut Merah.

Selain hari ini, AS mengklaim juga menghancurkan beberapa drone lainnya sehari sebelumnya.

Pernyataan pihak AS ini menyusul pengumuman gerakan perlawanan Ansarallah (Houthi) mengenai serangan terhadap kapal-kapal AS dan Israel.

“Antara pukul 04:15 dan 06:00 (waktu Sanaa) pada tanggal 10 April, pasukan Komando Pusat AS (USCENTCOM) berhasil menyerang tiga kendaraan udara tak berawak (UAV) yang diluncurkan dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi,” kata CENTCOM dalam sebuah pernyataan.

"Pasukan AS kemudian menghancurkan delapan UAV di wilayah Yaman yang dikuasai Houthi untuk membela diri” beberapa jam kemudian," kata pernyataan tersebut.

Angkatan Bersenjata pemerintah Sanaa Yaman (Yemeni Armed Forces/YAF), yang secara militer bersekutu dengan Ansarallah, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu kalau drone dan rudalnya menargetkan dua kapal Israel dan dua kapal AS di Teluk Aden.

"Kapal Israel MSC Darwin dan MSC Gina menjadi sasaran pasukan Yaman, serta kapal Maersk Yorktown AS dan kapal perang AS," kata pernyataan itu.

“Angkatan bersenjata Yaman terus menjalankan tugas agama, moral, dan kemanusiaan mereka terhadap rakyat Palestina yang tertindas dan membela Yaman tercinta,” lanjut pernyataan YAF.

Pada awal perang di Gaza, pasukan Yaman berulang kali menargetkan Israel dengan drone dan rudal untuk mendukung Gaza dan perlawanan Palestina.

Pada bulan November, angkatan laut Sanaa memberlakukan blokade maritim terhadap kapal-kapal yang terkait atau menuju Israel di Laut Merah dan Arab, menyita satu kapal dan menyerang banyak kapal lainnya dengan drone dan rudal.

Ansarallah dan tentara Yaman memperluas serangannya hingga menyasar juga kapal-kapal AS dan Inggris pada Januari setelah dimulainya kampanye pemboman AS-Inggris di Yaman.

Pihak Houthi menyebut, manuver AS itu bertujuan melindungi kepentingan Israel dan menghalangi operasi Yaman yang pro-Palestina.

Sebuah kapal rudal angkatan laut Israel berpatroli di Laut Merah di lepas pantai kota pelabuhan Eliat di selatan Israel pada 26 Desember 2023. Sebuah kapal rudal angkatan laut Israel berpatroli di Laut Merah di lepas pantai kota pelabuhan Eliat di selatan Israel pada 26 Desember 2023. (Alberto PIZZOLI / AFP)

Ratusan serangan udara telah dilancarkan terhadap Yaman sebagai bagian dari agresi ini.

Pelayaran internasional mengalami pukulan besar dengan adanya pengalihan rute mahal yang terpaksa dilakukan beberapa perusahaan besar untuk menghindari serangan di Yaman.

Pada pertengahan Maret, Yaman mengumumkan perluasan operasi termasuk serangan di Samudera Hindia.

Mereka juga mengatakan akan mencegah kapal-kapal yang terkait dengan Israel mengubah rute di sekitar Tanjung Harapan di Afrika.

“Dari pantai Laut Merah atau dari luarnya, kita dapat mencapai tujuan yang kita inginkan dalam membela negara kita dan mendukung Palestina… Kita masih memiliki banyak kejutan militer, dan ada operasi militer yang kita rahasiakan sebagai bagian darinya. sebuah strategi media yang spesifik,” ujar Mohammad Ali al-Houthi, anggota senior Dewan Politik Tertinggi Yaman, mengumumkan pada tanggal 3 April.

(oln/tc/*)

Tag:  #drone #drone #houthi #yaman #kerubungi #kapal #perang #israel #teluk #aden

KOMENTAR