Temui Menhan Malaysia, Prabowo Ingin Kedua Negara Terus Jalin Kerjasama Jaga Stabilitas Keamanan
Prabowo Subianto saat bertemu dengan Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Seri Mohamed Khaled Nordin di Wisma Pertahanan, Kamis (4/4/2024) 
15:30
4 April 2024

Temui Menhan Malaysia, Prabowo Ingin Kedua Negara Terus Jalin Kerjasama Jaga Stabilitas Keamanan

Malaysia dan Indonesia kembali menyatakan komitmennya untuk terus memperkuat kerja sama pertahanan antara kedua negara dalam hal pertahanan.

Hal ini dikemukakan saat Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan Republik Indonesia mengunjungi Kompleks Kementerian Pertahanan Malaysia di Kuala Lumpur, Kamis (4/4/2024) siang ini.

Dalam kunjungannya tersebut, Prabowo disambut langsung oleh Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Seri Mohamed Khaled Nordin di Wisma Pertahanan.

Dari pertemuan tertutup yang digelar oleh kedua pihak, Mohamed Khaled Nordin mengungkapkan adanya beberapa hal yang disepakati oleh kedua negara.

Dalam pernyataan selepas pertemuan tersebut, Mohamed Khaled menyatakan keyakinannya pada pengalaman dan inisiatif luas Prabowo, terutama dalam bidang pertahanan.

"Kedua Menteri yakin bahwa kerja sama yang kuat akan memastikan bahwa implementasi kegiatan yang ada dan yang akan datang dapat terus dilaksanakan," ungkap Khaled.

Tak lupa pula Mohamed Khaled selaku perwakilan Kementerian Pertahanan Malaysia juga mengucapkan selamat kepada Prabowo yang terpilih sebagai Presiden baru Indonesia berdasarkan hasil resmi Pemilu Indonesia 2024 .

Prabowo Subianto saat bertemu dengan Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Seri Mohamed Khaled Nordin di Wisma Pertahanan, Kamis (4/4/2024) Prabowo Subianto saat bertemu dengan Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Seri Mohamed Khaled Nordin di Wisma Pertahanan, Kamis (4/4/2024) (Dokumen Bernama)

Ia menilai sosok Prabowo yang juga menjadi presiden terpilih dalam Pemilu 2024 lalu akan memberikan dampak positif pada stabilitas dan keamanan regional dalam jabatan baru yang segera ia lakoni.

Lebih lanjut Khaled juga meyakini Prabowo dapat membawa hubungan pertahanan antara Malaysia dan Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi dalam pernyataannya.

Pertemuan yang berlangsung hampir selama satu jam merupakan pertemuan pertama yang diadakan antara keduanya semenjak Mohamed Khaled menjabat sebagai Menteri Pertahanan pada bulan Desember tahun lalu.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir pula Wakil Menteri Pertahanan Malaysia Adly Zahary, Panglima Angkatan Bersenjata Malaysia Jenderal Tan Sri Mohamad Ab Rahman, Panglima Angkatan Darat Malaysia Jenderal Tan Sri Muhammad Hafizuddeain Jantan, Panglima Angkatan Udara Malaysia Jenderal Tan Sri Mohd Asghar Khan Goriman Khan, dan Panglima Angkatan Laut Malaysia Laksamana Tan Sri Abdul Rahman Ayob.

Sebelum melakoni kunjungan ke Kementerian Pertahanan Malaysia di Kuala Lumpur, Prabowo menyempatkan diri menemui Perdana Menteri Anwar Ibrahim pagi ini di Perdana Putra, Putrajaya.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Prabowo disambut langsung oleh Anwar setibanya di Gedung Perdana Putra sekitar pukul 9 pagi waktu setempat atau sekitar pukul 8 WIB.

Dikutip Tribunnews.com dari akun ofisial PM Anwar Ibrahim, keduanya kemudian membahas sejumlah topik dalam pertemuan yang digelar di kompleks Gedung Perdana Putra tersebut.

Satu di antara topik yang menjadi prioritas perbincangan adalah arah hubungan antara Malaysia dan Indonesia

Anwar Ibrahim mengatakan dalam pertemuan dengan Prabowo di kantornya di Putrajaya, keduanya sepakat ingin menggunakan momen tersebut untuk memerdekat hubungan erat antara kedua negara.

Dalam pertemuan tersebut, Anwar Ibrahim mengaku dirinya dan Prabowo juga saling berbagi pengalaman dan bertukar pendapat tentang karir masing-masing.

Anwar juga berharap hubungan persahabatan antara kedua negara tetangga tersebut akan terus dekat dan diperkuat demi kebaikan bersama di masa depan.

Dalam kunjungannya ke Malaysia kali ini, Prabowo didampingi sejumlah pejabat Delegasi RI yaitu Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Kabais TNI, dan Kabaranahan Kemhan

Lawatan Prabowo yang menemui langsung Anwar Ibrahim ini merupakan bagian dari kunjungan khususnya selama satu hari ke Malaysia Kamis ini.

Ini adalah kunjungan pertamanya ke Malaysia setelah diumumkan sebagai pemenang resmi Pemilihan Presiden Indonesia untuk periode 2024-2029.

(Tribunnews.com/Bobby Wiratama)

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #temui #menhan #malaysia #prabowo #ingin #kedua #negara #terus #jalin #kerjasama #jaga #stabilitas #keamanan

KOMENTAR