Ukraina Mulai Gunakan Drone Balon, Diam-diam Dekati Target Lalu Jatuhkan Bom
Ilustrasi drone balon 
20:00
27 Maret 2024

Ukraina Mulai Gunakan Drone Balon, Diam-diam Dekati Target Lalu Jatuhkan Bom

Ukraina diam-diam menggunakan drone balon untuk menyerang posisi-posisi vital di Rusia.

Publik Rusia mengklaim bahwa pasukan Volodymyr Zelensky tersebut menggunakan drone balon untuk menyerang tanpa terdeteksi oleh lawan.

"Dengan kedok sebuah wahana, secara diam-diam drone balon mendekati target dan menjatuhkan bahan peledak ke target yang ditentukan," demikian diungkapkan media Ukraina, Strana.

Drone ini menjadi alternatif karena biayanya sangat rendah. 

Meski demikian pada siang hari, balon yang bentuknya seperti bola tersebut kelihatan dan untuk pertama kalinya militer Rusia berhasil menembaknya.

Dalam pernyataannya Federasi Rusia mengungkapkan dari puing-puing balon yang ditembak tersebut ditemukan pelacak GPS, elektronik kontrol, pemberat, alat peledak, dan sepasang mahkota yang memberi daya pada elemen-elemen ini.

Diduga bahwa pengendali tersebut mempunyai koordinat yang terpasang di dalamnya di mana bahan peledak harus dijatuhkan, namun tidak mungkin mencapai sasaran secara akurat.

Bola tersebut mirip dengan balon cuaca agar tidak terkena artileri dan pertahanan udara.

Meski demikian, pihak Ukraina belum mengonfirmasi penggunaan senjata jenis ini.

Rusia tersebut menganggap senjata ini tidak begitu mengancam.

Dalam seminggu terakhir pasukan Vladimir Putin telah menggunakan hampir 190 rudal dari berbagai jenis dan hampir 140 Shahed.

Hampir 700 bom berpemandu Rusia juga telah dijatuhkan Rusia di wilayah Donbass dan Ukraina Selatan.

Kapasitas Hancurkan Jaringan Listrik Ukraina

Sementara itu Gubernur Wilayah Zaporozhzhia pihak Rusia, Yevgeny Balitsky mengatakan, Moskow memiliki kapasitas yang cukup untuk menghancurkan jaringan listrik Ukraina jika mereka menginginkannya.

“Kami belum memulai apa pun, seperti yang pernah dikatakan presiden kami,” katanya dikutip dari TASS.

“Pemberontak neo-Nazi kita harus terbiasa dengan pemikiran bahwa kita memiliki cukup tenaga kerja dan peralatan untuk sepenuhnya memusnahkan infrastruktur energi Ukraina. Saya mengatakan ini sebagai seorang pilot militer yang dilatih untuk menghancurkan potensi industri [musuh] , sebagai pilot penerbangan pembawa rudal strategis."

Pada tanggal 22 Maret, pasukan Rusia melancarkan serangan balasan besar-besaran dengan senjata presisi dan kendaraan udara tak berawak terhadap lokasi energi dan industri militer Ukraina, mengacaukan industri senjata negara tersebut dan menghilangkan perangkat keras militer asing.

Ilustrasi pesawat MIG-31 membawa rudal jelajah Kinzhal Ilustrasi pesawat MIG-31 membawa rudal jelajah Kinzhal (Kementerian Pertahanan Rusia)

Secara khusus, ledakan dilaporkan terjadi di Dnepr, Ivano-Frankovsk, Kiev, Krivoy Rog, dan Sumy serta wilayah Khmelnitsky dan wilayah Zaporozhye yang dikuasai Kiev.

Setidaknya 15 ledakan terjadi di Kharkov, dan hampir seluruh kota mengalami pemadaman listrik. Selain itu, gangguan internet telah dilaporkan di seluruh negeri.

Belakangan, banyak daerah melaporkan kerusakan pada infrastruktur vital mereka, termasuk fasilitas pembangkit listrik. Kebakaran terjadi di pembangkit listrik tenaga air terbesar di negara itu - HPP Dnepr.

Menurut Presiden Ukraina Vladimir Zelensky, pemadaman listrik dilaporkan terjadi di delapan wilayah Ukraina dan bagian Wilayah Zaporozhye yang dikuasai Kiev.

Tag:  #ukraina #mulai #gunakan #drone #balon #diam #diam #dekati #target #lalu #jatuhkan

KOMENTAR