Fakta-fakta Jembatan Francis Scott Key Baltimore, Ambruk ke Sungai Ditabrak Kapal
Jembatan Francis Scott Key runtuh ditabrak kapal kargo Singapura [tangkapanlayar/bbc] - Fakta-fakta Jembatan Francis Scott Key Baltimore, Ambruk ke Sungai Ditabrak Kapal
14:00
28 Maret 2024

Fakta-fakta Jembatan Francis Scott Key Baltimore, Ambruk ke Sungai Ditabrak Kapal

Kabar menghebohkan datang dari AS, di mana jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Maryland diketahui ambruk pada hari Selasa (26/3/2024) pagi waktu setempat.

Buntut ambruknya jembatan tersebut, diketahui ada sebanyak 20 korban yang diduga tenggelam setelah mereka dan beberapa kendaraan tercebur ke dalam sungai.

Kira-kira, seperti apa kronologi ambruknya jembatan Francis Scott Key ini? Mari simak ulasan mengenai fakta-fakta jembatan Francis Scott Key yang telah berhasil dirangkum dari berbagai sumber berikut ini. 

Sejarah Pembangunan Jembatan Francis Scott Key

Jembatan Francis Scott Key telah diresmikan pada tahun 1977 silam yang melintasi Sungai Patapsco. Ini merupakan sebuah tempat penulis lagu nasional Amerika Serikat (AS) Francis Scott Key menulis "Star Spangled Banner" pada tahun 1814 setelah menyaksikan kekalahan Inggris di Pertempuran Baltimore dan pemboman Inggris di Fort McHenry.

Jembatan Francis Scott Key ini memiliki panjang 1,6 mil, di mana konstruksinya membentang di Sungai Patapsco yang memanjang dari Pelabuhan Inner Baltimore hingga Teluk Chesapeake.

Fungsi dari jembatan ini adalah sebagai bagian penting dari Interstate 695, yang membawa lalu lintas utara-selatan di sekitar Kota Baltimore. Struktur itu membawa empat jalur lalu lintas, dua di setiap arah, lalu dipisahkan oleh pembatas beton.

Menurut Otoritas Transportasi Maryland (MDTA) sebagaimana dikutip dari Washington Post, jembatan ini berfungsi sebagai bagian dari jaringan penyeberangan yang menawarkan transportasi yang nyaman untuk lalu lintas lokal dan antar negara bagian.

Jembatan itu juga dibangun setelah Terowongan Pelabuhan Baltimore mencapai kapasitas lalu lintasnya dan menelan biaya hingga lebih dari 60 juta dolar. 

Preservation Maryland yang merupakan sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk melindungi situs bersejarah mengatakan bahwa pembangunan jembatan ini dianggap sebagai tonggak penting dalam perencanaan transportasi Maryland.

Jembatan ini juga merupakan salah satu jembatan rangka yang terpanjang di Amerika Serikat, menurut American Society of Civil Engineers.

Kapasitas Jembatan Francis Scott Key

Jembatan Francis Scott Key adalah salah satu dari tiga jalur untuk menyeberangi pelabuhan dan memiliki kapasitas 31.000 mobil per hari atau 11,3 juta kendaraan per tahun. Untuk lebar jembatan tersebut, memiliki empat jalur dan terletak 185 kaki (56 meter) di atas sungai.

Kronologi Ambruknya Jembatan Francis Scott Key

Jembatan Francis Scott Key ambruk setelah ditabrak kapal kontainer, di mana kapal tersebut menabrak tiang penopang pada bentang empat jalur.

Diketahui sekitar pukul 01.30 waktu setempat, kapal kontainer bernama Dali tengah berlayar menyusuri Sungai Patapsco, dan menabrak tiang jembatan sehingga membuat hampir seluruh struktur jembatan roboh ke dalam air.

Kapal yang menabrak jembatan itu sedang menempuh perjalanan dari Baltimore menuju Kolombo, Sri Lanka. Kapal tersebut berlayar di bawah bendera Singapura, sebagaimana dilaporkan oleh penjaga pantai di Baltimore, Petty Officer Matthew West.

Synergy Marine Group selaku perusahaan yang mengelola kapal yang menabrak jembatan, telah mengkonfirmasi bahwa armadanya menabrak tiang penyangga jembatan Francis Scott Key sekitar pukul 1.30 waktu setempat.

Pada saat itu, kapal sedang dikemudikan oleh dua orang, dan seluruh awak termasuk nahkoda dilaporkan selamat dan tidak ada laporan soal korban yang cedera.

Ambruknya Jembatan Francis Scott Key ini juga telah dikonfirmasi oleh polisi setempat bahwa tidak ada indikasi terorisme dari insiden ini.

Berdasarkan informasi pejabat Baltimore mengatakan, ada beberapa kendaraan yang tengah melintas di atas jembatan terjun ke sungai. Dan ada sebanyak tujuh orang terjatuh ke sungai yang suhu airnya 47 F (8 C).

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #fakta #fakta #jembatan #francis #scott #baltimore #ambruk #sungai #ditabrak #kapal

KOMENTAR