Prabowo Subianto Bertemu Presiden China Xi Jinping Besok, Bahas Apa?
Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Presiden China Xi Jinping dijadwalkan bertemu di Beijing besok. 
09:00
30 Maret 2024

Prabowo Subianto Bertemu Presiden China Xi Jinping Besok, Bahas Apa?

Presiden terpilih Indonesia yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dijadwalkan bertemu dengan Presiden China X Jinping dan Perdana Menteri Li Qiang di Beijing, Minggu (31/3/2024) besok.

Kementerian Luar Negeri China pada Jumat (29/3/2024) waktu setempat mengumumkan hal tersebut.

Juru Bicara Kementerian Luar negeri China Lin Jian menyatakan Prabowo Subianto dijadwalkan mengunjungi China 31 Maret hingga 2 April 2024 atas undangan Presiden Xi Jinping.

Selama kunjungan tersebut, Prabowo Subianto dijadwalkan bertemu dengan Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Qiang.

"Mereka akan bertukar pandangan tentang hubungan bilateral dan masalah-masalah kepentingan bersama." ujar Lin Jian.

Catatan Tribunnews.com, ini kunjungan perdana Prabowo ke luar negeri setelah ditetapkan sebagai presiden terpilih RI oleh KPU.

Lin Jian menekankan pentingnya hubungan antara China dan Indonesia sebagai dua negara berkembang dan ekonomi yang sedang berkembang.

Kedua negara, kata Lin Jian, memiliki persahabatan tradisional yang kuat dan kerjasama yang erat.

"Dalam beberapa tahun terakhir, di bawah bimbingan strategis dari Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo, hubungan bilateral berhasil mempertahankan momentum pertumbuhan yang kuat dan memasuki tahap baru dalam membangun masyarakat dengan masa depan bersama," kata Lin Jian.

Dia juga menyoroti kunjungan Prabowo Subianto ke China sebagai pertanda positif yang menunjukkan kekuatan hubungan antara kedua negara.

"Kunjungan ini merupakan kesempatan besar untuk lebih meningkatkan persahabatan tradisional, memperdalam kerjasama strategis komprehensif dan lebih menyelaraskan strategi pembangunan untuk memberikan contoh bagi negara-negara berkembang besar dalam merangkul masa depan yang saling berbagi dan bekerja solidaritas untuk pembangunan bersama serta menjadi sumber stabilitas dan kekuatan untuk kebaikan di wilayah ini dan lebih luas," ujarnya.

Presiden Indonesia Joko Widodo berupaya menjaga hubungan netral dengan kekuatan-kekuatan besar, dengan mengklaim bahwa hubungan baik dengan semua pihak dalam kepentingan nasional.

Indonesia terletak di tengah jalur laut Indo-Pasifik urat nadi perdagangan internasional, dan China mengakui pentingnya Indonesia dari perspektif geopolitik.

Pada tanggal 20 Maret, Xi Jinping mengirimkan telegram ucapan selamat kepada Prabowo.

"Xi sangat menghargai perkembangan hubungan China-Indonesia dan berharap untuk bekerja sama dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk mencapai lebih banyak prestasi dalam membangun masyarakat masa depan bersama," tulis agensi berita Xinhua.

Minggu lalu, Prabowo Subianto selaku menteri pertahanan menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, hari Kamis (21/3/2024).

Dalam sambutannya, Menhan Prabowo dengan hangat menyambut kedatangan Dubes China dan mengucapkan terima kasih atas kunjungannya ke Kementerian Pertahanan.

Pertemuan bilateral ini secara khusus membahas sejumlah isu krusial, terutama dalam konteks pertahanan.

“Saya mendukung terus berlanjutnya kemitraan antara kedua negara dan berharap kerja sama di bidang pertahanan dapat diperkuat di masa mendatang,” kata Prabowo.

Selain itu, Menhan menyoroti pentingnya dukungan berkelanjutan terhadap pertukaran personel pendidikan dan program pelatihan militer bersama.

“Indonesia sangat menerima baik dan menganggap penting adanya pertukaran kunjungan pelajar untuk meningkatkan pemahaman,” ucap Prabowo.

Ucapan Selamat

Presiden China Xi Jinping telah memberi ucapan selamat kepada Prabowo Subianto yang telah ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ucapan selamat dari Xi Jinping tersebut disampaikan melalui surat resmi yang diantar langsung oleh Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang, saat menemui Prabowo di Kementerian Pertahanan, Jakarta, pada Kamis (21/3/2024).

“Saya ingin mengucapkan selamat dan harapan terbaik saya atas terpilihnya anda sebagai Presiden Republik Indonesia,” tulis Xi Jinping.

Xi Jinping menjelaskan, China dan Indonesia adalah negara tetangga yang memiliki upaya bersama untuk mempercepat perkembangan hubungan bilateral, dengan prinsip saling percaya dan menguntungkan.

Dia menegaskan hubungan China dan Indonesia sangat penting.

“Hubungan China dan Indonesia sangat penting. Saya siap bekerja sama dengan anda untuk mengarahkan pembangunan komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama menuju kemajuan yang lebih besar,” tuturnya.

Lalu, Xi Jinping mengutarakan keinginannya untuk menemui Prabowo secepatnya.

Dia lantas mendoakan agar pada pemerintahan Prabowo nantinya, Indonesia dapat senantiasa makmur dan berbahagia.

“Saya berharap dapat bertemu dengan Anda secepatnya,” kata Xi Jinping.

Sumber: Xin Hua

Tag:  #prabowo #subianto #bertemu #presiden #china #jinping #besok #bahas

KOMENTAR