Tiongkok Meluncurkan Satelit Relai Sinyal ke Sisi Tersembunyi di Bulan
Roket Long March-8, yang membawa satelit estafet Queqiao-2 untuk komunikasi Bumi-Bulan./Reuters
09:36
23 Maret 2024

Tiongkok Meluncurkan Satelit Relai Sinyal ke Sisi Tersembunyi di Bulan

 

 - Tiongkok meluncurkan satelit yang akan bertindak sebagai jembatan komunikasi antara operasi darat di Bumi, dan misi yang akan datang di sisi jauh bulan pada hari Rabu (20/3). 

Hal tersebut menandai fase baru dalam program eksplorasi bulan jangka panjang negara tersebut. Sebuah roket Long March 8 yang membawa Queqiao-2 seberat 1,2 metrik ton.   Menurut lapor media pemerintah Tiongkok, roket tersebut dinamai sesuai dengan jembatan mitologi yang terbuat dari burung gagak, dan dua satelit miniatur, Tiandu-1 dan -2, meluncur dari provinsi pulau selatan Hainan.

Sisi dekat Bulan selalu menghadap Bumi. Itu berarti transfer data dari sisi jauh Bulan tidak mungkin dilakukan, karena tidak ada garis pandang secara langsung.

Dikutip dari New York Post, Sabtu (23/3), Queqiao-2 akan mengorbit Bulan dan menyampaikan sinyal dari dan ke misi Chang'e-6, yang diperkirakan akan diluncurkan pada bulan Mei 2024.   Misi Chang'e-6 akan mengambil sampel dari cekungan kawah, dan untuk pertama kalinya akan mengambil materi Bulan dari sisi tersembunyi dari Bulan.

Queqiao-2 juga akan digunakan sebagai platform estafet untuk misi bulan Chang'e-7 pada tahun 2026, dan misi Chang'e-8 pada tahun 2028.

Pada tahun 2040, Queqiao-2 akan menjadi bagian dari konstelasi satelit estafet yang berfungsi sebagai jembatan komunikasi untuk misi bulan berawak, dan eksplorasi di planet lain seperti Mars dan Venus.

Sedangkan satelit miniatur Tiandu-1 dan -2 akan melakukan uji coba untuk konstruksi konstelasi.

Konstelasi ini juga akan menyediakan dukungan komunikasi, navigasi, dan penginderaan jarak jauh untuk stasiun penelitian Tiongkok yang direncanakan di kutub selatan Bulan.

Queqiao-2 akan bergabung dengan setengah lusin pengorbit yang dikerahkan oleh negara-negara lain, termasuk Amerika Serikat, India, dan Jepang.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tiongkok #meluncurkan #satelit #relai #sinyal #sisi #tersembunyi #bulan

KOMENTAR