83 Negara Bahas Formula Perdamaian Ukraina, Rusia Belum Dilibatkan
Warna bendera Ukraina menyala di patung Ibu Tanah Air saat malam peringatan Perang Dunia II di Kyiv, 8 Mei 2022.(AFP/GENYA SAVILOV)
09:48
15 Januari 2024

83 Negara Bahas Formula Perdamaian Ukraina, Rusia Belum Dilibatkan

- Sebanyak 83 negara mengadakan pembicaraan untuk membahas formula perdamaian Ukraina pada Minggu (14/2/2024) di Kota Davos, Swiss.

Menurut Swiss yang menjadi tuan rumah, melibatkan Rusia dalam perundingan ini masih jauh dari kenyataan.

Para penasihat keamanan nasional dari 83 negara melakukan diskusi putaran keempat berdasarkan sepuluh poin usulan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky terkait perdamaian abadi dan adil di Ukraina.

Pembicaraan ini dipimpin bersama oleh ajudan presiden Ukraina Andriy Yermak, yang mengepalai kantor Zelensky, dan Menteri Luar Negeri Swiss Ignazio Cassis.

“Tujuannya untuk bersiap sehingga kami siap dan matang guna memulai proses dengan Rusia--ketika saatnya tiba,” kata Cassis pada konferensi pers, dikutip dari kantor berita AFP.

Dia mengatakan, perundingan ini harus menemukan cara untuk melibatkan Rusia suatu saat nanti, tetapi sejauh ini baik Kyiv maupun Moskwa belum siap mengambil langkah tersebut.

Pertemuan diadakan di resor ski mewah Kota Davos, Swiss timur, pada malam Forum Ekonomi Dunia yang berlangsung lima hari.

Zelensky dijadwalkan terbang ke Swiss pada Senin (15/1/2024) dan akan mengunjungi KTT para elite bisnis dan politik dunia tersebut.

Perdana Menteri China Li Qiang juga akan ke Davos.

Cassis menambahkan, keterlibatan Brasil, India, dan Afrika Selatan--negara-negara yang duduk bersama Rusia di kelompok BRICS--dalam perundingan ini sangat penting karena mereka masih berdialog dengan Moskwa.

Adapun tiga pertemuan tingkat penasihat keamanan nasional sebelumnya diadakan di Kopenhagen pada Juni 2023, di Jeddah pada Agustus 2023, dan di Malta pada Oktober 2023.

Tag:  #negara #bahas #formula #perdamaian #ukraina #rusia #belum #dilibatkan

KOMENTAR